Selamat! Inilah Daftar Pemenang WJJC 2023 Yang Digelar BI Jabar

30 November 2023 15:17 WIB
Saat penganugerahan kepada pemenang WJCC 2023 di Kantor BI Jabar, Rabu (29/11/2023)/Dok. FDWB
Saat penganugerahan kepada pemenang WJCC 2023 di Kantor BI Jabar, Rabu (29/11/2023)/Dok. FDWB ( )
 
Bandung, Sonora.ID - Berbarengan dengan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023, Bank Indonesia Jawa Barat (BI Jabar) juga mengumumkan nama-nama pemenang dari West Java Journalist Competition (WJJC) 2023 yang sudah digelar untuk ketiga kalinya.
 
WJJC adalah merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan BI Jabar bekerja sama dengan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB). 
 
"Penyelenggaraan kompetisi bertujuan untuk memperkuat optimisme dan kontribusi masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui peran media," ucap Ketua FDWB Debbie Sutrisno yang juga jurnalis dari IDN Times, usai PTBI di Gedung BI Jabar, Rabu (29/11/2023).
 
 
Debbie mengebut, tahun ini WJCC mengusung tema "Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Berkesinambungan melalui Penguatan Domestik, Hilirisasi, Optimalisasi Peran UMKM dan Keuangan Syariah, Ekonomi Hijau dan Perluasan Ekosistem Digital". 
 
"Kompetisi dibagi dalam 3 kategori, yaitu kategori karya tulis, foto bercerita, dan video, yang dibuka untuk para jurnalis aktif di seluruh Jawa Barat," ungkap Debbie.
 
Adapun sub tema yang diperlombakan terdiri dari empat sub tema, yaitu: 
 

1. Peningkatan kinerja UMKM untuk mendukung hilirisasi pangan guna mendukung stabilitas harga dan menjaga pertumbhan ekonomi yang inklusif serta berkelanjutan.

2. Potensi ekonomi keuangan syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru dan pendukung stabilitas harga di Jawa Barat.

3. Pembiayaan dan investasi hijau untuk mendukung hilirisasi dan pembangunan ekonomi Jawa Barat yang inklusif dan berkelanjutan.

4. Penguatan ekosistem digital dalam mendorong hilirisasi dan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang berkesinambungan.

 
"Selama periode lomba dari Agustus 2023 sampai November 2023, panitia telah menerima lebih dari 100 karya dalam bentuk straight news, indepth news, feature, video, atau foto story," kata Debbie.
 
Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea, yang hadir dalam proses penjurian, menyambut baik kegiatan WJJC 2023 sebagai ajang untuk menampung ide, gagasan dan masukan dari insan jurnalis. 
 
"Karya insan jurnalis ini dapat menjadi salah satu  masukan bagi Bank Indonesia, pemerintah daerah beserta seluruh pemangku kepentingan dalam mempertajam kebijakan untuk memperkuat ketahanan pangan dan menciptakan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang makin berkualitas dan berkelanjutan," sebut Erwin dalam keterangan tertulis yang dirilis FDWB.
 
 
Erwin juga menegaskan bahwa karya para jurnalis yang ikut dalam lomba ini sangat berkualitas. Dengan karya yang dibuat para jurnalis, diharapkan setiap karya bisa memberikan dampak positif secara menyeluruh termasuk pada pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat.
 
"Jurnalis punya peran penting dalam menjaga dan menumbuhkan perekonomian masyarakat. Melalui karya yang dihasilkan diharap mampu berdampak pada usaha pemerintah termasuk Bank Indonesia menjaga perekonomian tetap tumbuh," kata Erwin.
 
Berikut juara West Java Journalist Competition 2023:
 
Kategori Karya Tulis
  • Juara 1, Faizal Amirudin (Detik.com) dengan judul karya "Jalan Berliku Perajin Mendong Tasikmalaya hingga Tembus Pasar Ekspor"
  • Juara 2, Bayu Adji P. (Republika) dengan judul karya " Membangun Kemandirian dan Keberlanjutan dengan Pertanian Organik"
  • Juara 3, Bima Bagaskara (Detik.com) dengan judul karya "Merawat Bumi Lewat Limbah Kulit dan Plastik, Akar Kini Melejit"
Kategori Foto Bercerita
  • Juara 1, Djuly Pamungkas (Ekschool.id) dengan judul karya "Petani Muda: Mereka yang Berani Berubah Haluan"
  • Juara 2, Prima Mulis (Bandung Bergerak) dengan judul karya "Gulma Eceng Gondok di Tangan Eman"
  • Juara 3, Ghani Kurniawan (Tribun Jabar) dengan judul karya "Rancabali Sentra Stroberi di Kabupaten Bandung"
Kategori Video
  • Juara 1, Dian Hardiana (Antara TV) dengan judul karya "Hasil Panen Terjamin Meski Cuaca Ekstrem Melalui Smart Farming"
  • Juara 2, Saifal (Metro TV) dengan judul karya "Peningkatan Kinerja UMKM dengan Teknologi untuk Pertumbuhan Ekonomi"
  • Juara 3, Siti Masithoh (Dialog Indonesia) dengan judul karya "Mengenal Pasarmu.id, Pasar Tradisional Digital Pertama di Cirebon"
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm