10 Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata Untuk Bangkitkan Semangat

8 Maret 2023 15:30 WIB
Contoh cerita inspiratif kehidupan nyata.
Contoh cerita inspiratif kehidupan nyata. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kumpulan contoh cerita inspiratif yang diambil dari kejadian-kejadian atau peristiwa dalam kehidupan nyata.

Sebelum masuk ke pokok pembahasan, marilah kita pelajari terlebih dahulu mengenai apa itu teks cerita inspiratif?

Teks cerita inspiratif merupakan sebuah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Teks ini memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.

Selain itu, dikutip dari buku Bestie Book Bahasa Indonesia SMP/MTs, teks cerita inspiratif dibedakan menjadi 2 jenis, yakni.

  • Berdasarkan sifat peristiwa (fiksi dan nonfiksi).
  • Berdasarkan tokoh (orang terkenal, sufi, dan hewan).

Di bawah ini pun kami sajikan beberapa contoh cerita inspiratif yang diambil dari kehidupan nyata, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Contoh Cerita Inspiratif Singkat tentang Diri Sendiri dan Strukturnya

Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata

Contoh 1

Anak Tukang Becak Indonesia yang Berhasil Sukses

Kisah Raeni yang merupakan seorang anak becak sempat viral di media sosial sekitar tahun 2014 yang lalu.

Kisah inspiratifnya viral lantaran beredarnya foto dirinya saat diantar oleh sang ayah tercinta yang bernama Mugiono mengendarai becak ke tempat wisuda.

Raeni berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mampu dengan pendapatan ayahnya yang begitu pas-pasan sebagai tukang becak.

Meski kondisi ekonomi keluarganya yang serba kekurangan, tidak lantas membuat Raeni menyerah pada mimpinya begitu saja.

Raeni yang terkenal pintar dan cerdas berusaha untuk bisa mengubah nasib keluarganya dengan giat belajar.

Dengan ketekunannya ini ia berhasil menempuh pendidikan tinggi dengan bantuan beasiswa bidikmisi.

Kesempatan untuk kuliah di Universitas Negeri Semarang dengan jurusan Pendidikan Akuntansi tersebut dimanfaatkannya dengan begitu baik. 

Hal ini terbukti dengan keberhasilannya lulus dengan IPK 3,96 yang hampir sempurna. Bahkan Raeni juga berhasil mendapatkan beasiswa LPDP dan melanjutkan pendidikan di Birmingham, Inggris untuk S2. 

Lulus dari pendidikan master, Raeni kemudian diketahui menjadi tenaga pengajar di almamaternya.

Cerita dari Raeni tersebut membuktikan bahwa keinginan yang kuat serta ketekunan akan membawa kita ke tujuan yang dimiliki.

Contoh 2

Sandiaga Salahuddin Uno

Tahun 1997

Karir bisnis Sandi sebenarnya berawal karena keterpaksaan. Tahun 1997 saat krisis moneter hebat melanda dunia, perusahaan besar tempat ia menjabat sebagai executive vice president tidak selamat dari badai krisis yang membuatnya ikut di-PHK. Sebelumnya, penghasilan Sandi Uno telah mencapai $8000 per bulan disana.

Krisis yang parah itu pun menyapu habis investasi yang selama ini Sandi gadang-gadang bisa menyelamatkan ekonominya jika sesuatu yang buruk menimpanya.

Tentu adalah pukulan yang berat bagi Sandi saat itu ketika harus pulang lagi ke Indonesia dan menjadi pengangguran. Apalagi saat itu ia baru saja berumah tangga.

Mas sandi menggambarkan kondisi itu seperti dalam penuturannya berikut;

“Tidak dapat saya lukiskan betapa dropnya pikiran saya saat itu. Saya baru saja menikah, dan harus kembali lagi ke rumah orang tua saya dengan menempati kembali kamar saat saya masih bujangan dulu. Namun kali ini saya harus menempatinya bersama anak dan isteri saya”

Pada tahap ini juga mas Sandi melukiskan bagaimana cinta dan dukungan dari sang Ibunda untuk dirinya.

“Seringkali tanpa sepengetahuan saya, Ibu saya memasukkan uang di saku celana saya, karena ia tahu saya sama sekali tidak memiliki uang, walau hanya untuk sekedar ongkos angkot buat mencari kerja.”

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm