10 Contoh Cerita Inspiratif Singkat tentang Diri Sendiri dan Strukturnya

1 Maret 2023 14:20 WIB
Contoh cerita inspiratif tentang diri sendiri yang singkat.
Contoh cerita inspiratif tentang diri sendiri yang singkat. ( Netflix)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Bestie Book Bahasa Indonesia, cerita inspiratif merupakan sebuah cerita yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, gagasan guna menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Cerita inspiratif ini diciptakan dengan tujuan tertentu, yakni meningkatkan serta menggugah motivasi, semangat, rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang dihadapi dalam proses mencapai hal yang diinginkan.

Sebuah teks cerita inspiratif ini pun biasanya mengandung struktur di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Orientasi
  • Rangkaian peristiwa
  • Komplikasi
  • Resolusi
  • Koda

Selain itu, teks ini juga memiliki kaidah kebahasaan yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, yakni seperti di bawah ini.

  • Menggunakan kata ekspresif yang mampu menggambarkan emosi tokoh
  • Menggunakan kalimat deskriptif
  • Menggunakan konjungsi
  • Menggunakan majas seperti hiperbola, metafora, dan personifikasi.

Usai memahami hakikat teks cerita inspiratif berikut ini kami sajikan beberapa contoh cerita inspiratif singkat tentang diri sendiri yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Contoh Cerita Inspiratif tentang Ibu yang Kaya Akan Pesan Moral

Contoh Cerita Inspiratif Singkat tentang Diri Sendiri

Contoh 1

Si Difabel yang Hebat dan Sukses

Orientasi

Namaku Ari, aku seorang disabilitas kehilangan kaki karena kecelakaan. Sejak kecil aku suka sekali menggambar, bahkan sering kali juara lomba menggambar dan melukis. Sayang sekali setelah cacat, cita-citaku menjadi polisi harus kandas mengenaskan.

Rangkaian Peristiwa

Setelah lulus, aku dibuat kebingungan. Sangat tidak percaya diri harus pergi ke kampus dengan diantar orang tua setiap hari. Apalagi harus bersosial dengan banyak orang normal disana. Akhirnya aku putuskan untuk tetap dirumah sambil menuangkan inspirasiku dalam lukisan.

Komplikasi

Tahun berikutnya ayahku meninggal. Sedangkan ibuku yang sudah pensiun pun harus kerepotan membiayai sekolah adikku yang semakin mahal kebutuhannya. Uang tabungan pun kini juga semakin menipis. Kini ide apalagi yang harus aku perbuat dengan kondisiku yang cacat ini.

Resolusi

Akhirnya aku putuskan untuk banyak belajar bisnis dengan masuk ke sejumlah website. Akhirnya menemukan ide jika gambar-gambar bagus bisa dijual secara online. Dengan sisa tabungan kemudian akun membeli Tab untuk menggambar. Setiap hari kini aku mulai rajin menggambar dan mengunggah di situs jual beli gambar.

Dalam beberapa waktu hasil karyaku banyak dibeli. Bahkan orderan juga banyak datang. Kini tabunganku semakin banyak, bahkan untuk kebutuhan keluarga pun kini aku bisa membantu ibu. Sekarang kamar sudah saya anggap sebagai kantor untuk bekerja.

Koda

Cacat bukan sebuah masalah ataupun beban yang membuat diri kita berjalan mudur. Semua sudah ada yang mengatur, tidak akan ada rejeki yang datang sendiri karena kitalah yang harus menjemputnya sendiri.

Contoh 2

Basket

Orientasi:

Sejak kecil, saya sudah tertarik dalam bidang olahraga yaitu bermain bola basket. Ini adalah salah satu cabang olahraga yang selalu dia cita-citakan.

Rangkaian Peristiwa:

Ketika masih SMA, saya pernah ditolak untuk ikut tes masuk tim basket di sekolah saya. Alasannya adalah karena badan saya yang terlalu pendek. Bukan hanya itu saja, saya juga dinilai kurang mahir dalam permainan ini.

Komplikasi:

Saya merasa sangat sedih mendengar hal itu, namun saya tidak pernah menyerah. Saya selalu berlatih dengan rutin setiap harinya di rumah. Bukan hanya mengatasi masalah tekniknya, namun saya juga melatih fisik dengan disiplin setiap harinya.

Hingga beberapa tahun berikutnya, saya pun kembali mengikuti tes di sekolah dan akhirnya diterima.

Resolusi:

Pada kompetisi SMA di tahun 2005, saya akhirnya membuktikan kerja keras yang saya lakukan selama ini. Pada game pertamanya, saya berhasil mencetak 40 angka.

Bahkan, saya memiliki rekor yang mengesankan. Saya mendapat rata-rata 25 angka per game serta memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama juga.

Koda:

Tapi, saya pensiun tahun 2021 dan tercatat sebagai satu dari pemain yang mampu mencetak angka terbanyak kedua di dalam satu musim. Saat ini, saya menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, juga salah satu legenda basket sepanjang masa.

Contoh 3

Relawan COVID-19

Orientasi:

Di tengah pandemi virus corona sekarang ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya bisa tetap produktif. Baik itu dengan bekerja dari rumah, menjadi relawan, bahkan melakukan aksi sosial.

Hal ini dilakukan untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan sesama, khususnya kepada mereka yang terpaksa berhenti bekerja.

Dengan bertambahnya kasus orang yang terjangkit virus corona, membuat masyarakat mulai tergerak hatinya. Masyarakat mencoba untuk membantu para tenaga medis berjuang melawan virus corona dengan cara membuat APD atau Alat Pelindung Diri.

Rangkaian Peristiwa:

Kisah ini menceritakan tentang seorang relawan difabel bernama Nora yang sedang hangat menjadi perbincangan media. Kisah ini viral setelah videonya yang sedang menjahit Alat Pelindung Diri dengan memakai mesin jahit diunggah ke laman media sosial.

Apa yang membuat netizen terharu adalah ia menjahitnya tidak memakai tangan melainkan dengan kaki. Nora adalah seorang penjahit yang berkebutuhan khusus sebab tidak memiliki tangan. Baginya, menjadi relawan itu mampu membuat dia gembira.

Komplikasi:

Nora dan relawan lainnya telah menjahit kain kurang lebih 400 meter. Kain ini telah dibentuk ke dalam sebuah pola sebelumnya oleh salah satu perguruan tinggi setempat.

Kemudian dijahit dengan menggunakan mesin jahit untuk bisa mendapatkan hazmat yang merupakan alat pelindung diri para tenaga medis.

Resolusi:

Tentunya ada banyak warganet yang penasaran, seperti apa Nora yang memiliki keterbatasan fisik mampu menjahit APD. Videonya yang sedang menjahit sudah diunggah di berbagai media sosial.

Dalam video itu, terlihat ia begitu piawai saat menggunakan mesin jahit mulai dari menjahit, menggunting, bahkan sampai Alat Pelindung Diri (APD). Bahkan, ia selalu semangat saat akan menjalani hidupnya dengan segala keterbatasan yang dimilikinya.

Koda:

Menurutnya, hidup di dunia ini memang harus bermanfaat bagi orang lain. Saat menjadi relawan Covid-19, ia bahkan merasa hidupnya semakin berharga dan membuatnya begitu bahagia.

Contoh 4

Gagal: Sukses yang Tertunda

Orientasi:

Aku adalah seorang lulusan SMA yang tidak melanjutkan kuliah karena keterbatasan biaya masuk perguruan tinggi. Ayahku sudah meninggal dan ibuku hanyalah seorang penjual sayur keliling.

Rangkaian Peristiwa:

Masih dipusingkan dalam mencari pekerjaan dan tidak ada modal karena memang untuk makan saja pas-pasan. Suatu saat, aku berani meminjam uang kepada paman untuk modal membuka usaha jualan bakso. Suatu saat karena terjadi konsleting toko kebakaran dan harus kehilangan mata pencaharian.

Komplikasi:

Harus mengembalikan uang pinjaman dari paman karena semua modal memang dari dia. Namun dengan berjuang keras merintis usaha lagi, banyak pelanggan yang percaya jika masakanku enak dan bernilai jual.

Resolusi:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm