Pertumbuhan Ekonomi Positif, BI Riau: Perekonomian Riau Diperkirakan Akan Tumbuh di Atas Rata-Rata

18 Oktober 2023 18:29 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Positif, BI Riau: Perekonomian Riau Diperkirakan Akan Tumbuh di Atas Rata-Rata
Pertumbuhan Ekonomi Positif, BI Riau: Perekonomian Riau Diperkirakan Akan Tumbuh di Atas Rata-Rata ( )

Pekanbaru, Sonora.ID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau melaksanakan Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Riau periode semester I 2023 pada selasa (17/10/2023).

Pada kesempatan yang sama, KPw BI Provinsi Riau melaksanakan sosialisasi Bauran Kebijakan Bank Indonesia terkini kepada para stakeholders, yaitu Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan Implementasi PP No. 36/2023 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE) Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Muhamad Nur selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau menyampaikan optimisme terhadap perekonomian Riau yang tumbuh tinggi, didorong aktivitas produksi dan investasi yang terus meningkat.

Kondisi pertumbuhan ekonomi yang positif didukung pencapaian inflasi yang terkendali sesuai target, tidak terlepas dari inovasi dan sinergi dengan berbagai stakeholders, termasuk penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dalam menahan gejolak inflasi volatile food akibat risiko El Nino ujar M. Nur.

Ia menambahkan Ke depannya, perekonomian Riau diperkirakan akan tumbuh di atas rata-rata historisnya disertai inflasi yang tetap terkendali.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Bauran Kebijakan BI mengenai Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), dibawakan oleh Bpk. Muh. Sahirul Alim selaku perwakilan dari Departemen Pengelolaan Moneter (DPM).

SRBI merupakan instrumen kebijakan yang Pro-Market dalam rangka memperkuat upaya pendalaman pasar uang, mendukung upaya menarik aliran masuk modal asing dalam bentuk investasi portofolio, serta untuk optimalisasi aset Surat Berharga Negara (SBN) yang dimiliki Bank Indonesia sebagai Underlying Asset.

Lalu materi mengenai Implementasi PP No. 36/2023 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE) dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA), dibawakan oleh Bpk. Dicky Prihandana selaku perwakilan dari Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan (DPKL) Bank Indonesia.

Sosialisasi tersebut sejalan dengan penyampaian ketentuan baru mengenai pelaporan DHE dan DPI sebagaimana tertuang dalam PBI No.7 Tahun 2023 dengan maksud untuk me-refresh pemahaman peserta mengenai pengawasan DHE dan DPI yang dilakukan Bank Indonesia.

Kegiatan ini dapat menjadi momen peningkatan wawasan yang lebih luas bagi pelaku usaha, akademisi, perbankan, serta mitra strategis KPw BI Provinsi Riau terkait perkembangan terkini dan outlook ekonomi ke depan, serta inovasi kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Masuk Top 3 Genre Award 2023, PIK R Smart Riau Siap Jadi Percontohan di Tingkat Nasional

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm