Sutarmidji Tetap Konsisten Perjuangkan Legalitas Kratom

28 Juli 2023 23:30 WIB
( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menerima audiensi dari Asosiasi Petani Purik Indonesia (APPURI) beserta Delegasi dari American Kratom Association (AKA) di Balai Petitih,Kantor Gubernur Kalimantan Barat,Jumat (28/7/2023).

Dalam sambutannya,Gubernur Kalimantan Barat mengatakan bahwa sudah ada hubungan baik antara Buyers dan Asosiasi terkait perdagangan kratom yang merupakan salah sstu komoditi andalan kalimantan barat saat ini.

“Harapan saya bagi asosiasi kratom ini dapat dibimbing oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag),Pertanian dan Perkebunan untuk melakukan diskusi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN)”, harap Sutarmidji.

“Kalau bicara tentang manfaat kratom ini memiliki manfaat mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan stamina. Untuk mengenai zat adiktif pada kratom memang 4 kali dibanding ganja, Kratom ini sudah bisa kita masukan dalam salah satu jenis tanaman obat yang sudah ada Surat Keputusan (SK) pertaniannya”, ujarnya.

Ia menjelaskan, menjelaskan bahwa 51% wilayah kapuas hulu adalah kawasan hutan, dimana tanaman yang paling cocok untuk menjaga kawasan kapuas hulu tersebut salah satunya adalah tanaman kratom.

Baca Juga: Wujudkan Keluarga ASN Anti Korupsi di Lingkungan Pemkot Pontianak

Hal ini, karena tanaman ini mudah tunbuh di sepanjang aliran sungai kapuas.

“Saya menegaskan kalau dilarang harus diberi kepastian tapi jika dilarang harus ditebang semua dan kalaupun mau dilarang sebaiknya diberikan waktu sampai ada pengganti mata pencaharian masyarakat jadi harus diberi jeda dan dicari solusi terkait mata pencaharian masyarakat”, tegas pria kelahiran pontianak ini.

Sutarmidji menegaskan bahwa kratom ini harus ditingkatkan kualitas produknya, juga tata kelola legalitasnya serta harus diantisipasi hasil labnya.

Ditempat yang sama perwakilan American Association Kratom (AKA) menyampaikan bahwa dia terkesan dengan hasil kerja keras yang sudah dilakukan terutama wilayah Kapuas Hulu karena kratom bisa memenuhi ekonomi masyarakat.

"Bahwa bisnis Kratom di Amerika masih menjadi tantangan , karena adanya penolakan di FDA (Food and Drug Administration) karena dianggap sebagai narkotika atau berbahaya", ujarnya.

Sebagai informasi, kratom kini menjadi komoditas andalan Kalimantan Barat. Bahkan Kalbar, menjadi salah satu pemasok terbesar komoditas kratom dari Indonesia ke Amerika Serikat.

Selain memiliki efek kesehatan, membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kalbar, kratom yang merupakan tanaman karbon yang bermanfaat sebagai paru-paru dunia. 

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm