15 Contoh Kalimat Pembuka Pidato yang Menarik dan Tidak Membosankan

12 September 2023 13:15 WIB
Ilustrasi Contoh Kalimat Pembuka Pidato
Ilustrasi Contoh Kalimat Pembuka Pidato ( freepik)

Sonora.ID – Artikel ini akan membahas contoh kalimat pembuka pidato yang menarik dan tidak membosankan yang bisa dijadikan referensi.

Ketika menyampaikan isi pidato, pembicara akan menyampaikan kalimat pembuka pidato terlebih dahulu.

Hal ini untuk memberikan kesan menarik dan membawa audiens memperhatikan pembicara.

Maka dari itu, pembuka pidato menjadi salah satu bagian terpenting yang mendukung kelancaran sebuah acara.

Pasalnya, meskipun terlihat mudah, melakukan pidato di hadapan banyak orang bisa menjadi hal yang sulit apabila tidak dipersiapkan terlebih dahulu.

Baca Juga: 35 Contoh Kalimat yang Menggunakan Majas Metafora dan Artinya!

Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang sukses menyajikan pembuka pidato, salah satu satunya adalah materi untuk pembuka pidato itu sendiri.

Nah, berikut contoh kalimat pembuka pidato yang menarik dan tidak membosankan yang bisa dijadikan referensi.

Contoh 1

Pidato Perpisahan Sekolah

Selamat pagi, yang terhormat kepada bapak/ibu guru serta staf sekolah, dan teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk hadir. Di pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat anugerah dan berkatnya kita bisa berkumpul bersama-sama di tempat ini.

Perkenalkan, nama saya Edo, murid kelas 12-1. Terima kasih saya ucapkan karena sudah diberikan kehormatan untuk memberikan pidato perpisahan untuk angkatan tahun 2020 ini.

Sebelum memulai pidato, ada sebuah pepatah yang mengingatkan saya tentang perjalanan hidup yang sudah kita jalani selama di sekolah, yakni “Goodbye are not the end. They simply means I’ll miss you forever, until we meet again”.

Contoh 2

Pembukaan Pidato Islami

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillah, hari ini kita semua diberikan kesempatan oleh Allah SWT. untuk berkumpul sekaligus menjalani sebagian dari aktivitas kita, dan masha Allah, dari sekian banyak hamba Allah SWT. yang beraktivitas hari ini, ternyata bapak/ibu dan teman-teman sekalian yang terpilih oleh-Nya untuk bisa hadir di sini.

Semoga kita semua yang hadir diringankan langkahnya, dilembutkan hatinya, dan dipanjangkan umurnya untuk mempelajari sebagian dari tuntunan agama kita.

Semoga juga kita mendapatkan karunia Allah, seperti yang dijanjikan oleh Rasulullah Saw. sehingga keluar dari sini mendapatkan petunjuk dan kebaikan dari Allah SWT.

Contoh 3

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua yang hadir di acara ini, semoga selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Perkenalkan, saya Aldo selaku Presiden Mahasiswa di Universitas (isi nama Universitas) untuk periode 2022-2023.

Kami sebagai perangkat organisasi di kampus ingin mengucapkan terima kasih banyak karena telah memilih kampus ini sebagai tempat melanjutkan pendidikan kalian.

Sekaligus mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas (isi nama Universitas)

Contoh 4

Hadirin yang saya muliakan,

Tepat hari ini adalah hari sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita teringat dengan para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia.

Dengan gagah berani pahlawan-pahlawan kita melawan pasukan penjajah dan Sekutu yang terus membombardir negeri kita dari darat, laut, dan udara. Namun, para pahlawan tidak gentar untuk maju melawan. Mereka berani memperjuangkan martabat bangsa ini.

Hadirin yang saya muliakan,

(kemudian masuk ke isi pidato).

Contoh 5

Hadirin sekalian,

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm