5 Contoh Cerita Inspiratif dengan Tema Kepahlawanan yang Pendek

14 Maret 2023 15:05 WIB
Contoh teks cerita inspiratif tentang kepahlawanan atau pahlawan.
Contoh teks cerita inspiratif tentang kepahlawanan atau pahlawan. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari mengenai contoh-contoh teks cerita inspiratif tentang diri sendiri, ibu, dan kehidupan nyata

Selanjutnya, dalam artikel ini kita pun akan membahas mengenai beberapa contoh teks cerita inspiratif dengan tema pahlawan atau kepahlawanan.

Namun sebelum menuju ke pembahasan utama, mari kita ulas sedikit mengenai hakikat cerita inspiratif itu.

Mengutip dari buku PANDUAN GURU SUARA DEMOKRASI, teks cerita inspiratif merupakan sebuah teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi dan cerita tersebut mampu menggugah inspirasi serta semangat pembacanya.

Adapun cerita yang disajikan dalam cerita inspiratif biasanya berasal dari kisah hidup seseorang, rekaan, atau kisah-kisah yang dapat diambil dari perilaku binatang atau hewan dalam kehidupan nyata.

Sementara itu, khusus dalam artikel ini pun kami sajikan kumpulan contoh teks cerita inspiratif dengan tema kepahlawanan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Contoh Cerita Inspiratif tentang Kejujuran, Bisa Jadi Bahan Refleksi Diri!

Contoh Cerita Inspiratif dengan Tema Kepahlawanan

Contoh 1

Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Orientasi: 

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pendidikan di Indonesia dengan kelahiran asal Yogyakarta. Tanggal lahir beliau adalah pemain 1889 dan kini dikenal sebagai pahlawan nasional dalam bidang pendidikan. Tanggal kelahiran beliau dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasional di negara Indonesia.

Rangkaian Peristiwa: 

Beliau selalu berpikir bahwa pendidikan yang ada di suatu bangsa akan mempengaruhi pola pikir bangsanya. Hal inilah yang membuat Ki Hajar Dewantara sangat memperhatikan pendidikan bangsa Indonesia. Pada masa tersebut jarang sekali ada masyarakat yang pergi ke sekolah.

Hanya masyarakat yang berasal dari kalangan priyayi saja yang boleh bersekolah pada masanya. Namun berkat Ki Hajar Dewantara masyarakat pribumi pun dapat bersekolah sehingga memiliki pola pikir yang lebih terbuka. Beliaulah yang melahirkan istilah Ing Ngarso Sung tuladha, I Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani.

Komplikasi: 

Perjuangan beliau dalam memajukan bangsa Indonesia bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi langkah-langkah yang diambilnya sangat bertentangan dengan kebudayaan setempat. Apalagi bangsa Indonesia pribumi pada masanya banyak yang belum bisa membaca, menulis, dan berhitung. Mengajarkan semua hal itu tidak semudah sekarang.

Resolusi: 

Akhirnya perjuangan Ki Hajar Dewantara menjadi sangat terealisasi dan bisa dirasakan oleh generasi milenial. Di Indonesia sendiri masa wajib belajar setidaknya harus sembilan tahun atau sampai dengan jenjang SMP. Bahkan semboyannya juga digunakan pada logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Koda: 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm