Tunjukkan Prestasi dan Wujudkan SDM Maju Berdaya Saing, di Ajang PORSENI Guru Se-Kaltim

22 November 2023 17:50 WIB
Peserta PORSENI Guru se Kaltim melintasi tribun kehormatan.
Peserta PORSENI Guru se Kaltim melintasi tribun kehormatan. ( )

Tenggarong, Sonora.ID – Pelaksana tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Guru tingkat Provinsi Kaltim, Rabu (22/11/23) di Halaman Kantor Bupati Kukar.
 
Hadir pada upacara itu Sekretaris Jenderal PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jakarta, usnrur Forum Koordinasi Pimpinan daerah Kaltim dan Kukar, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) se Kaltim, Kanwil Kemenag Kaltim, Ketua Dewan Pendidikan Kaltim-Kukar, Ketua dan Pengurus Pengurus Wilayah PGRI se Kaltim dan Kukar sebgai tuan rumah, Para Kontingen Porseni PGRI Kaltim terdiri atas Atlet, Official, dan Pendamping peserta sebanyak 613 orang.
 
Acara diawali dengan penampilan tari Jepen diiringi irama Tingkilan khas Kutai oleh pelajar Kukar, kemudian Marching Band mangawali defile kontingen peserta PORSENI Guru se Kaltim melintasi tribun kehormatan. Kemudian dilakukan penyerahan piala bergilir dari Kabupaten Berau (juara tahun lalu), kepada Panitia Pelaksana untuk diperebutkan.
 
Untuk diketahui, Pada PORESNI Guru tahun ini ada 12 Cabang yang dilombakan, terdiri dari lima cabang olahraga dan tujuh cabang seni termasuk Baca Al-Qur`an dan Kaligrafi.
Dalam amanat tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah yang dibacakan Dafip, PORSENI PGRI Kaltim 2023 yang dilaksanakan sejak 21-25 November 2023 di Kukar adalah satu rangkaian dengan kegiatan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, yang diharapkan tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antar pengurus dan anggota PGRI se Kaltim, namun dapat menjadi momentum penyamaan persepsi dan sinergi.
 
 
Marching Band mangawali defile kontingen peserta PORSENI Guru se Kaltim
 
Jika mencermati tema HGN tahun 2023 yaitu “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” maka Pemerintah melalui Kemendibudristek berkeinginan agar semua elemen bergerak serentak dalam menciptakan ruang pendidikan, dimana guru maupun siswa memiliki jiwa yang bebas dalam hal mengembangkan dan mengeksplorasi potensi, bakat serta kemampuan diri sendiri tanpa terkekang oleh aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pembelajaran.
 
Oleh karenanya, kata Dafip melalui kegiatan PORSENI PGRI Provinsi Kaltim ini, seluruh unsur Pengurus PGRI baik di tingkatan Pengurus Besar, Pengurus Wilayah Provinsi Kaltim, hingga seluruh unsur Pengurus Cabang PGRI se Provinsi Kaltim, diharapkan mampu menata langkah bersama guna berinovasi, berkarya, dan berbagi inspirasi dalam rangka menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik demi kemajuan pendidikan di Indonesia.
 
PGRI adalah mitra pemerintah dalam urusan pendidikan, khususnya di daerah-daerah. Berbekal semangat kolaborasi, Pemkab Kukar bersama Pengurus Cabang PGRI Kabupaten Kukar selama ini telah bersinergi dalam mengawal pembangunan SDM Kabupaten Kukar agar menjadi inovatif, berdaya saing dan mandiri.
Berbekal semangat kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat, maka diharapkan kerja kemitraan bersama Pengurus Cabang PGRI Kabupaten Kukar ini mampu meretas peta jalan SDM untuk mewujudkan visi misi Pemkab Kukar dalam tujuan pendidikan “Kukar Idaman”
Lebih lanjut disampaikannya, pada kegiatan PORSENI PGRI ini diharapkan agar Pengurus Cabang PGRI Kukar mampu menjadikan ajang silaturahmi ini untuk menggali potensi para guru anggota PGRI se Kaltim.
“Tunjukkan prestasi, sehingga guru-guru itu bukan hanya mahir di bidang intelektualitas dan profesional, namun juga pada bidang olahraga dan seni yang diperlombakan,” ujarnya.
 
Selain itu, tujuan pelaksanaan kegiatan PORSENI PGRI tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023 ini menjadi ajang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, kesehatan mental, emosional, dan sosial para guru anggota PGRI se Provinsi Kaltim.
“Semoga dengan kesuksesan penyelenggaraannya dapat dipetik manfaat guna membangun karakter individu dan sosial, serta mewujudkan SDM yang maju dan berdaya saing,” demikian ujarnya. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm