5 Ceramah Maulid Nabi 2023 beserta Dalilnya: Singkat dan Penuh Makna

20 September 2023 07:00 WIB
Contoh teks ceramah Maulid Nabi beserta dalilnya.
Contoh teks ceramah Maulid Nabi beserta dalilnya. ( Freepik)

Sonora.ID - Di tanggal 28 September nanti kita sebagai umat Muslim akan merayakan salah satu peringatan yang mulia dalam Islam, yakni Maulid Nabi atau Hari Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi ini diketahui jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya dalam kalender Hijriyah. 

Peringatan Maulid Nabi menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk kembali mengingat kisah hidup serta perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah.

Tak hanya mengingat saja, namun sebaiknya kita juga mulai berbenah diri dengan rajin beribadah serta melaksanakan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri teladan untuk umat Muslim.

Untuk memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW ini berbagai acara biasanya digelar seperti pengajian. 

Dalam acara pengajian Maulid Nabi ini umumnya akan ada sesi ceramah yang disampaikan oleh ustaz/ustazah atau orang yang dipercaya untuk memberikan ceramah.

Selain pengajian, ada pula lomba ceramah Maulid Nabi yang biasanya diikuti oleh anak-anak usia sekolah dasar hingga remaja.

Seperti apa contoh-contoh ceramah yang biasanya disampaikan? Di bawah ini kami sajikan paparan kumpulan contoh teks ceramah tentang Maulid Nabi beserta dalilnya yang singkat, pendek, penuh makna, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 2 Contoh Pidato Bahasa Inggris tentang Maulid Nabi: Singkat dan Artinya

Ceramah Maulid Nabi beserta Dalilnya: Singkat dan Penuh Makna

Contoh 1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati ....

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Pertama mari kita ucapkan Alhamdulillah, sebagai sanjungan dan rasa syukur kita kepada Allah karena pada hari dan bulan yang mulia ini Allah masih memberikan nikmat dan kesehatan kepada kita sehingga kita bisa hadir pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Kedua semoga shalawat kita selalu mengalir keharibaan baginda Nabi Muhammad SAW, di mana pada hari kita peringati kelahirannya, semoga dengan adanya peringatan ini semoga kita semakin cinta kepada rasulullah sehingga kelak kita akan mendapatkan syafaatnya. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Sebagaimana dalam firman Allah dalam Al-Qur’an bahwasanya Rasulullah SAW adalah contoh yang baik baik bagi umat manusia,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

Artinnya : “Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Rasulullah menjadi contoh tidak hanya dalam satu bidang saja, tapi di semua bidang lengkap dan komplit.

Rasulullah SAW menjadi contoh dalam berkeluarga, menjadi pendakwah, menjadi guru, menjadi bisnisman, menjadi politisi, panglima perang dan banyak yang lainnya.  

Jadi sangat pantas jika Allah menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi umat manusia.

Walaupun Rasulullah sama manusia dengan kita tentulah yang menjadi contoh beda kualitasnya dengan yang mencontoh. 

Misal, kita sebagai manusia perlu tidur, Rasulullah sebagai manusia juga tidur, namun tidur kita dengan Rasulullah jelas berbeda. 

Kalau Rasulullah hanya tidur matanya saja sedangkan hatinya tidak pernah tidur selalu berdzikir kepada Allah Azza Wajalla.

Hadirin yang dirahmati Allah

Rasulullah SAW di lahirkan ke dunia ini tidak hanya mengubah keyakinan kejahilian bangsa Arab saat itu sebagai penyembah berhala, tapi Rasulullah SAW juga untuk mengubah berbagai hal yang tidak sesuai dengan tuntunan Islam.  

Rasulullah begitu gigih untuk memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum dan budaya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua umat Islam.

Namun dalam perjuangan Rasulullah selalu mengedepankan keluhuran tata krama sehingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm