10 Cerita Dongeng Sebelum Tidur Anak: Bahasa Indonesia dan Inggris

22 Mei 2023 18:00 WIB
Contoh dongeng sebelum tidur untuk anak.
Contoh dongeng sebelum tidur untuk anak. ( freepik.com/FaustFoto)

Sonora.ID - Dongeng bukan hanya sebuah kisah pengantar tidur, namun kisah-kisah yang ada di dalamnya ternyata juga bisa memberikan pelajaran moral untuk si kecil.

Membacakan dongeng untuk anak pun memiliki berbagai manfaat yang baik. Dengan mendengarkan kisah-kisah dalam dongeng kreativitas dan keterampilan penalaran anak bisa semakin meningkat

Anak-anak yang terbiasa membaca atau dibacakan dongeng cenderung memiliki konsentrasi dan kemampuan mendengarkan yang baik, ingatan yang kuat, kosakata yang kaya, dan pemahaman bahasa yang baik. 

Hal ini karena cerita dalam dongeng ternyata bisa menembus jauh lebih dalam ke dalam pikiran anak-anak.

Bagi orang tua yang ingin mulai mencoba untuk membacakan cerita dongeng sebelum tidur untuk anak, Anda dapat menyimak kumpulan contoh dongeng anak di bawah ini yang kami kutip dari berbagai sumber.

Supaya cerita dongeng bisa terkesan lebih menarik, Anda dapat membacakannya dengan memberi suara yang sesuai emosi serta karakter tokoh.

Baca Juga: 6 Contoh Dongeng Bahasa Sunda Singkat, Lucu Lengkap dengan Artinya

Cerita Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak

Bahasa Indonesia

Contoh 1

Berprasangka Baik

Dahulu kala, ada seorang murid bernama Abdullah yang sangat menginginkan seorang guru untuk membimbingnya ke jalan yang benar dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Tetapi, ia kesulitan menemukan sosok guru tersebut meski dengan jerih payah yang luar biasa.

Abdullah terus mencari sosok guru tersebut hingga suatu hari ada seorang pria yang mengatakan bahwa Abdullah tidak akan pernah menemukan guru yang pas kecuali Fulan bin Fulan yang tinggal di sebuah kota jauh dan terpencil.

Dengan senang hati, Abdullah pun memutuskan untuk pergi ke kota terpencil itu. Setelah menempuh perjalanan jauh, Ia bertanya kepada penduduk sekitar tentang Fulan bin Fulan, sosok guru terbaik yang pernah ada.

Tetapi anehnya, setiap Abdullah menanyakan mengenai Fulan bin Fulan, seluruh penduduk kota mengantarnya kepada seorang lelaki dengan perangai buruk dan penuh maksiat. Meski ragu, Abdullah memutuskan untuk mengetuk pintu rumah Fulan.

“Siapa disana?” tanya pemilik rumah.

“Abdullah,” jawabnya.

Secara tak sengaja, Fulan bin Fulan pun ternyata sedang menunggu kedatangan seseorang dengan nama yang sama, yaitu Abdullah. Fulan bin Fulan yang telah berjanji dengan Abdullah untuk pesta minuman keras tentu saja langsung membukakan pintunya.

Abdullah masuk ke dalam rumah itu, menatap wajah sang pemilik rumah, lalu duduk menangis. Ia merasa pertemuan tersebut sangat mengharukan. Karena air matanya yang deras, Abdullah tidak melihat minuman keras yang ada di atas meja.

“Hei, ada apa ini? Apa yang terjadi denganmu?” pemilik rumah kebingungan.

“Apakah kau adalah Fulan bin Fulan? Apa kau mau menjadi guruku? Tolong jadilah guruku dan ajari aku supaya semakin beriman pada Allah SWT.” jawab Abdullah.

Si pemilik rumah bingung dan hanya bicara sembarangan untuk mengusir Abdullah secepatnya.

“Baik, sekarang pergilah ke bawah lembah di belakang rumah ini. Saat kau menemukan air di lembah itu, berwudhulah dengan menyebut nama Allah dan beribadahlah di sana sampai Allah SWT menurunkan pertolongan untukmu!”

Abdullah dengan cepat memercayai perintah si guru dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Seperti yang dikatakan gurunya tadi, Allah SWT akhirnya menurunkan pertolongan. Saat itulah ia baru menyadari bahwa orang yang tadinya ia anggap sebagai guru tidak lain adalah orang yang sering bermaksiat dan berperangai buruk.

Seiring berjalannya waktu, Abdullah pun mulai dikenal oleh khalayak ramai. Kesalehan dan ketaatannya saat itu terus menjadi topik pembicaraan di kalangannya. Semakin lama, orang-orang mulai tertarik untuk menimba ilmu kepada Abdullah.

Suatu hari, Abdullah mengidap sakit parah sehingga ia berpesan kepada murid-muridnya.

“Jika aku wafat nanti, kalian semua bergurulah pada orang lain. Aku kenal seseorang bernama Fulan. Bergurulah kalian semua padanya. Karena ia tergolong orang yang suka bermaksiat, kumohon berdoalah kepada Allah SWT agar kemaksiatannya diangkat sebelum aku wafat. Sesungguhnya aku tidak akan pernah menjadi guru jika bukan karena dia.”

Karena ketulusan dari semua murid Abdullah, Allah SWT pun mengabulkan doa mereka. Lelaki yang dianggap guru oleh Abdullah kemudian memutuskan untuk bertaubat dan menjadi guru bagi para murid Abdullah.

Contoh 2

Angsa Bertelur Emas

Suatu hari di sebuah desa yang tentram, hiduplah seorang petani yang menemukan seekor angsa. Ia memutuskan untuk merawat angsa tersebut. Keesokan harinya, si petani sangat terkejut saat melihat bahwa si Angsa bertelur emas.

“Wah! Kau adalah angsa ajaib,” kata sang petani. la segera membawa telur-telur emas itu ke penjual emas yang ada di pasar untuk mengecek kemurniannya.

“Ya, benar. Ini adalah emas murni,” kata si pedagang emas. Pedagang tersebut terpesona dan membeli telur-telur tersebut dengan harga yang mahal.

Sejak hari itu, angsa ajaib terus-menerus bertelur emas. Tapi, si Petani tak kunjung puas. Ia masih ingin menerima dan menjual lebih banyak telur supaya ia cepat kaya raya.

“Ah terserah saja, aku akan menyembelih angsa itu dan mengeluarkan semua telur emas dari perutnya,” ucapnya serakah.

Petani itu akhirnya menyembelih si angsa ajaib. Tetapi, ia sangat terkejut karena ia tidak melihat satu telur emas pun dalam tubuh si angsa. Setelah kejadian itu, si petani sangat menyesal. Jika tidak serakah, ia mungkin masih bisa menghasilkan satu telur emas setiap harinya.

Contoh 3

Kisah Beruang dan Ibunya

Seekor beruang kecil hidup di hutan dalam kondisi berbeda dengan beruang kebanyakan, ia terlahir dengan tubuh yang tidak sempurna.

Beruang kebanyakan memiliki dua tangan untuk mencakar dan dua kaki. Sementara anak beruang yang satu ini tidak memiliki telapak tangan, sehingga ia tidak bisa mencakar apa pun.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm