Jaga Keselarasan Pendidikan Anak dari Jenjang PAUD ke SD/MI

25 Juli 2023 07:45 WIB
Pendampingan Sosialisasi Gerakan PAUD yang Menyenangkan Kepada Masyarakat di Lembaga Pendidikan Wahdah Jalan Kom Yos Sudarso Gg. Lamtoro Komplek Kencana Permai Blok C5 Pontianak, pada senin pagi (24/7/2023).
Pendampingan Sosialisasi Gerakan PAUD yang Menyenangkan Kepada Masyarakat di Lembaga Pendidikan Wahdah Jalan Kom Yos Sudarso Gg. Lamtoro Komplek Kencana Permai Blok C5 Pontianak, pada senin pagi (24/7/2023). ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Pada kegiatan pendampingan sosialisasi gerakan PAUD yang menyenangkan kepada Masyarakat di Lembaga Pendidikan Wahdah Jalan Kom Yos Sudarso Gg. Lamtoro Komplek Kencana Permai Blok C5 Pontianak, pada senin pagi (24/7/2023), Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani didampingi Pengurus serta Bunda PAUD Kota Pontianak memberi bingkisan kepada anak - anak usia dini.

Yang telah banyak diketahui, Bunda PAUD adalah gelar bagi sosok mitra utama, tokoh sentral, figur ibu dalam gerakan nasional PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif di setiap jenjang pemerintahan. 

Lismaryani menerangkan bahwa kegiatan pembinaan kali ini merupakan bagian dari program kerja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat yang selaras dan bersinergi dengan kebijakan Pemerintah dalam layanan PAUD yang ada di masyarakat.

"Untuk Tahun 2023 Program Kerja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat meliputi kegiatan Pendampingan Bunda PAUD di Kabupaten/Kota, Lomba Cipta permainan PAUD, bantuan alat permainan edukatif untuk lembaga PAUD serta makanan tambahan untuk anak usia dini di Lembaga PAUD," jelasnya.

Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada merdeka belajar ke-24 tentang tradisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan proses perpindahan peserta didik dari PAUD ke SD melalui penyesuaian diri, penyelarasan pembelajaran agar anak PAUD tidak terlalu melakukan banyak penyesuaian diri saat berpindah menjadi peserta didik SD.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, Wapres: Prioritaskan Perlindungan Anak

"Gerakan ini sebagai upaya dalam menjaga keselarasan pendidikan anak dari PAUD ke SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) sehingga proses peralihan dapat berjalan dengan lancar dan baik," harapnya.

Sementara itu Bunda PAUD Kota Pontianak, Dr. Apt. Dra. Hj. Yanieta Arbiastutie, MM., M.Sc ynag juga merupakan Ketua TP PKK Pontianak ini mengatakan bahwa terkait dengan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, timnya telah membuat beberapa Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) dan sudah dilaksanakan yakni Sosialisasi Gerakan Paud Ke SD yang menyenangkan kepada Kepala Sekolah SD Negeri Se- Kota Pontianak , Organisasi Mitra Himpaudi, IGTKI Dan IGRA yang dirangkaikan dengan deklarasi mendukung Gerakan PAUD Ke SD yang Menyenangkan di Kota Pontianak. Kemudian juga melakukan sosialisasi Gerakan Transisi Paud Ke SD yang Menyenangkan kepada Guru Kelas 1 SDN Se- Kota Pontianak.

Tak hanya itu, mereka juga telah melaksanakan Sosialisasi Gerakan Transisi Paud Ke Sd Yang Menyenangkan Kepada Kelompok-kelompok Dasawisma PKK Kota Pontianak. Termasuk melakukan Monitoring PPDB ke SDN 24 Kecamatan Pontianak Tenggara Dan SDN 34 Kecamatan Pontianak Kota hingga Membuat Videotron, Banner dan Brosur Berisi Ajakan Untuk Mendukung Gerakan Paud Ke SD yang Menyenangkan.

"Berkat dukungan berbagai pihak, sudah banyak program yang kami jalankan. Kami juga telah membuat Drama Pendek tentang Gerakan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan bagi masyarakat hingga Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Masyarakat luas", terang Yanieta.

Ditempat yang sama, Ketua Pengelola PAUD Alam, Dewi Kartina juga mengapresiasi langkah Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat yang telah melaksanakan kegiatan positif ini.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat yang sudah bersedia hadir untuk memberikan bantuan kepada PAUD Kami. Semoga apa yang diberikan memberikan keberkahan buat kami semua," ucapnya.

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm