Belasan Hewan Kurban Bantuan Gubernur Disebar JQR ke 10 Kota/Kabupaten di Jawa Barat

3 Juli 2023 13:55 WIB
Suasana di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut usai menerima hewan kurban bantuan Gubernur Jabar
Suasana di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut usai menerima hewan kurban bantuan Gubernur Jabar ( Dok. Humas JQR)

Bandung, Sonora.ID - Ditemui usai upacara HUT Bhayangkara di Lapangan Gasibu Bandung, Sabtu (1/7/2023), Kordinator Operasional Jabar Quick Respon (JQR) Irvan Hilmi mengatakan, momentum Hari Raya Idul Adha tahun 2023 ini, JQR menggelar program Kurban Kemanusiaan dengan mendistribusikan hewan kurban bantuan Gubernur Jabar ke 17 titik di 10 kota dan kabupaten Jawa Barat.

"Kami tidak sembarangan dalam mendistribusikan bantuan. Hewan kurbannya kami sebar di lokasi yang berkriteria terpencil, tingkat konsumsi daging rendah, daerah ekonomi lemah, kelompok rentan dan jarang tersentuh daging kurban selama dua tahun terakhir," kata Hilmi.

Menurut Hilmi, alasan kriteria tersebut diterapkan karena masih adanya kesenjangan dalam konsumsi daging di masyarakat, juga pendistribusian daging kurban yang tidak merata di tiap wilayah.

Baca Juga: JQR Kawal Ketat Kasus ODGJ Korban Rudapaksa di Kabupaten Karawang

"Ini yang mendorong JQR untuk memanfaatkan momen Idul Adha ini untuk memperbaiki akses kelompok rentan tersebut terhadap pangan penting seperti daging merah," jelas Hilmi.

Hilmi mengatakan, salah satu yang masuk kriteria itu adalah Kampung Pasir Haur di Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Warga kampung ini berbahagia akhirnya dapat menikmati daging kurban, pasalnya lebaran Idul Adha tahun lalu di kampung tersebut tidak ada yang bisa berkurban.

 Suasana di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut usai menerima hewan kurban bantuan Gubernur Jabar

"Beberapa wilayah terutama di desa terpencil di Jawa Barat yang memang sudah lama tidak melaksanakan kurban, salah satunya di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut kami mendistribusikan 1 ekor domba ukuran besar ke kampung tersebur," ungkap Hilmi.

Hilmi menceritakan, DKM masjid di Kampung Haur tersebut sangat senang dan gembira menerima hewan kurban bantuan Gubernur Jabar melalui JQR yang memberikan hewan kurban tersebut di Hari Raya Idul Adha kemarin.

Baca Juga: Silaturahmi JQR Bersama Rescuer, Perkuat Respon Kesiagaan Tangani Bencana

Selain itu, kata Hilmi, JQR juga mendistribusikan hewan kurban ke wilayah Cianjur, di salah satu kampung yang terdampak gempa, tepatnya di Kampung Gasol. Lalu distribusi hewan kurban juga diberikan kepada teman-teman disabilitas Komunitas Tunanetra Bandung Sejahtera.

Ia berharap Hari Raya Idul Adha 2023 ini pendistribusian hewan kurban bisa dirasakan manfaatnya di pelosok-pelosok wilayah pedesaan Jawa Barat, agar warga di pedesaan juga merasakan kebahagian menikmati panganan daging yang sama seperti di perkotaan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm