8 Cerpen tentang Kemerdekaan, Membangkitkan Jiwa Patriotisme!

4 Oktober 2023 13:10 WIB
Ilustrasi cerpen tentang kemerdekaan
Ilustrasi cerpen tentang kemerdekaan ( freepik.com)

Sonora.ID - Berikut adalah 8 cerpen tentang kemerdekaan yang dapat membangkitkan jiwa patriotisme para pembacanya.

Cerita pendek (cerpen) menjadi salah satu karya sastra yang sangat cocok untuk dibaca di waktu senggang karena alur ceritanya yang singkat.

Adapun beberapa tema yang bisa dituangkan ke dalam cerpen, salah satunya adalah cerpen tentang kemerdekaan.

Cerpen dengan tema ini memiliki alur cerita yang dapat meningkatkan adrenaline dan membangkitkan jiwa patriotisme di dalam diri para pembacanya, lho!

Untuk itu, mari simak langsung 8 cerpen tentang kemerdekaan yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber.

1. Cerita Pendek tentang Kemerdekaan I

Baca Juga: 6 Cerita Pendek Bahasa Jawa tentang Kehidupan Sehari-hari dan Artinya

17 Agustus Telah Tiba!

Aku bernama Fajri, aku bersekolah di SD Nusa Bangsa. Kemarin bapak guru Budi telah mengumumkan bahwa siswa kelas 5 dan kelas 6 harus mengikuti upacara di lapangan Desa.

Hari ini pukul setengah lima pagi aku sudah bangun lalu mandi dan mempersiapkan segalanya. Ketika aku mulai menyetrika baju tak sengaja saku bajuku kemasukan setrika karena terlalu cepat hingga membuat saku baju robek.

Aku mulai bingung karena ini adalah seragamku satu satunya yang masih layak. Aku berpikir sejenak benda apa yang bisa menolongku sekarang. Agar saku baju ini bisa menempel kembali.

Aku tak ingin memberi tahu ibu. Aku tau ibu begitu sibuk dengan cetakan tempe-tempenya. Dan bahan membuat tempe sedang melambung tinggi kadang upah dari membuat tempe yang tak seberapa hanya cukup untuk kami makan.

Tak ada niatan aku untuk ingin mengganti seragam. Namun kini karena kecerobohanku saku bajunya terkoyak aku tidak tinggal diam karena ini sudah jam 6 pagi aku tak akan sempat untuk menjahitnya maka aku menggunakan double tip dari tempat pensilku.

Akhirnya benda itu dapat menolongku untuk sementara aku bisa ikut upacara bendera untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Hanya ini yang bisa aku lakukan ikut memeriahkan meski arti sebuah merdeka dari keluargaku yang lepas dari kemiskinan belum juga usai.

Kami masih terjajah dengan harga-harga yang melambung tinggi, kami masih terjajah dengan sulitnya mencari pekerjaan kami masih terjajah dengan kata kemiskinan.

2. Cerita Pendek tentang Kemerdekaan II

Perjuangan Rakyat Biasa

(Karya: Kirani Fitri)

Saudara dari Asia yang kami harapkan akan membebaskan kami dari kungkungan penjajahan Belanda, datang hanya untuk semakin memperburuk kehidupan kami yang ternyata kedatangannya hanya untuk mengeruk kekayaan alam Hindia Belanda untuk modal dan markas cadangan mereka selama Perang Dunia II.

Ayah, dan para warga Desa berusaha untuk melakukan perlawanan terhadap Jepang. Semua warga Desa saling bekerjasama untuk mengusir si Cahaya Asia yang membuat kami sengsara itu segera pergi dari Negara kami.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm