Dies Natalis ke-64, Untar Tegaskan Konsisten Cetak SDM Unggul

15 Oktober 2023 12:30 WIB
Dies Natalis ke-64, Untar Tegaskan Konsisten Cetak SDM Unggul
Dies Natalis ke-64, Untar Tegaskan Konsisten Cetak SDM Unggul ( Saortoa Marbun)
 
Sonora.ID - Peningkatan kualitas SDM yang baik pada masa yang akan datang perlu konsisten dipersiapkan. Apalagi menyongsong Indonesia Emas pada 2045, tonggak membangun SDM berkualitas ada pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E. mengatakan Untar terus mempersiapkan mahasiswanya agar dapat berkontribusi lebih besar lagi untuk pembangunan nasional.
 
“Kontribusi Untar dalam Perguruan Tinggi sangat diharapkan karena Indonesia membutuhkan SDM unggul untuk menyambut Indonesia emas. Kita persiapkan anak-anak kita yang studi  S1, S2 dan S3 untuk bisa berperan setra berkontribusi positif di dalam Pembangunan Indonesia khususnya dalam menyambut Indonesia emas tahun 2045,” ujarnya dalam sambutan acara Dies Natalis ke-64 Untar di Kampus Universitas Tarumanagara, Jakarta, Sabtu (14/10).
 
Menurut Rektor Untar Prof. Agustinus, potensi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi terbesar pada saatnya nanti. 
 
 
“Kita juga tahu luar biasa berita tentang potensi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi terbesar pada saatnya nanti. Oleh karena itu harus menjadi kontribusi kita semua,” tambahnya.
 
Ia menegaskan, untuk mewujudkan Indonesia Emas  telah sesuai dengan tagline ulang tahun Untar ke-64 yakni “Untar untuk Indonesia, Untar untuk Dunia, Untar Selalu di Hati”. Tagline tersebut kata Prof. Agustinus dapat terealisasi jika ada partisipasi yang kuat dari suluruh civitas akademika Untar. 
 
“Ini tidak mudah tantangannya besar tapi saya yakin dengan kebersamaan kita semua kita bisa meraih itu,” sambung Prof. Agustinus.
 
Di akhir sambutannya, Prof. Agustinus menyampaikan terima kasih atas dukungan  dari mitra-mitra Untar Pernyataan terima kasih ini mencerminkan semangat dan komitmen Untar untuk terus memperkuat hubungan dengan para mitra dalam upaya mencapai prestasi yang lebih tinggi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. 
 
“Kami juga mohon dukungan Bapak/Ibu, para mitra Untar khususnya kepada LLDIKTI kepada Kodim, kepada Polres, Polsek, Kelurahan, Kecamatan Grogol dan juga tetangga kami, semoga keberadaan kami terus dapat didukung, disemangati dan terus berkolaborasi sehingga kita bisa mempersembahkan yang terbaik untuk pendidikan  tinggi,” tandas Prof. Agustinus.
 
Di kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H mengapresiasi seluruh civitas akademika yang telah membesarkan nama Untar.
 
“Kami percaya Universitas Tarumanagara bisa sebesar ini berkat dukungan pimpinan universitas, fakultas, program study beserta seluruh Bapak Ibu yang hadir di sini,” kata Gunadi.
 
Gunadi  berharap di usia ke 64 tahun, Untar dapat terus membuktikan dirinya sebagai Perguruan Tinggi yang senantiasa berbakti kepada masyarakat.
 
 
“64 tahun Universitas Tarumanagara yang sebesar ini, mohon dijaga oleh kita semua. Peliharalah kekompakan, solidaritas diantara kita, segenap karyawan, dosen dan unsur semua yang ada di lingkungan Untar,” ujarnya.
 
Perayaan Dies Natalis ke-64 juga dihadiri dosen, karyawan mahasiswa, perwakilan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) III, dan para mitra Untar yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah. Perayaan diawali dengan kegiatan gerak jalan sehat  yang menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer. Kemudian dilanjutkan senam bersama dan pesta rakyat yang melibatkan UMKM binaan Untar.
 
Pada perayaan ini, Untar menyelenggarakan jalan dan senam sehat, potong tumpeng serta doa bersama dengan 5 agama. Selain itu, Untar memperkenalkan para mahasiswa asing dari berbagai negara yang sedang menjalankan program pertukaran mahasiswa. Para mahasiswa asing yang berasal dari Jerman dan Tiongkok ini juga memberikan testimoninya tentang Untar maupun Indonesia.
 
Sebelumnya, Untar juga telah menyelenggarakan  kegiatan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-64, diantaranya Lomba Karawitan tingkat nasional untuk pelajar pada 23 Agustus lalu.
 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm