ITB Indragiri Tandatangani Kerjasama Pembentukan TAX Center Bersama Kanwil DJP Riau, ITB Indragiri: Siap Jadi Kitra DJP Dalam Perluas Informasi Perpajakan

22 September 2023 16:00 WIB
( )

Sonora.ID - Dalam meningkatkan kesdaran dan perluasan informasi terkait perpajakan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri bersama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pembentukan Tax Center ITB Indragiri di ITB Indragiri, Selasa (19/92023).

Tax Center adalah pusat informasi, pendidikan, penelitian dan pelatihan perpajakan yang mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk mengerti hak dan kewajiban perpajakannya sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan kemandirian bangsa.

Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sosialisasi, layanan dan konsultasi perpajakan di Provinsi Riau.

Baca Juga: Kanwil DJP Sumsel Babel Blokir Rekening 107 Wajib Pajak

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari, Rektor ITB Indragiri Raja Marwan Indra Saputra, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Rengat Tulus Hadi Utomo, Wakil Rektor I dan II ITB Indragiri, beberapa pejabat Kanwil DJP Riau serta mahasiwa/I di ITB Indragiri.

Mengawali acara, Rektor ITB Indragiri menyampaikan apresiasi atas kesempatan kuliah umum dan penandatanganan perjanjian kerja sama ini. 

“Kami menyambut baik kerjasama antara DJP dan ITB Indragiri ini. Semoga melalui kerjasama ini nantinya akan membawa hal baik bagi kedua belah pihak. Hari ini juga merupakan kesempatan spesial dimana Kepala Kanwil DJP Riau langsung hadir untuk memberikan ilmu kepada kita mengenai pentingnya pajak. Terakhir, semoga melalui kerjasama ini anak-anak kami di ITB Indragiri dapat memberikan pengabdian nyata kepada masyarakat,” ujar Marwan.

Usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, Ahmad Djamhari melanjutkan kegiatan dengan memberikan kuliah umum kepada mahasiwa/I di ITB Indragiri. 

“Generasi milenial saat ini adalah calon generasi emas Indonesia. Sekitar 20-25 tahun lagi atau sekitar tahun 2045, 60% dari proyeksi jumlah penduduk Indonesia pada saat itu yang berjumlah sekitar 297 juta jiwa akan berada di usia produktif. Bayangkan jika 60% generasi emas tersebut taat membayar pajak, maka Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan meningkat berkali-kali lipat, pembangunan negara akan melesat dan fasilitas yang diberikan negara akan semakin bermanfaat,” ujar Ahmad.

Baca Juga: Kanwil DJP Sumut l Serahkan Tersangka dan Barang Bukti Penggelapan Pajak ke Kejatisu

Mengakhiri kuliah umum, Ahmad mengapresiasi para mahasiswa yang menjawab pertanyaan seputar perpajakan dalam bentuk souvenir.

Selain itu, untuk mengukur pemahaman mahasiswa, Kanwil DJP Riau juga mengadakan Mini Quiz Perpajakan berhadiah yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan. 

Diakhir kegiatan, Kanwil DJP Riau dan ITB Indragiri saling bertukar cinderamata serta melakukan foto bersama dengan seluruh peserta kegiatan.

Kuliah umum semacam ini nantinya akan dilakukan secara berkelanjutan mengingat pemahaman generasi muda terhadap pentingnya pajak perlu ditanamkan sejak dini.

Baca Juga: Kakanwil Jaktim dan Tim Jadi Narasumber Acara Wira Wiri UNJ

PenulisAdi Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm