Teks Berita: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh

2 Oktober 2023 14:15 WIB
Ilustrasi teks berita.
Ilustrasi teks berita. ( Pixabay/Krzysztof Pluta)

Sonora.ID - Teks berita menjadi salah satu jenis teks yang mungkin kerap kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Secara teori, ada banyak hal yang bisa dibahas dalam sebuah teks berita, yakni pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, juga contoh.

Pengertian Teks Berita

Secara umum, teks berita adalah teks yang bertujuan melakukan publiasi dengan berisi peristiwa yang terjadi diseluruh dunia.

Dijelaskan dalam Modul Ajar Bahas Indonesia oleh Dwi Oktaviyanti, S.Pd., teks berita juga dapat diartikan sebagai teks berisi segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan.

Baca Juga: 15 Contoh Teks Berita Singkat, Lengkap dengan Unsur 5W + 1H!

Struktur Teks Berita

Teks berita terdiri dari empat pilar, yakni:

  • Judul Berita: Dirancang untuk menarik perhatian pembaca dan merangkum pokok berita secara singkat, padat, jelas, dan menarik. Tujuannya adalah untuk membuat pembaca tertarik dan ingin membaca lebih lanjut.
  • Kepala Berita: Berisi informasi penting yang mencakup unsur 5W + 1H (what, who, where, when, why, dan how). Dalam kepala berita, kita dapat menemukan informasi tentang apa yang terjadi, di mana peristiwa itu terjadi, kapan peristiwa itu terjadi, siapa yang terlibat, mengapa peristiwa itu terjadi, dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Ini adalah bagian yang memberikan informasi inti dan pokok dari berita.
  • Tubuh Berita: Berisi penjelasan lebih rinci tentang informasi yang telah disajikan dalam kepala berita. Dalam tubuh berita, kita bisa menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Selain itu, bagian ini juga berisi latar belakang dan alasan di balik peristiwa tersebut. Tubuh berita lebih rinci, panjang, dan mendalam daripada kepala berita.
  • Ekor Berita: Ekor berita adalah bagian terakhir dalam struktur teks berita. Bagian ini biasanya berisi simpulan atau penutup berita yang bersifat tambahan. Meskipun ekor berita tidak selalu diperlukan, itu bisa berisi informasi tambahan atau konteks yang mendukung berita. Namun, jika dihilangkan, tidak akan mengubah substansi utama dari berita tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan teks berita umumnya dicirikan dengan penggunaan:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm