Warga Jepang Antusias Saksikan Tampilan Angklung Siswa Sekolah Indonesia

29 Juli 2023 12:44 WIB
Warga Jepang Antusias Saksikan Tampilan Angklung Siswa Sekolah Indonesia
Warga Jepang Antusias Saksikan Tampilan Angklung Siswa Sekolah Indonesia ( KBRI Tokyo)

Sonora.ID - Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) unjuk penampilan kesenian angklung dalam Min On Kid`s Festa 2023 di Min On Culture Center, Tokyo pada Kamis, 27 Juli 2023.
 
Keikutsertaan siswa SRIT dalam kegiatan yang digelar oleh Min-On Concert Association ini dimaksudkan untuk menarik minat dan pengetahuan warga Jepang atas kesenian angklung Indonesia.
 
Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami yang hadir menyaksikan langsung acara ini mengapresiasi penampilan tim kesenian Angklung siswa SRIT dalam kegiatan Min On Kid`s Festa 2023 ini.
 
Baca Juga: 5 Jenis Produk Ekraf dari Indonesia yang Populer di Pasar Mancanegara

“Saya berharap kesenian Angklung ini terus mendapat tempat di hati masyarakat Jepang. Penampilan siswa SRIT dalam ajang internasional ini menjadi duta perwakilan Indonesia dalam promosi kesenian dan budaya Indonesia yang bernilai tinggi di mata dunia. KBRI Tokyo tentunya sangat mendukung kegiatan dari para siswa SRIT ini untuk mengikuti gelaran acara ini. Ke depannya saya yakin penguatan kerja sama Indonesia – Jepang di usia ke-65 tahun ini khususnya dalam kerja sama pertukaran seni budaya akan semakin meningkat,” ujar Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami.

Sementara itu, President Min On Concert Association Kazuto Ito mengapresiasi penampilan tim Angklung SRIT. Kepada Wakil Duta Besar John, Kazuto Ito berharap kedepannya tim angklung SRIT dapat kembali tampil di Min On Culture Center.

Warga Jepang Antusias Saksikan Tampilan Angklung Siswa Sekolah Indonesia

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie selaku penanggung jawab kegiatan, yang didampingi Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto dan Jurman Saputra Nazar.

Wakil Kepala SRIT Arie Nursanti yang juga pelatih kesenian Angklung di SRIT menjelaskan aktivitas kesenian di SRIT menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar.

“Anak-anak rutin berlatih setiap pekan. Aktifitas kesenian untuk anak-anak menjadi bagian penting dari kegiatan belajar mengajar di SRIT. Untuk acara ini, kami mulai rutin latihan sejak awal pekan ini,” kata Arie Nursanti.

 
Baca Juga: Pekan Depan, Bandung Akan Deklarasikan Diri Menjadi Kota Angklung

Sementara itu Ursula salah seorang siswa SRIT yang ikut tampil dalam acara ini mengaku senang dapat tampil memainkan angklung di hadapan warga Jepang. Hal senada disampaikan Radifan yang mengaku sudah latihan maksimal untuk dapat tampil di kegiatan ini.

Warga Jepang yang hadir di acara ini memberi sambutan yang cukup meriah dari 45 menit penampilan 25 siswa dan siswi tim angklung SRIT.

 
 
Warga Jepang Antusias Saksikan Tampilan Angklung Siswa Sekolah Indonesia
 
Tujuh lagu yang dibawakan dalam pertunjukan angklung ini di antaranya adalah Tokecang dan Sakura.
 
Selain penampilan pertunjukan angklung, para siswa SRIT ini juga menggelar workshop Angklung kepada Warga Jepang yang antusias mencoba memainkan angklung.

Min-On Music Association yang didirikan pada 1963 di Jepang bertujuan mempromosikan musik internasional dan pertukaran seni pertunjukan.

 
Sejak berdiri Min On telah mengundang ribuan musisi dan artis pertunjukan lebih dari 100 negara termasuk Indonesia untuk tampil di Jepang.
 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

 
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm