15 Contoh Teks Berita, Singkat dan Lengkap dengan Strukturnya

12 September 2023 14:40 WIB
Ilustrasi contoh teks berita
Ilustrasi contoh teks berita ( unsplash.com)

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang 25 contoh teks berita yang singkat dan sudah lengkap dengan strukturnya.

Teks berita merupakan jenis teks yang digunakan untuk memberikan laporan tercepat terkait ide atau fakta kepada masyarakat yang sifatnya faktual.

Kamu dapat mempelajari beberapa contoh teks berita untuk mempermudah kamu dalam menulis jenis teks ini.

Sebelum masuk ke dalam contoh teksnya, kamu dapat menyimak struktur teks berita berikut ini yang meliputi:

  1. Judul berita, memberikan gambaran isu atau hal yang dibahas dalam berita dengan kata kunci
  2. Kepala atau teras berita, berisikan inti dari berita yang ada di awal paragraf dan disajikan dengan unsur 'Apa', 'Di mana', 'Kapan', dan 'Siapa'
  3. Tubuh berita, berisikan penjelasan atau informasi untuk menjawab pertanyaan 'Mengapa' dan 'Bagaimana'
  4. Ekor berita, berisikan informasi tambahan dan jika dihilangkan pun tidak akan terlalu berpengaruh terhadap isi berita

Jika kamu sudah memahami strukturnya, kamu dapat langsung menyimak 25 contoh teks berita berikut ini yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber.

1. Teks Berita I

Baca Juga: 12 Contoh Teks Anekdot Bahasa Jawa, Lucu dan Menggelitik

Kasus Tinder Swindler Indonesia, Kerugian Korban Ditaksir Ratusan Juta

Kepala Berita

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tengah menyelidiki kasus penipuan lewat aplikasi kencan atau yang diidentikkan dengan film dokumenter berjudul The Tinder Swindler. Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut ada dua korban yang membuat laporan ke pihak berwajib. Ia juga membeberkan aksi penipuan itu terjadi pada tahun ini.

“Ini masih kita lakukan penyelidikan, di laporan itu ada dan saat ini kita lakukan serangkaian upaya penyelidikan oleh tim penyelidik Subdit Siber Polda Metro Jaya,” kata Ade di Polda Metro Jaya, Selasa (22/8).

Tubuh Berita

Ade menerangkan kasus penipuan ini bermula saat korban dan terduga pelaku berkenalan dalam sebuah aplikasi kencan. Dari perkenalan itu, keduanya intens berkomunikasi dan menjadi akrab.

Setelah itu, pelaku mulai melancarkan aksinya. Pelaku pun melakukan berbagai bujuk rayu hingga korban akhirnya terbuai.

“Pada akhirnya korban tertarik dengan iming-iming maupun rayuan, kemudian menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku,” ucap Ade.

“Iming-iming, rayuan, mengelabui korban untuk serahkan sejumlah uang yang merupakan janji dari pelaku ini membuat bisnis baru dan sebagainya,” sambungnya.

Ade menyebut aksi penipuan ini sebenarnya mirip dengan kasus-kasus pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah cara pelaku berkenalan dengan korban.

“Ini murni penipuan sebenarnya, sedangkan modus yang digunakan untuk masuk bisa bermacam hal ya, salah satunya tadi itu untuk mengenal korban lebih dalam, kemudian melakukan aksi rayu iming-iming dan sebagainya, kemudian barulah dilakukan aksi penipuan yang dimaksud,” tutur Ade.

Ekor Berita

Ade belum menjelaskan secara rinci soal aksi tipu daya pelaku dalam kasus tinder swindler ini. Ia hanya mengungkapkan kerugian yang diderita korban mencapai ratusan juta.

“Mungkin (kerugian) masih ratusan juta ya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Ade mengatakan proses penyelidikan masih terus dilakukan. Termasuk, mencari unsur pidana dalam laporan ini.

“Apabila nanti ditemukan peristiwa pidana, kita akan lakukan gelar perkara untuk menaikkan status dari lidik menjadi sidik, sekaligus penetapan tersangkanya,” pungkas Ade.

2. Teks Berita II

Boris Bokir Cerai dengan Irma Purba, Terungkap karena Ini

Kepala Berita:

Boris Bokir cerai dengan istrinya Irma Purba. Kabar perceraian itu bisa sampai terungkap karena komika berdarah Batak itu mengucapkan "mantan bini" dalam salah satu video podcast KUY Entertainment.

Tubuh Berita:

Dalam video berdurasi lebih dari 30 menit itu, Boris Bokir tengah berbincang dengan seorang kreator konten bernama Dedek Indi. Indi saat itu menceritakan pengalamannya menjadi pramugari di salah satu maskapai selama 4 tahun.

Selama bercerita, Boris begitu interaktif dengan Indi membahas soal penerbangan. Si konten kreator lantas bertanya kenapa pria kelahiran 1988 itu bisa sangat paham dengan profesi lamanya itu.

"Tahu, mantan bini saya pramugari. Mantan bini saya pramugari, jadi saya tahu," ucap Boris Bokir dalam video tersebut, seperti dilihat detikHot, Sabtu (8/7/2023).

