Siswa SMAN 1 Visit ke RSUD SSMA, Edukasi Operasional Rumah Sakit

21 September 2023 22:55 WIB
Siswa-siswa SMAN 1 Pontianak mendapat penjelasan dari petugas RSUD SSMA Kota Pontianak saat visit program ke rumah sakit tersebut.
Siswa-siswa SMAN 1 Pontianak mendapat penjelasan dari petugas RSUD SSMA Kota Pontianak saat visit program ke rumah sakit tersebut. ( Humas RSUD - SSMA )

Pontianak, Sonora.ID - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menerima kunjungan 35 siswa SMAN 1 Pontianak dalam rangka kegiatan Parent Teaching Day.

Wali Kelas XII D, Wiwi Lasmana S Pd menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan sekolah yang dilakukan setiap bulannya dan mulai berlaku tahun ajaran 2022-2023.

"Kunjungan ini juga bertujuan menjalin kerja sama antara sekolah dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SSMA Kota Pontianak dalam mendidik serta membentuk minat siswa-siswi," jelasnya. 

Baca Juga: Di Hadapan Ratusan Siswa SMAN 24 Bandung, OJK Jabar Paparkan Bahaya Pinjol Dan Investasi Ilegal

Dia menambahkan, kunjungan siswa-siswi dibagi menjadi tiga kelompok kecil. Mereka akan dibimbing untuk berkeliling, mulai dari ruang pendaftaran pasien, poliklinik rawat jalan, Instalasi Farmasi, Instalasi Radiologi, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Bedah Sentral, Instalasi Radiologi, Unit Hemodialisa, Unit Fisioterapi, laundry, Instalasi Gizi, kamar jenazah, tempat pembakaran sampah (incinerator) serta ruang rawat inap yang berada di lantai dua dan lantai tiga.

"Mereka akan mendapatkan pengetahuan mengenai fungsi masing-masing ruangan tersebut dari petugas rumah sakit," terang Wiwi.

Daffa, satu di antara murid yang mengikuti program tersebut, mengatakan banyak manfaat yang diperolehnya dengan mengikuti kunjungan ke RSUD SSMA antara lain bisa mengetahui tiap sudut rumah sakit, bagaimana proses dan alur pelayanan, mulai dari pendaftaran sampai pasien dirawat inap atau opname.

"Ternyata yang bekerja di rumah sakit itu bukan hanya dokter tapi ada juga perawat, ahli gizi, apoteker, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, tenaga IT, petugas di Unit Fisioterapis dan banyak lagi yang lainnya," ujarnya. 

Daffa mengaku pengetahuannya bertambah dan tak lupa pula ia mengucapkan terima kasih kepada pihak rumah sakit yang telah memfasilitasi kegiatan ini. 

"Dengan kegiatan ini wawasan kami semakin bertambah selain itu kami juga bisa mengenal lebih dekat kegiatan yang ada di Rumah Sakit Kota Pontianak," pungkasnya. 

Baca Juga: Upaya Tingkatkan Kesadaran Pajak, DJP Gelar Forum Edukasi Perpajakan 2023 di Medan

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm