10 Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Beserta Contohnya

30 Juli 2023 08:30 WIB
ilustrasi 10 Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Beserta Contohnya
ilustrasi 10 Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Beserta Contohnya ( freepik)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang 10 Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Beserta Contohnya.

Interaksi sosial merupakan proses fundamental dalam kehidupan manusia, di mana individu saling berhubungan, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan sosial mereka.

Banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana interaksi sosial terjadi, baik dalam kelompok kecil seperti keluarga dan teman, maupun dalam skala yang lebih luas seperti dalam masyarakat dan budaya.

Artikel ini akan membahas sepuluh faktor penting yang mempengaruhi interaksi sosial, serta memberikan contoh konkret dari masing-masing faktor.

Baca Juga: Contoh Interaksi Sosial AntarIndividu: Lengkap Pengertian dan Cirinya

  1. Kebutuhan Sosial

Kebutuhan akan interaksi sosial merupakan faktor utama yang mempengaruhi bagaimana individu mencari hubungan dengan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial, dan kebutuhan untuk berkomunikasi, berbagi, dan memiliki hubungan emosional dengan orang lain sangatlah penting. Contohnya adalah:

  • Seorang anak merasa senang dan nyaman bermain dengan teman sebaya, karena kebutuhan akan persahabatan dan kebersamaan.
  1. Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial, seperti keluarga, sekolah, atau tempat kerja, juga memiliki peran besar dalam mempengaruhi interaksi sosial individu. Lingkungan tersebut menentukan kesempatan dan frekuensi interaksi sosial yang terjadi. Contohnya adalah:

  • Seorang karyawan yang bekerja dalam tim yang solid dan kooperatif akan cenderung memiliki interaksi sosial yang positif dan produktif dengan rekan kerjanya.

Baca Juga: 5 Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif: Kerjasama hingga Kulturasi

  1. Norma Sosial

Norma sosial adalah aturan-aturan yang mengatur perilaku dan interaksi dalam masyarakat. Norma ini membentuk standar perilaku yang diharapkan dalam berbagai situasi sosial. Contohnya adalah:

  • Di banyak budaya, norma sopan santun dan etika berbicara dengan orang yang lebih tua atau atasan merupakan hal yang dijunjung tinggi dalam interaksi sosial.
  1. Peran Sosial

Peran sosial mengacu pada fungsi dan posisi yang diemban oleh individu dalam suatu kelompok atau masyarakat. Peran ini membentuk perilaku dan ekspektasi dalam interaksi sosial. Contohnya adalah:

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm