15 Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba, Penuh Pesan Moral!

21 September 2023 16:20 WIB
Ilustrasi contoh pidato singkat tentang narkoba
Ilustrasi contoh pidato singkat tentang narkoba ( freepik.com)

Sonora.ID - Berikut ini adalah ulasan tentang 15 contoh pidato singkat tentang narkoba yang sangat penuh dengan pesan moral.

Pidato menjadi salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pemikiran serta gagasan kepada para audience.

Terdapat banyak sekali isu yang dapat diangkat dalam pidato, salah satunya seperti contoh pidato singkat tentang narkoba.

Seluruh contoh pidato ini memiliki pesan moral yang dapat menjadi pembelajaran penting bagi para pendengar pidato yang disampaikan.

Kamu dapat langsung menyimak 15 contoh pidato singkat tentang narkoba berikut ini yang dipenuhi dengan pesan moral berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber.

1. Pidato Singkat tentang Narkoba I

Baca Juga: 5 Contoh Pidato Maulid Nabi Untuk Anak SD, Singkat Penuh Inspirasi 

Usia remaja merupakan usia yang rentan karena keingintahuannya yang tinggi, sehingga sering kali dimanfaatkan oleh pengedar narkoba untuk mengonsumsi narkoba.

Mereka membujuk remaja untuk mengonsumsi narkoba dengan alasan akan terlihat keren jika menggunakan narkoba.

Namun, narkoba justru hanya membawa pengaruh buruk pada remaja, seperti merusak organ tubuh, membuat kehilangan kemampuan berpikir, dan konsentrasi terganggu.

Karena banyak sekali pengaruh buruk dari narkoba, alangkah baiknya jika kita menjauhi obat-obatan terlarang dan mengisi waktu luang kita dengan hal-hal yang bermanfaat.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga kita semua terhindar dari bahaya narkoba yang mengintai.

2. Pidato Singkat tentang Narkoba II

Bapak Kepala sekolah SMPN 31 Jakarta yang saya hormati,

Hadirin sekalian para guru SMPN 31 Jakarta yang saya hormati,

Karyawan dan pekerja SMPN 31 Jakarta yang saya hormati dan

Teman-temanku yang sangat aku cintai.

Di pagi yang cerah ini tidak ada yang bisa kita ucapkan selain syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kepada kita semua rahmat dan hidayah untuk ikut serta dalam kesempatan berbahagia ini penyuluhan bahaya narkoba bagi kesehatan dalam keadaan baik.

Tidak lupa kami panjatkan shalawat dan salam kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kita semua petunjuk, arahan dan teladan untuk tetap berada di jalan yang benar yaitu agama Islam yang kita yakini sebagai kebenaran.

Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru serta teman-teman yang berbahagia

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin berbagi pengertian dan bahaya/dampak buruk narkoba di Indonesia karena jumlah pengguna narkoba yang sangat tinggi akibat lemahnya penegakan hukum narkoba.

Di Indonesia, para pengedar narkoba internasional bisa bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan mendapat untung besar. Di sini kami memberi tahu Anda apa itu narkoba? Narkoba atau singkatan dari Narkotika,Psikotropika dan Bahan adiktif ini adalah bahan/zat yg jika dimasukkan kedalam tubuh dapat membuat seseorang merasa tinggi atau ngefly serta menimbulkan efek halusinasi dan ketergantungan.

Disini kami juga memberitahu Anda apa obat-obatan terlarang itu. Beberapa jenis narkoba adalah Narkotika, Psikotropika. dan zat adiktif. Contoh Narkotika :Morfin, heroin, kokain, dll. Contoh zat psikotropika: Ekstasi, methamphetamine dan nipam. Contoh zat adiktif: alkohol, nikotin dan lainnya. Kami juga menjelaskan apa saja bahaya/dampak negatif bagi kesehatan tubuh yaitu narkoba dapat merusak sistem peredaran darah, merusak sistem saraf pusat, merusak sistem imun tubuh dan juga merubah. Masih banyak bahaya yang terkait dengan penggunaan narkoba.

Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru serta teman-teman yang berbahagia

Di sini kami memberikan saran untuk menghindari narkoba melalui kegiatan yang sehat, seperti berolahraga atau bergabung dengan kelompok pemuda, mengadakan kegiatan kreatif dan positif. Dan kita harus bisa memilih teman yang baik untuk dijadikan teman dan teman yang buruk untuk dijauhi. Saya berharap semua orang disini tidak menggunakan narkoba karena tidak baik untuk tubuh selain itu juga narkoba ilegal menurut hukum negara.

Bapak kepala sekolah dan Bapak/Ibu guru serta teman-teman saya,

Demikian yang dapat saya bagikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga pesan dari saya bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan kepada kita semua. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Terima kasih disampaikan kepada semua

3. Pidato Singkat tentang Narkoba III

Selamat siang hadirin semua, terima kasih sudah memberikan waktu pada saya untuk menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba.

Hingga saat ini, jumlah pengguna narkoba di Indonesia menjadi semakin meningkat, hal tersebut terjadi karena lemahnya penegakkan hukum di Indonesia.

Para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan besar dari berjualan narkoba.

Penyalahgunaan narkoba tentu dapat memberikan dampak negatif pada pengguna, seperti perubahan perilaku, gangguan kesehatan, dan menurunnya produktivitas.

Cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial dan tidak bergaul dengan pengguna narkoba lainnya.

Program lain yang dapat mencegah penyebaran narkoba adalah dengan mewaspadai tamu yang tak dikenal, melakukan razia dadakan, dan mengenali siswa-siswa yang mengonsumsi narkoba.

Namun, program-program tersebut tidak akan sepenuhnya menghilangkan peredaran narkoba di sekolah.

Oleh karena itu, marilah kita hindari dan ikut berpartisipasi dalam memberantas pencegahan narkoba agar pengguna narkoba di sekolah semakin berkurang.

Demikian pidato tentang narkoba yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata saya meminta maaf. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

4. Pidato Singkat tentang Narkoba IV

Halaman Berikutnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm