DJP Bersama DINKOP Sragen Sosialisasikan Masalah Permodalan UKM

31 Agustus 2023 20:29 WIB
UKM di Sragen sosialisasi perpajakan
UKM di Sragen sosialisasi perpajakan ( P2Humas DJP Jateng II)

Sonora.ID – Kanwil DJP Jawa Tengah II berharap dengan adanya sinergi bersama pemerintah daerah dalam rangka mendorong UKM di wilayah Jawa Tengah untuk permodalan/pembiayaan UKM.

Hal ini dilakukan demi terwujudnya kesejahteraan dan kemajuan UKM di Jawa Tengah.

Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sragen menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Permodalan/Pembiayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Sragen yang diadakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskomindag) Kabupaten Sragen bertempat di Aula KPRI Sragen, Sragen (Selasa, 29/8).

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 UKM binaan Diskomindag Kabupaten Sragen yang mempunyai berbagai macam jenis usaha mulai dari makanan, minuman herbal, hingga kerajinan tangan.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Perindustrian Octafianto Setyawan mewakili Kepala oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Sragen.
Dalam sambutannya Octafianto berharap dengan adanya materi mengenai perpajakan UKM bisa menjadi lebih paham.

“Melalui kegiatan ini kami berharap bapak ibu dapat memahami materi yang disampaiakan salah satunya mengenai perpajakan, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan apabila selama ini ada yang belum paham bisa ditanyakan langsung,” ujar Octafianto.

Andriani Retno Kusumoastuti Kepala KP2KP Sragen menjadi narasumber dalam kegiatan ini dengan membawakan materi mengenai kewajiban pajak bagi UKM.

“Jadi bapak ibu apabila sudah mempunyai NPWP kewajiban pajaknya yaitu hitung, setor dan lapor dilakukan sendiri oleh bapak ibu karena di Indonesia ini menganut sistem perpajakan self assessment,” jelas Andriani.

Andriani juga menjelaskan mengenai batasan penghasilan bruto (omzet) yang tidak dikenakan pajak bagi WP OP UMKM.

Selain itu, Andriani juga mengingatkan bagi UKM yang belum menyampaikan laporan SPT Tahunan untuk segera lapor.

Kegiatan ini merupakan upaya sinergi KP2KP Sragen dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Sragen.
#PajakKitaUntukKita

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Bendahara Desa di Karanganyar Terima Apresiasi dari DJP Jateng II

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm