20 Contoh Pengisian Narasi Raport PAUD dan TK Semester 1 hingga 2

22 Juni 2023 17:30 WIB
Contoh pengisian narasi raport PAUD dan TK dari semester 1 hingga 2.
Contoh pengisian narasi raport PAUD dan TK dari semester 1 hingga 2. ( Freepik)

Sonora.ID - Raport merupakan sebuah laporan yang berisikan catatan perkembangan anak berupa nilai harian, nilai ujian, nilai sikap, nilai keterampilan dan kecakapan diri, prestasi, dan catatan khusus dari wali kelas.

Biasanya guru wali kelas akan memberikan sebuah narasi atau catatan mengenai perkembangan anak terkait kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Catatan wali kelas ini ditulis dengan bahasa yang sopan, singkat, jelas, dan menggunakan sudut pandang yang ditujukan untuk orang tua siswa.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh pengisian narasi raport PAUD dan TK semester 1 dan 2 yang memotivasi serta dapat dijadikan sebagai referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Contoh Kata Sambutan Kepala Sekolah TK dan PAUD Untuk Perpisahan

Contoh Pengisian Narasi Raport PAUD dan TK Semester 1 hingga 2

PAUD

  1. Terima kasih bunda, ayah, sudah menjadi orang tua terbaik. Ananda (sebutkan nama) masih butuh perhatian lebih intens lagi dari bunda dan ayah, dilihat dari sikap dan perilakunya selama ini. Sekolah terbaik tetap berasal dari lingkungan keluarga seorang anak.
  2. Ananda (sebutkan nama) gesit dan lincah. Ananda juga pandai bercerita namun masih malu ketika tampil di depan kelas. Tapi tidak apa, untuk bisa terampil dibutuhkan belajar dan berlatih tiada henti. Semangat.
  3. Wah, ananda (sebutkan nama) hebat, bunda! Banyak perubahan yang terlihat di semester ini, khususnya perihal mengendalikan emosi. Pada awal semester ananda sering sekali tantrum, lambat laun ananda mampu belajar menanganinya. Terima kasih sudah berusaha lebih baik semester ini.
  4. Banyak pencapaian yang dilakukan ananda (sebutkan nama) di semester ini seperti sudah mampu berdoa dengan baik, mengucapkan 3 kata ajaib yakni terima kasih, maaf, dan tolong.
  5. Terima kasih atas semangat belajarmu selama ini, ananda (sebutkan nama). Terlebih, bakat ananda sudah mulai terlihat, dibuktikan dengan ananda yang senang bernyanyi, menari, serta tampil di depan banyak orang. Latih terus apa yang menjadi minat dan bakat ananda.
  6. Wah, hebat! Ananda (sebutkan nama) berhasil melalui semester ini dengan semangat dan motivasi belajar yang baik. Untuk hal-hal yang masih kurang, jangan kecewa dan bersedih. Setiap anak memiliki keistimewaan di bidang yang berbeda. Kekurangan yang ada dapat diperbaiki menjadi sesuatu yang bernilai juga.
  7. Ananda (nama) menunjukkan minat yang tinggi dalam eksplorasi dan observasi lingkungan sekitarnya. Ia dengan antusias mengamati dan mengajukan pertanyaan tentang benda-benda di sekitarnya.
  8. Ananda (nama) menunjukkan perkembangan keterampilan sosial yang positif. Ia mampu berbagi, bekerja sama, dan mendengarkan pendapat teman-temannya dengan sabar serta memberikan respon yang positif.
  9. Ananda (nama) menunjukkan kemampuan sosial yang baik. Ia dengan mudah beradaptasi dengan teman-temannya dan mampu membangun hubungan yang positif. Ia juga memiliki empati yang tinggi dan selalu siap membantu teman-temannya.
  10. Ananda (nama) menunjukkan minat yang besar dalam musik dan gerak. Ia dengan antusias berpartisipasi dalam kegiatan musik, seperti bernyanyi dan bermain alat musik sederhana. Ia juga memiliki koordinasi tubuh yang baik dalam gerakan dan tarian.

TK

Semester 1

  1. Ananda (sebutkan nama) sangat bersemangat dalam menerima pembelajaran di kelas, namun terkendala dengan peralatan sekolahnya yang belum lengkap. Apabila ananda memiliki kesulitan di rumah, jangan sungkan mendiskusikannya bersama kami.
  2. Ananda (nama) adalah siswa yang baik hati dan periang. Hanya saja masih kurang konsentrasi waktu berdoa. Dimohon bunda membiasakan ananda Jihan untuk belajar berdoa dengan khusyuk di rumah.
  3. Ananda (nama) ialah siswi yang sabar dan suka menolong teman-temannya. Dimohon bunda untuk membimbing ananda (nama) di rumah agar lebih berani karena ia masih sering malu dan takut untuk melakukan berbagai hal sendiri.
  4. Ananda (nama) mulai berkembang menyebutkan nama anggota tubuh dan fungsinya, cara menjaga kesehatan sendiri, motorik halus, mau menggerakkan tangannya untuk menggenggam, meremas, menirukan orang berkumur, motorik kasar menggerakkan kaki, melompat, menendang, lari, dan menirukan gerakan binatang berjalan.
  5. Ananda (nama) mulai berkembang untuk menyebut ciptaan Allah, mengucap syukur pada Allah, mau tampil di depan kelas, bertanggung jawab, sopan mengikuti kegiatan beribadah dengan tuntunan Guru.

Semester 2

  1. Ananda (sebutkan nama) sangat peduli dan responsif terhadap pelajaran dibuktikan dengan nilai-nilainya yang cemerlang. Namun ananda sulit terbuka dan pemalu saat berinteraksi dengan kawan di kelas. Bunda bisa bantu ananda dengan mengajaknya ikut aktif bermain dan berkegiatan sosial di luar.
  2. Ananda …., pada semester ini telah mengalami perubahan yang sangat baik, terutama dalam pengetahuan akademik, atas hal tersebut ananda layak menjadi juara kelas. Ibu harap ananda bisa mempertahankan prestasi tersebut.
  3. Selamat untuk ananda (nama), berkat ketekunan belajarmu satu semester terakhir ananda bisa naik kelas. Peningkatan hasil belajarnya tidak lepas dari usahanya yang sungguh-sungguh.
  4. Selamat, ananda (nama) sudah memenuhi semua persyaratan untuk naik kelas dan dinyatakan naik kelas. Tingkat lagi semangat belajarmu di kelas berikutnya.
  5. Perkembangan belajar ananda (sebutkan nama) baik sekali untuk semester ini. Ananda aktif, fokus, dan responsif terhadap sekitar. Pertahankan dan semoga bisa terus menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Baca Juga: 50 Contoh Catatan Wali Kelas di Raport yang Memotivasi

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm