Belum Bisa Rehab Total, Jembatan Kuin Diperbaiki Sementara

5 Desember 2023 16:01 WIB
Pengerjaan jembatan kuin samping Masjid Sultan Suriansyah
Pengerjaan jembatan kuin samping Masjid Sultan Suriansyah ( Smart FM Banjarmasin/Juma)

Banjarmasin, Sonora.ID - Sejak 4 Desember lalu, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan rehabilitasi jembatan Kuin samping Masjid Sultan Suriansyah.

Penanganan sementara dilakukan, lantaran Pemko Banjarmasin belum menganggarkan perbaikan total jembatan di Kelurahan Kuin Utara itu di tahun ini.

Kondisi jembatan sebelumnya pun telah dikeluhkan warga, lantaran rusak dimakan usia.

Dimana banyak bagian yang sudah lapuk maupun terlepas, sehingga membahayakan masyarakat sekitar yang melintasinya.

"Untuk sekarang kita hanya melakukan rehab sementara. Karena memang kondisi nya sudah harus diperbaiki. Supaya tidak menimbulkan kecelakaan," ucap Kepala Dinas PUPR, Suri Sudarmadiyah, kepada Smart FM Banjarmasin. 

Ia mengatakan, perbaikan sementara adalah untuk menguatkan dan mengganti beberapa bagian yang sudah mulai lapuk dan rusak.

"Mungkin dari beberapa konstruksi kayu, dan jika ada besi-besi yang keluar akan kami perbaiki juga. Anggarannya sekitar dibawah Rp200 juta, untuk perbaikan sementara ini," lanjutnya.

Ia menambahkan, terkait dengan anggaran perbaikan yang akan dilakukan di tahun 2024 nilainya berkisar Rp6 miliar lebih.

Sebelumnya dikatakan olehnya, dalam perbaikan nantinya ia juga masih akan melihat, apakah nanti akan dibangun ulang total dan ditingkatkan menjadi jembatan beton.

Ataupun jika masih memungkinkan jembatan itu berdiri dengan pondasi yang sekarang, nantinya perbaikan akan dilakukan rehabilitasi pada beberapa bagian yang rusak.

"Untuk desain sendiri kemungkinan nanti tetap dibuat melengkung, hal ini agar menjaga tinggi permukaan air, sehingga terkait pasang surut tidak terganggu," pungkasnya.

Diketahui, untuk akses jalan ditutup sementara, dan dialihkan ke jalur alternatif lain seperti.

Yakni melewati Jembatan Patih Masih dan Jembatan Putih di sekitar kawasan Kuin Utara.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kunjungi Banjarmasin, Dubes Palestina Blak-Blak Soal Israel!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Sejak 4 Desember lalu, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan rehabilitasi jembatan Kuin samping Masjid Sultan Suriansyah.