Ucapannya itu langsung mendapat sorotan warganet. Pasalnya, selama ini, rumah tangga Boris Bokir dan Irma Purba nampaknya adem ayem saja. Namun, si "mantan bini" langsung gercep memberikan klarifikasi.

"Selamat pagi. Dikarenakan ramai video podcast papa Shalom (Boris) yang menyebut saya 'MANTAN' dan menjawab semua pertanyaan tentang hubungan saya dan papa Shalom saat ini," tulis Irma Purba dalam Instagram story-nya.

"Informasi terakhir yang saya terima dari beliau adalah kami SUDAH SAH BERPISAH (PN BANDUNG) dan sekarang proses dukcapil," sambungnya.

Wanita yang dulunya pramugari itu juga mengutip beberapa pertanyaan soal apa benar dalam adat Batak ada kata cerai dan Kristen bisa cerai. Irma Purba meminta pertanyaan itu kelak ditanyakan langsung ke Boris Bokir.

Ekor Berita:

Boris Bokir dan Irma Purba diketahui menikah pada 2017 silam. Dari hubungan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Shalomita Meister Manullang.

3. Teks Berita III

Tarif Rp24 Ribu Rute Terjauh LRT Dinilai Wajar

Kepala Berita

PENGAMAT transportasi Djoko Setijowarno mengungkapkan tarif LRT Jabodebek yang diputuskan oleh Kementerian Perhubungan sebesar Rp24 ribu untuk rute terjauh dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas sudah wajar dan sesuai. Angka tersebut sudah sesuai dengan perhitungan jarak tempuh yang mencapai 27,3 km serta sesuai kemampuan calon penumpang. 

“Ini sudah sesuai. Apalagi ini sudah disubsidi. Tanpa subsidi tarifnya Rp50 ribu,” kata Djoko saat dikonfirmasi Media Indonesia, Minggu (23/7). Djoko mengatakan, salah satu sasaran penumpang LRT Jabodebek merupakan warga perumahan yang tinggal di kawasan elit seperti Sentul, Bogor, hingga Kota Bekasi.

Tubuh Berita

Dalam sebuah survei kecil-kecilan yang pernah ia lakukan, warga Bekasi dan Bogor yang mengendarai mobil untuk bekerja ke Jakarta setiap hari rata-rata mengeluarkan biaya Rp75 ribu hingga Rp100 ribu per hari.

“Itu termasuk tarif tol, bensin, dan biaya parkir,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodebek (BPTJ) menyediakan layanan pengumpan atau ‘feeder’ dalam bentuk bus. BPTJ sebelumnya sudah memiliki layanan ini melalui bus JR Connexion. Penyediaan bus atau angkutan pengumpan ini juga bisa bekerja sama dengan pemda setempat yang wilayahnya dilalui oleh LRT Jabodebek.

 “Yang harus dilakukan adalah menekan ongkos dari rumah ke stasiun. Ini bisa dengan bus. Busnya wara-wiri saja dari komplek perumahan ke stasiun bayar Rp10 ribu. Ini sudah cukup menjanjikan bisa menekan,” tuturnya. 

Penyediaan bus pengumpan, dinilainya lebih efektif ketimbang menyediakan sarana kantong parkir atau ‘park and ride’. Sebab, berbeda dengan PT KCI yang memiliki lahan luas di beberapa area stasiunnya sehingga bisa menyediakan parkir, Kemenhub tidak memiliki lahan di sekitar stasiun-stasiun LRT Jabodebek yang bisa dijadikan lahan parkir.

4. Teks Berita IV

Asal Muasal Kata 'Bercyandya' yang Viral di TikTok

Kepala Berita:

Linimasa di TikTok kini dipenuhi dengan konten dengan sound "bercyandya", mulai dari konten kreator hingga para artis ikut menirukan kata-kata tersebut. Tapi tahukah detikers asal muasal celetukan tersebut?

Tubuh Berita:

Dilansir Wolipop, celetukan "bercyandya" itu pertama kali diunggah akun TikTok @thesadewa dengan video yang wawancara dengan dua mahasiswi baru Universitas Gajah Mada (UGM). Saat itu konten kreator tersebut, Danang, bertanya tentang pengalaman mereka masuk UGM.

Salah satu mahasiswi baru yang diketahui bernama Abigail kemudian menjawab pertanyaan Danang secara spontan.

"Jadi masuk UGM gampang atau susah?" tanya Danang.

"Nggak tahu, kita jalur hoki," kata teman Abigail.

"Jalur hoki betul, karena emang pinter aja," celetuk Abigail.

"Bercyandya, bercyandya," jawabnya lagi.

Hal itu pun ternyata mencuri perhatian netizen. Saat menjawab pertanyaan tersebut, ekspresi wajah dan nada bicara Abigail sambil mempelesetan kata bercanda menjadi 'bercyandya' pun viral di TikTok. Abigail juga menggerak-gerakkan tangannya saat menjawab. Hingga saat ini video tersebut telah ditayangkan lebih dari 42,5 juta kali.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm