30 Contoh Kalimat In Order To dan So That Lengkap dengan Artinya

3 Agustus 2023 14:10 WIB
Contoh kalimat in order to dan so that lengkap dengan artinya.
Contoh kalimat in order to dan so that lengkap dengan artinya. ( Pexels)

Sonora.ID - Dalam bahasa Inggris untuk mengekspresikan suatu tujuan kita dapat menggunakan in order to atau so that.

In order to atau so that merupakan kata hubung (conjunction) yang memiliki arti yang hampir sama, yakni agar atau supaya.

Meskipun memiliki arti atau makna yang bersinonim, akan tetapi penggunaan in order to dan so that dalam sebuah kalimat ini sedikit berbeda.

Perbedaan In Order To dan So That

In order to biasanya digunakan untuk tulisan maupun percakapan yang cenderung formal. Sedangkan, so that umumnya digunakan dalam konteks informal.

Perbedaan lainnya terletak pada susunan kalimatnya. In order to diikuti oleh Verb 1 atau kata kerja bare infinitive

Sementara itu, so that diikuti dengan sebuah kalimat yang lengkap. Selain untuk menunjukkan tujuan, so that juga dapat digunakan untuk menunjukkan akibat dari sesuatu.

Untuk memahaminya dengan lebih baik simak paparan mengenai kumpulan contoh kalimat in order to dan so that singkat lengkap dengan artinya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 12 Contoh Dialog Asking and Giving Attention Singkat 2 Orang dan Artinya

Contoh Kalimat In Order To

  1. In order to pass the test, you should study hard. (Agar lulus ujian, kamu harus belajar dengan giat)
  2. They went to the ticket booth in order to get the ticket at the lowest price. (Mereka pergi ke loket tiket untuk mendapatkan tiket dengan harga terendah)
  3. Yuki exercises two times a day in order to stay in shape. (Yuki berolahraga dua kali sehari agar tetap bugar)
  4. We should eat enough vegetables and fruits in order to be healthy (Kita harus makan sayur dan buah yang cukup agar sehat)
  5. He drives carefully in order to reach home safely (Dia mengemudi dengan hati-hati untuk mencapai rumah dengan selamat)
  6. In order to work from home, we must have two computers (Untuk bekerja dari rumah, kita harus memiliki dua komputer)
  7. She listened carefully in order to understand what the teacher explained (Dia mendengarkan dengan seksama untuk memahami apa yang dijelaskan guru)
  8. In order to proceed, please provide additional detail about your work experience (Untuk melanjutkan, tolong tambahkan rincian tambahan tentang pengalaman kerjamu)
  9. He studies hard in order to pass the exam (Dia belajar dengan giat agar lulus ujian)
  10. We have to exercise regularly in order to get a healthy body (Kita harus berolahraga secara rutin agar mendapatkan badan yang sehat)
  11. In order not to get infected by the virus, we have to adhere the health protocols (Agar tidak terinfeksi virus, kita harus mematuhi protokol kesehatan)
  12. Schools have been closed in order to prevent the spread of virus (Sekolah-sekolah telah ditutup untuk mencegah penyebaran virus)
  13. I woke up early in order not to miss the train (Saya bangun pagi agar tidak ketinggalan kereta)
  14. In order to be successful, you must work hard and believe in yourself (Untuk menjadi sukses, kamu harus bekerja keras dan percaya pada diri sendiri)
  15. I set an alarm on my phone in order not to oversleep (Saya mengatur alarm di handphone agar tidak kelebihan tidur)

Contoh Kalimat So That

  1. She didn’t reply to my texts so that I tried to call her (Dia tidak membalas pesan-pesan saya, oleh karena itu saya mencoba meneleponnya)
  2. I will wake up earlier so that I can exercise before going to school (Aku akan bangun lebih awal agar aku bisa berolahraga sebelum berangkat ke sekolah)
  3. I must improve my English comprehension so that I get the scholarship (Aku harus meningkatkan pemahaman bahasa Inggrisku agar aku mendapatkan beasiswa)
  4. I’ll finish my homework before 6 p.m. so that I can watch my favorite TV show tonight (Aku akan menyelesaikan PRku sebelum jam 6 supaya aku bisa menonton acara TV favoritku malam ini)
  5. I turned off the TV so that my brother could study in peace and quiet (Aku mematikan TV agar kakakku dapat belajar dengan tenang)
  6. I was studying hard so that I can pass next examination (Aku belajar dengan giat agar aku bisa lulus ujian berikutnya)
  7. They practiced diligently so that they could perform well on stage (Mereka berlatih dengan tekun agar bisa tampil dengan baik di panggung)
  8. They worked overtime so that they could meet the deadline (Mereka lembur supaya bisa mencapai batas waktu yang ditetapkan)
  9. I will go to Korea so that I can learn Korean (Saya akan pergi ke Korea agar saya bisa belajar Bahasa Korea)
  10. Laila studied hard so that she could pass the test (Laila belajar dengan giat agar bisa lulus ujian)
  11. He speaks slowly so that everyone can understand him (Dia berbicara pelan agar semua orang bisa memahaminya)
  12. Ben studies English every day so that his English can improve (Ben belajar Bahasa Inggris setiap hari agar Bahasa Inggrisnya meningkat)
  13. She saved money so that she could buy a new laptop (Dia menyimpan uang supaya bisa membeli laptop baru)
  14. She practices singing every day so that she can become a professional singer (Dia berlatih menyanyi setiap hari agar bisa menjadi penyanyi profesional)
  15. He turned off the lights so that he could save electricity (Dia mematikan lampu agar bisa menghemat listrik)

Demikianlah paparan mengenai kumpulan contoh kalimat in order to dan so that lengkap dengan arti atau terjemahannya.

Baca Juga: 10 Contoh Dialog Expressing Obligation Singkat dengan Artinya

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm