Adakan LCTP, DJP Riau: Pengetahuan Perpajakan Harus di Tanamkan Sedini Mungkin Dikalangan Pelajar

16 Agustus 2023 10:00 WIB
Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari
Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari ( )

Pekanbaru, Sonora.ID - Kanwil DJP Riau beserta seluruh Kantor Pelayanan Pajak di Lingkungan Kanwil DJP Riau menyelenggarakan Lomba Cepat Tepat Perpajakan (LCTP) yang di selenggarakan pada bulan Agustus.

Dalam menyukseskan LCTP Kanwil DJP Riau bekerjasama dengan Dinas Pendidikan di Provinsi Riau, Kantor Wilayah Kementrian Agama Riau dan Sekolah yang ada di Provinsi Riau.

Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari mengatakan, LCTP  merupakan bentuk kepedulian Direktorat Jenderal Pajak, khususnya Kanwil DJP Riau dalam melaksanakan Inklusi Perpajakan Tax Goes To School (TGTS) yang merupakan agenda tahunan DJP yang dikemas dalam bentuk lebih menarik dan kekinian.

‘’TGTS sendiri dilaksanakan pada hampir semua jenjang pendidikan mulai dari usia dini (TK dan PAUD), SD, SMP dan SMA. Namun sesuai dengan tujuan TGTS tersebut yaitu untuk memupuk rasa nasionalisme sekaligus menanamkan kesadaran mengenai arti penting pajak bagi pembangunan negara, maka TGTS di lingkungan Kanwil DJP Riau difokuskan bagi pelajar di level Sekolah Menengah keatas dan dikemas dalam bentuk Lomba Cepat Tepat Perpajakan,’’ jelasnya Rabu (9/8).

Lomba Cepat Tepat Perpajakan telah terlebih dahulu dilaksanakan oleh KPP Pratama Pangkalan Kerinci dan KP2KP Siak di Kabupaten Siak pada tahun 2019 sampai dengan 2022.

Baca Juga: OJK Sebut Edukasi Satu Perempuan sama dengan Mengedukasi Satu Generasi

Suksesnya penyelenggaraan LCTP di Kabupaten Siak membawa dampak baik bagi pelajar di Siak, oleh karena itu LCTP akan di laksanakan menjadi perlombaan tingkat provinsi.

Tujuan utama dari pelaksanaan LCTP adalah untuk mengedukasi perpajakan secara massif, memperkenalkan dasar perpajakan dalam bentuk yang menarik, memberikan konsep edukasi yang dinamis serta menciptakan Duta Perpajakan di kalangan pelajar di Provinsi Riau.

“Kegiatan ini dapat di ikuti oleh seluruh sekolah yang berada di Provinsi Riau. Lomba akan dilaksanakan dalam dua tahapan, pertama adalah seleksi tingkat Kabupaten Kota yang dilaksanakan dalam IV putaran. Dua tim terbaik dari setiap Kabupaten Kota nantinya akan mengikuti seleksi dan final pada tingkat Provinsi” terangnya.

Perlombaan akan dilaksanakan secara hybrid dimana seleksi tingkat Kabupaten Kota akan dilaksanakan secara daring, dan perlombaan di tingkat Provinsi akan dilaksanakan secara luring di Kota Pekanbaru. 

Materi yang dijadikan bahan untuk perlombaan nantinya akan membahas seputar perpajakan seperti Pengantar Ilmu Perpajakan, Surat Pemberitahuan (SPT) Orang Pribadi, dan Pajak Daerah. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol menyambut baik kegiatan tersebut. Terlebih Kanwil DJP Riau juga telah terlebih dahulu menggelar rapat teknis pelaksanaan LCTP bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Kanwil DJP Riau.

“Kegiatan ini akan lebih baik lagi jika dapat dilaksanakan pada bulan Agustus 2023, karena pada bulan ini kita juga akan merayakan Tahniah Provinsi Riau yang ke-66. Mengingat eskalasi lomba ke tingkat provinsi, maka sebaiknya juga melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya seperti Badan Pendapatan Daerah karena materi yang diperlombakan juga meliputi Pajak Daerah,” ujar Kamsol.

Terkait hadiah perlombaan, setiap Kabupaten Kota nantinya akan memberikan apresiasi dari masing-masing Kabupaten Kota dan untuk final di Provinsi rencananya akan diberikan uang pembinaan, piala dan sertifikat Kantor Wilayah DJP Riau dan Pala Bergilir dari Gubernur Riau.

Baca Juga: Gernas BBI dan BWI jadi Momen Perkuat UMKM dalam Menumbuhkan Perekonomian

PenulisAdi Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm