9 Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

13 Juli 2023 14:00 WIB
ilustrasi, Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar
ilustrasi, Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar ( Freepik)

Sonora.ID - Simak beberapa contoh ceramah singkat tentang sabar yang bisa dijadikan referensi.

Ceramah merupakan salah satu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Ceramah biasanya disampaikan di depan banyak orang.

Ada berbagai tema ceramah yang bisa disampaikan, umumnya berkaitan dengan ajaran agama termasuk apa saja yang dibolehkan dan tidak.

Salah satu tema ceramah yang biasa dibawakan yaitu terkait sabar.

Sabar adalah sifat yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang.

Dengan sabar, kita bisa meraih banyak keutamaan.

Sonora.ID telah merangkum beberapa contoh ceramah singkat yang bisa dipilih.

Baca Juga: 16 Contoh Pembukaan Ceramah Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

  • 1. Tentang Sabar, Syukur dan Ikhlas Dalam Menghadapi Cobaan

Assalamu’aliakum warahmatullahi wabarakaatuh. 

Marilah kita bersama-sama mengungkapkan puja dan puji sukur kehadirat Allah swt., karena dengan limpahan rahmat-Nya kita semua bisa hadir perlu mengikuti kegiatan kultum tanpa ada halangan suatu apapun. Shalwat serta salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad saw., karena dengan ajarannya kita bisa membedakan yang haq dan yang batil. 

Manusia dalam menempuh perjalanan hidup ini, tidak lepas dari liku-liku cobaan hidup. Ujian silih berganti, baik berupa kemiskinan, kesengsaraan dan berupa penyakit. Segala sesuatu yang menimpa pada manusia, sehingga menimbulkan kesusahan dan kesengsaraan, maka tiada lain kecuali untuk menguji sampai sampaidimana kualitas iman kita. Bila segala cobaan dihadapinya dengan penuh kesabaran, maka baginya pahala dari Allah swt. Bila Allah mencintai kaumnya, maka diujinya lebih dahulu. Dan anda jangan salah faham, bila seseorang mukmin di landa beberapa ujian, baik kesengsaraan, penyakit, dan berbagai macam problem kehidupan, maka dalam hal ini berarti hamba itu benar-benar dicintai oleh Allah, bila ujian tersebut dihadapi dengan penuh kesabaran. Jadi bukan berarti Allah membenci kemudian diberinya ujian tersebut. Karena degan besarnya ujian yang akan di terima, bila sabar menghadapinya. 

Berkaitan dengan perlunya sikap sabar yang harus diterapkan, maka Nabi saw. Bersabda: 

Bahwasanya besar pahala itu tergantung pada besarnya ujian bala’, dan sesungguhnya Allah Ta’ala apabila mencintai sesuatu kaum, maka kaum itu di ujinya lebih dahulu, maka barangsiapa yang rela mendapat ujian itu, maka mendapat keridaan Allah, dan barangsiapa yang benci, maka kemurkaan Allah baginya.

Juga sabda beliau saw. dalam Haditsnya terkait keutamaan sabar : 

"Sabar adalah bagian dari iman merupakan kepala dari tubuh".

Dengan ujian yang menimpa pada seseorang, maka haruslah kita terima penuh kesabaran. Bila seorang mendapat cabaan kemudian dihadapi dengan rasa benci, maka kemurkaan Allah yang akan menimpa.

Sabar itu ada tiga bagian :

  1. Pertama sabar mematuhi ketaatan, perintah dan larangan Alloh SWT.
  2. Kedua sabar terhadap musibah atau cobaan yang menimpa.
  3. Ketiga sabar akan ujian kesenangan.

Sabar dalam patuh kepada Alloh SWT harus dalam istiqomah atau keteguhan hati. Tidak lupa bahwa hidup itu sementara dan suatu saat nanti semua akan dikembalikan kepada-Nya. Ketika melakukan ibadah perlu kesabaran, karena bila tidak maka tidak akan masuk menjadi amal soleh.

Sabar terhadap ujian kepahitan dan musibah yang menimpa harus dengan iman yang kuat. Kita semua harus mengimani takdir yang telah digariskan. Manusia hanya berencana dan berusaha, Tuhan yang menentukan.

Terakhir sabar saat senang. Ini bersabar yang banyak dilupakan orang. Padahal kesenangan kebahagiaan harus serta merta juga diiringi kesabaran, karena kalau tidak bisa jadi bosan dan akhirnya tidak pernah merasa puas dari apa yang telah dikaruniakan kepadanya. 

  • 2. Sifat dan Keutamaan Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang sifat dan keutamaan dari ‘’sabar’’. Sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinnya menahan.

Menahan disini pengertiannya luas bisa saja kita sedang berpuasa menahan nafsu untuk ini dan itu, kita menahan lapar berarti kita harus bersabar dari rasa ingin makan sampai adzan maghrib yaitu waktu untuk berbuka, kita harus bersabar menghadapi perilaku seseorang yang buruk pada kita berarti kita harus sabar dari kezaliman.

Sekali lagi tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dari rasa sabar tersebut karena dari awalnya memang tidak dapat menahan, oleh karena itu saudara-saudara perlunnya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tiada batasnya. Agar kita dapat memperoleh pahala yang seluas-luasnya.

Sebagaimana firman Allah Q.S Al-Baqarah 153 yang Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dari penjelasan ayat tersebut bahwa kita sudah ketahui jka Allah selalu memberikan pertolongan pada setiap hambannya yang mau menjalankan perintahnya, didalah ayat tersebut dijelaskan bahwa jika kita mengerjakan sholat wajib dan dapat menahan diri dengan rasa sabar maka Allah menjanjikan pertolongan bagi hambannya yang sedang dalam kesusahan.

Sabar memang tidak mudah, sabar adalah ujian, justru karena ketidakmudahan itulah Allah menguji hambannya seberapa hambannya dapat lolos dari ujian sabar. Jika kita lolos, kita selalu beristigfar dan berfikir positif terhadap segala ketentuan Allah niscaya kita akan mendapat beribu kemuliaan dan keberntungan yang datang dari pintu manapun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm