Wakil Bupati Berau Buka Acara Deklarasi Kampung Pulau Besing Bebas Tuberkulosis

17 Oktober 2023 12:58 WIB
Pemkab Berau Pertahankan Opini WTP Hasil Pemeriksaan BPK RI, Keenam Kali Berturut Turut
Pemkab Berau Pertahankan Opini WTP Hasil Pemeriksaan BPK RI, Keenam Kali Berturut Turut ( Smart FM Balikpapan)

Sonora.ID – Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah dengan mengatasi masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

Pemerintah kabupaten Berau dengan gencar melaksanakan program peningkatan/pembangunan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah pencegahan dan penanggulangan penyakit TB.

Kondisi di Berau saat ini masih perlu ditingkatkan angka penemuan Tuberkulosis (TB) di masyarakat sehingga dapat mencapai target yang diharapkan.

Pencegahan dan penanggulangan TB menjadi prioritas karena penyakit ini merupakan penyakit menular dan menjadi penyebab kematian utama nomor dua setelah stroke.

Sampai saat ini angka kesembuhan pengobatan TB di Berau sudah tinggi, bahkan tertinggi dari Tahun sebelumnya.
 
Bersamaan dengan hal tersebut Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kabupaten Berau menggelar Deklarasi Kampung Pulau Besing Bebas Tuberkulosis, di halaman Kantor Kepala Kampung Pulau Besing Senin, (16/10/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Berau, H, Galamis, didaminggi Ketua PPTI Berau, Hj. Sri Aslinda Gamalis, para pejabat pemerintah, perwakilan organisasi kesehatan, tenaga medis, Kepala Kampung, serta masyarakat Kampung Pulau Besing.

Selain deklarasi, acara ini juga mengedepankan sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan dan penanggulangan Tuberkulosis.

Wakil Bupati Berau, H, Galamis, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Kampung Pulau Besing atas dedikasi dan kerja keras dalam mencapai status kampung bebas tuberkulosis.

Wakil Bupati Berau Membuka Acara Deklarasi Kampung Pulau Besing Bebas Tuberkulosis,di halaman Kantor Kepala Kampung Pulau Besing Senin, (16/10/2023).

Wabub juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak-pihak terkait dalam memerangi penyakit yang telah mengganggu kesehatan masyarakat selama ini.

Hal ini pun sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang menjadikan program penanggulangan Tuberkulosis sebagai Program Prioritas Nasional dan termasuk dalam salah satu aspek Standar Pelayanan Minimal.

Dengan demikian, program ini juga harus kita laksanakan, apalagi kasus TB di Kabupaten Berau cukup tinggi, yaitu sekitar 400 lebih kasus pada tahun ini, namun disisi lain kita patut bersyukur, bahwasanya Kampung Pulau Besing saat ini menjadi kampung yang bebas Tuberkulosis.

"Situasi ini dapat terus kita pertahankan kita perhatikan,selain itu Kampung Pulau Besing bisa menjadi percontohan bagi Kampung lainnya agar dapat terhindar dari TB dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,"harap Wakil Bupati Berau.

Komitmen penuh dari semua pihak, mulai dari masyarakat hingga pemerintah, menjadi kunci untuk mencapai visi Kabupaten Berau yang bebas tuberkulosis secara menyeluruh.

Semoga langkah positif ini akan memberikan dampak signifikan dalam memajukan kesehatan masyarakat dan menciptakan kampung-kampung sehat di seluruh wilayah Berau.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kunjungi Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIYProkopim Setkab dan Jurnalis Berau Ikuti Studi Pembelajaran Jurnalistik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm