Dukung Percepatan Digitalisasi Didaerah

5 Oktober 2023 14:20 WIB
Pemerintah Kabupaten Berau
Pemerintah Kabupaten Berau ( )

Sonora.ID - Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, bersama gubernur, bupati dan wali kota se Indonesia, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (PPDD) Tahun 2023 di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (2/10/2023).

Rakornas bertajuk “Sinergi nasional, akselerasi digitalisasi daerah untuk Indonesia maju” dibuka secara resmi Wakil Presiden Republik Indonesia, Mak’ruf Amin.

Turut hadir sebagai pembicara Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Satgas PPDD, Airlangga Hartanto, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Dalm arahannya Wapres Mak’ruf Amin, meminta seluruh pemangku kepentingan dipusat dan didaerah untuk terus mendorong percepatan digitalisasi didaerah.

Pemerintah daerah agar segera menetapkan regulsasi sebagai tindaklanjut dari undang undang nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah dalam rangka penguatan kebijakan.

Wapres meminta kepada Kementerian Dalam Negeri membantu pemerintah daerah dalam menyusun regulasi dan pedoman dalam pengelolaan APBD. Diharapkan pemerintah daerah terus berinovasi dalam meningkatkan sumbangan retribusi daerah dengan melibatkan lembaga terkait, termasuk Satgas PPDD.

“Terus perkuat infrastruktur untuk perluasan jaringan komunikasi informasi, khususnya didaerah 3T,” ungkapnya.

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila Momen Refleksikan Penghayatan Nilai Pancasila

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, bersama gubernur, bupati dan wali kota se Indonesia, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (PPDD) Tahun 2023 di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (2/10/2023).

Sementara Menko Perekonomian, Erlangga Hartarto, menyampaikan adanya urgensi mensinergikan berbagai inovasi, inisiatif bar, serta penguatan kebijakan diberbagai kementerian lembaga dalam kurun waktu 2022 hingga 2023 untuk mendukung penguatan kebijakan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.

Sinergi penguatan kebijakan digitalisasi daerah, diantaranya penguatan ekosistem digitalisasi BPD, perluasan digitalisasi pembayaran qris;kk, penguatan sapras, penguatan regulasi lokal taxing power, penguatan SPBE, penguatan monev dan koordinasi, penguatan perencanaan digitalisasi daerah, penguatan digitalisasi belanja pemerintah daerah, serta penguatan sistem SIPD-RI dan SIP2DD.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Maa, usai mengikuti Rakornas, menegaskan komitmen Pemkab Berau dalam mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Apa yang telah diarahkan wakil presiden dan menteri menjadi perhatian serius didaerah.

Bupati telah meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk terus memperkuat regulasi sesuai yang diarahkan kementerian. Termasuk membangun sinergi dengan berbagai lembaga maupun perbankan didaerah.

“Kita dirangsang dan terus didorong percepatan digitalisasi, tentu ini sudah dan terus kita lakukan, menjadi komitmen bersama untuk dipercepat sesuai yang diarahkan pemerintah pusat,” tandasnya.

Baca Juga: Wabup Dampingi Ketua Tim Wasev TMMD Melihat Langsung Progres Kegiatan Di Kampung Melati Jaya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm