Panglima TNI Tegaskan , Tentara Kita Siap Tempur Menghadapi Ancaman Keutuhan NKRI

26 Juli 2023 10:44 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., MM Setuju dengan Konsep Umum Kampanye Militer (KUKM).
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., MM Setuju dengan Konsep Umum Kampanye Militer (KUKM). ( )

Bandung, Sonora.ID - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., MM Setuju dengan Konsep Umum Kampanye Militer (KUKM).

Ia meminta segera dibuat Perencanaan mulai embarkasi lintas laut dan lintas udara sampai pemberangkatan disiapkan dengan baik agar alutsista maupun personel yang akan melaksanakan operasi tersebut mulai dari operasi pendahuluan, operasi pokok, hubungan dapat terlaksana dengan lancar.

setelah mendengar paparan KUKM oleh Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono P. S.I.P. selaku Panglima Komando Tugas Gabungan (Pangkogasgab) II dalam Latgab TNI 2023 di Ruang Pusat Olah Yudha Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat, Senin (24/7/2023).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, tentunya untuk operasi pendahuluan supaya betul-betul dilaksanakan dan dijaga kerahasiaan sehingga musuh dapat terdadak dan operasi pokok dapat berjalan baik aman dan terkendali.

"Saya setuju dengan Konsep Umum Kampanye Militer yang disampaikan oleh Pangkogab, segera disusun rencana operasi. Saya bisa memutuskan untuk waktu yang ditentukan akan melaksanakan dan dikeluarkannya perintah operasi," kata Panglima TNI.

Baca Juga: Program PTSL Berjalan Lancar, Menteri ATR/BPN Optimis Sebelum 2024 Medan Jadi Kota Lengkap

Laksamana TNI Yudo mengingatkan agar dalam merumuskan konsep operasi jangan terlalu ruwet.

Suatu keputusan dalam melaksanakan operasi militer sebenarnya hanya menyangkut operasi pendahuluan, kemudian operasi pokok, yang lain hanyalah operasi dukungan.

"Operasi pendahuluan sebenarnya diawali dengan operasi khusus. Operasi dukungan walaupun pelaksanaannya di depan tapi masuknya terakhir, sehingga lebih jelas mana operasi pendahuluan dan mana operasi pokok serta mana operasi dukungan," jelas Pimpinan TNI tersebut.

Setelah pemaparan KUKM dilanjutkan dengan Tactical Floor Game (TFG), Pangkogabwilhan II menyampaikan bahwa TFG ini adalah simulasi manuver lapangan oleh masing-masing Kogasgab dalam menghadapi ancaman global/lingkungan strategis dan sesuai dengan perkembangan teknologi dihadapkan Indonesia sebagai negara kepulauan.

Untuk diketahui bahwa Latposko Dharma Yudha TNI 2023 bertujuan meningkatkan kesiapan tempur dan sinergi satuan TNI dalam menghadapi ancaman terhadap keutuhan NKRI, merupakan simulasi skenario kompleks untuk menghadapi skenario perang yang kompleks dan realistis, melatih sinergi dan kerjasama antara TNI AD, TNI AL, dan TNI AU serta satuan TNI yang terlibat dalam pertempuran, dan merupakan moment penting dalam pengembangan kepemimpinan lapangan bagi para perwira

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm