Masuk Top 3 Genre Award 2023, PIK R Smart Riau Siap Jadi Percontohan di Tingkat Nasional

4 Oktober 2023 15:45 WIB
Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Smart lolos masuk sebagai Top 3 dalam lomba PIK-R Percontohan Tingkat Nasional tahun 2023
Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Smart lolos masuk sebagai Top 3 dalam lomba PIK-R Percontohan Tingkat Nasional tahun 2023 ( )

 

Riau, Sonora.ID - Setelah melalui seleksi ditingkat propinsi, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Smart lolos masuk sebagai Top 3 dalam lomba PIK-R Percontohan Tingkat Nasional tahun 2023 kategori 20-24 tahun "berkolaborasi". PIK-R Smart ini nantinya akan mewakili Riau di acara puncak Adu Jaknas tahun 2023 yang akan digelar di Semarang pada 28 Oktober nanti.

Dikatakan Kepala Perwakilan BKKBN Riau, Mardalena Wati Yulia yang diwakili oleh Ketua Pokja KS PK Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Said Masri bahwa sebelum melakukan tahapan penilaian tingkat pusat tentunya para finalis ini sudah melalui penilaian ditingkat propinsi. kegiatan ini sebagai wadah bagi para remaja dalam menuangkan bakat dan kreatifitasnya dan tentunya ini perlu dilakukan pembinaan dan dukungan dari semua pihak secara terus menerus.

"Alhamdulillah, seluruh remaja yang tergabung dalam PIK-R ini cukup aktif diberbagai kegiatan dan ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kita, karena membawa nama Riau dikancah nasional. Apalagi PIK-R Smart masuk dalam Top 3 memperebutkan juara di Semarang nanti,"ujar Said, disela acara Penilaian dan Verifikasi Lapangan Top 3 GenRe Award tahun 2023, di kantor PKBI, Selasa (3/10).

Menurutnya, PIK-R Smart sudah memiliki nilai lebih, karena mampu berinisiasi sendiri, membentuk sendiri dan sehingga berkembang hingga saat ini. Dalam ajang ini Riau masuk dalam dua kategori yakni segmentasi berani yang diikuti oleh PIK-R Rega yang diikuti dari tingkat SMP usia 10-14 dan juga segmentasi berkolaborasi di usia 20-24. Diharapkan Riau menjadi percontohan dan menjadi juara di tingkat nasional sehingga program Genre di Riau dapat ditingkatkan dan dikembangkan lagi.

"Dengan terpilihnya PIK-R Smart ini sebagai perwakilan dari Riau, kita harapkan para remaja ini nantinya bisa benar-benar menjadi remaja yang diharapkan dan bisa menjadi contoh. Serta membantu program pemerintah dalam mencapai bonus demografi menuju Indonesia emas di 2045 mendatang,"ungkap Said.

Baca Juga: Kanwil DJP Riau Adakan Sita Serentak Terakhir di 2023: Semoga Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak

Dikesempatan yang sama, Ketua PIK-R Smart Riau, Sandiko Daris Prasetyo mengatakan dirinya sangat bersyukur karena masuk menjadi 3 Top PIK-R percontohan tingkat nasional. Hingga saat ini timnya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari mempersiapkan laporan, dokumentasi, menjalin kerjasama dan melakukan inovasi program kedepan.

"Kita siap untuk maju dalam ajang Top 3 nanti di Semarang, dan siap menjadi percontohan ditingkat nasional. Oleh sebab itu, tentunya kita akan terus lebih kreatif lagi dan berinovatif dengan terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Sehingga apapun nantinya program yang dijalankan bisa dikembangkan dan tidak stop disitu saja,"kata Sandiko.

Ia juga menambahkan, bahwa apa yang dilakukan oleh PIK-R Smart sangat mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik dari BKKBN Riau, PKBI Riau, pemerintah setempat, serta seluruh para remaja dan pelajar. "Kita juga bersyukur karena banyak para remaja yang ikut terlibat didalam kegiatan ini yakni berbagai latar belakang, baik kampus, SLB, maupun lembaga pembinaan lainnya dimana hingga Oktober sudah 1.200 remaja yang terlibat dari target 800 orang. Jadi jelang hari puncak di Semarang, kita berharap bisa menjadi percontohan ditingkat nasional dan kita akan terus memberikan edukasi dan sosialisasi karena sesuatu hal yang baik itu tidak berhenti dikita tapi terus dikembangkan kemanapun,"tambahnya.

Sementara itu, disela penilaian yang dilakukannya Analis Kebijakan Ahli Madya sekaligus Tim Penilai Verifikasi Lapangan Top 3 GenRe Award Tahun 2023, Asep Sopari SPd, MSc mengatakan bahwa penilaian verifikasi ini merupakan tahap akhir dari penilaian dari apresiasi PIK-R ditingkat nasional terutama segmentasi usia 20-24 tahun. Dimana pada awal sudah disebarkan kuisioner berupa link yang harus diisi baik berupa data administratif, seperti SK, usia pembentukan, SK pengurus, serta jumlah pengurus yang ikut pelatihan untuk peningkatan kapasitas tentang berbagai hal.

Baca Juga: ITB Indragiri Tandatangani Kerjasama Pembentukan TAX Center Bersama Kanwil DJP Riau, ITB Indragiri: Siap Jadi Kitra DJP Dalam Perluas Informasi Perpajakan

Selain itu, lanjutnya, penilaian juga dilakukan dari hasil pelaporan di aplikasi New SigA, dimana ini menjadi salah satu indikator seberapa sering dan aktif PIK-R melakukan pencatatan dan pelaporan ke New SiGA itu. Begitupula video profil serta testimoni dari penerima manfaat dari keberadaan PIK-R, yang dilihat melalui media sosial masing-masing apakah memang aktif sebagai dalam mengedukasi atau tidak.

"Mudah2an PIK-R Smart menjadi juara, apalagi diawal kehadiran kita sudah benar-benar melihat riil keberadaan PIK-R ini bahkan sudah dirasakan keseriusannya. Mulai dari ruangan, cara berkegiatan, cara mendapatkan dukungan stakeholder setempat, tetapi benar-benar ada kegiatannya nyata,"imbuhnya.

Senada hal tersebut, Ketua Pelaksana Adu Jaknas 2023 sekaligus Duta GenRe Indonesia Arya Atmaja menambahkan bahwa dalam ajang Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas GenRe Nasional (Adu Jaknas) 2023 ini memang digelar sedikit berbeda dari sebelumnya, dimana penilaian GenRe Award ini merupakan rangkaian dari kegiatan adu jaknas. Penilaian ini diberikan kepada mereka yang telah bergerilya dilapangan seperti PIK-R, Duta GenRe, forum genRe kabupaten kota dan propinsi.

"Jadi yang membedakan dari tahun sebelumnya, kita menggelar kegiatan ini lebih inclusive dimana pada tahun ini kegiatannya melibatkan kabupaten kota sedangkan sebelumnya tidak. Jadi penilaian2 ini diumumkan pada saat malam puncak yang akan digelar di Taman Indonesia Kaya di Semarang diarea outdoor dan tidak indoor seperti sebelumnya. Dengan menghadirkan menteri dan bunda genre dari berbagai propinsi,"jelasnya.

Baca Juga: Manajemen Talenta ASN Jadi Prioritas Nasional, Gubernur Riau: Tertuang dalam Pergub No 67 Tahun 2022

Arya juga menilai, kreatifitas PIK-R Smart Riau di kategori segmentasi kolaborasi ini sudah pantas menjadi PIK-R percontohan dalam penilaian verifikasi di lapangan, dilihat dari kelengkap datanya, bagaimana implementasinya diharapkan bisa menjadi terbaik di nasional. Apalagi dari Top 3 ini, mereka akan memperebutkan juara 1,2 dan 3 meski sebenarnya sudah juara. Nantinya, selain PIK-R dari Riau, dua lainnya yang ikut dalam ajang ini yakni PIK-R dari Sumbar dan PIK-M Plana dari Bali.

"Saya melihat dari Riau, sejak 3 tahun terakhir selalu mendominasi dari berbagai ajang, mulai dari koordinasi dengan seluruh PKB dan PLKB dan stakeholder lainnya. Oleh sebab itu, tentunya diharapkan nantinya PIK-R Smart dari Riau ini bisa terus konsisten merangkul seluruh pihak terkait dan menjaga kemitraannya sesuai dengan kategori yang diikutinya. Karena kita tidak mungkin bisa bergerak tanpa kolaborasi, Sehingga bisa menjadi percontohan utama bahwa kolaborasi dengan berbagai mitra itu sangatlah penting untuk bisa bergerak hingga sejauh ini,"pungkas  mahasiswa Universitas Jendral Sudirman di Jawa Tengah semester 7 ini.

PenulisAdi Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm