40 Ucapan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia 2023 yang Sesuai Tema

9 Desember 2023 13:00 WIB
Kumpulan kata-kata atau ucapan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia tahun 2023 yang singkat, pendek, menarik, dan sesuai tema.
Kumpulan kata-kata atau ucapan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia tahun 2023 yang singkat, pendek, menarik, dan sesuai tema. ( Pexels)

Sonora,ID - Tanggal 10 Desember esok kita akan memperingati peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang ke-75.

Peringatan Hari HAM Sedunia secara internasional diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Sementara itu, di Indonesia peringatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI).

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ini memperingati diadopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia atau Universal Declaration of Human Rights (UDHR) oleh Majelis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 10 Desember 1948.

UDHR adalah dokumen tonggak sejarah HAM dunia, yang menyatakan hak-hak yang dimiliki setiap orang sebagai manusia terlepas dari ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, politik atau pendapat lain, asal kebangsaan atau sosial, properti, kelahiran atau status lainnya.

Untuk peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2023 diketahui bahwa PBB mengusung tema Freedom, Equality and Justice for All atau Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan untuk Semua.

Adapun Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia mengangkat tema nasional Hari HAM 2023, yakni Harmoni Dalam Keberagaman dengan tagar #BedauntukBersatu.

Berikut ini pun kumpulan ucapan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2023 yang singkat, pendek, menarik, dan sesuai tema.

Baca Juga: 40 Poster Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023: Sesuai Tema dan Menarik

Ucapan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia 2023 Sesuai Tema

  1. Setiap langkah kecil untuk membela hak asasi manusia membawa kita lebih dekat menuju dunia yang lebih adil. Selamat Hari HAM Sedunia 2023! 
  2. Dalam keberagaman, mari kita jaga kesatuan. Hak Asasi Manusia adalah panggilan untuk menghormati setiap warna, agama, dan kepercayaan. Selamat Hari HAM Sedunia! Harmoni Dalam Keberagaman!
  3. Di Hari HAM Sedunia, mari bersama-sama mengakhiri ketidakadilan dan kebrutalan. Kita semua memiliki peran dalam mewujudkan perdamaian dunia.
  4. Kebebasan bukanlah hak istimewa, tetapi hak dasar setiap manusia. Mari kita perjuangkan hak-hak itu bersama-sama. Selamat Hari HAM Sedunia!
  5. Dengan kekuatan cinta dan keadilan, kita dapat menciptakan dunia di mana hak asasi manusia dihormati oleh semua. Selamat Hari HAM Sedunia! Harmoni Dalam Keberagaman!
  6. Hak Asasi Manusia adalah panggilan moral untuk bertindak. Mari kita bersatu dan menjadi agen perubahan positif di dunia ini. Selamat Hari HAM Sedunia!
  7. There may be times when we are powerless to prevent Injustice, but there must never be a time when we fail to protest - Elie Wiesel.
  8. Hari HAM Sedunia adalah pengingat bahwa setiap individu layak diperlakukan dengan hormat dan adil. Mari jaga dan perjuangkan hak-hak ini bersama-sama.
  9.  Selamat Hari Hak Asasi Manusia. Hormati sesama manusia, walau ada perbedaan pendapat dan berbeda pikiran.
  10. Hak asasi Manusia (HAM) haruslah mempunyai Batasan-batasan yang jelas agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya dan tidak disalahgunakan untuk merendahkan manusia itu sendiri.
  11. Setiap manusia memiliki hak asasi yang sama, tanpa kecuali.
  12. Happy Human Rights Day, Selamat Hari Hak Asasi Manusia mari rayakan hari hak asasi manusia.
  13. Hari ini kita merayakan Hari Hak Asasi Manusia. Pada kesempatan ini kita tidak hanya memperingati kemajuan besar dalam kebebasan manusia melalui sejarah.
  14. Happy Human Rights Day, Mari kita bantu terciptanya kedamaian yang benar-benar aman dan kehidupan yang bermartabat.
  15. Menolak hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan mereka - Nelson Mandela.  
  16. Untuk menolak hak asasi manusia mereka adalah dengan menantang kemanusiaan mereka, Selamat hari HAM!
  17. Dengan memahami hak asasi manusia, kita mengukir jalan menuju kedamaian dan harmoni. Selamat memperingati Hari HAM Sedunia! Harmoni Dalam Keberagaman!
  18. Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2023! Kita bawa menjadi negara maju demi kebebasan manusia.
  19. Kita junjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia tanpa membedakan status, golongan, keturunan, jabatan. Selamat memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia!
  20. Selamat Hari Hak Asasi Manusia. Mari kita junjung tinggi penegakkan HAM di seluruh dunia.
  21. Umur sangat terbatas, tapi kemanusiaan dan kebaikan bisa lama dan abadi. Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia!
  22. Saat Manusia itu dilahirkan. Saat itu pula dia mempunyai Hak HAM.
  23. Tanggal ini dipilih untuk menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia, pada 10 Desember 1948. SATU BUMI TANPA DISKRIMINASI! BEDA UNTUK BERSATU!
  24. Setiap manusia yang dilahirkan mempunyai hak dasar yang sama tanpa memandang status, suku, bangsa, agama, gender, dan perbedaan lainnya. Selamat hari hak asasi dunia! Harmoni Dalam Keberagaman!
  25. Mari kita lindungi, penuhi dan hormati hak asasi manusia! Karena setiap orang mempunyai martabat dan hak-hak yang sama.
  26. Hak Asasi Manusia adalah cahaya yang membimbing kita dalam kegelapan ketidakadilan. Mari bersama-sama menjadikan dunia ini lebih terang. Selamat Hari HAM Sedunia 2023!
  27. The rights of every man are diminished when the rights of one man are threatened. - John F.Kennedy
  28. Happy Human Rights Day, Mari kita bantu terciptanya kedamaian yang benar-benar aman dan kehidupan yang bermartabat.
  29. Untuk menolak hak asasi manusia mereka adalah dengan menantang kemanusiaan mereka, Selamat hari HAM
  30. Mari nyatakan bahwa hak asasi manusia adalah hak untuk kita semua dan sepanjang waktu
  31. A right delayed is a right denied, Happy Human Rights Day
  32. Hak setiap orang berkurang ketika hak satu orang terancam, Selamat Hari HAM.
  33. There may be times when we are powerless to prevent injustice, but there must never be a time when we fail to protest.
  34. Tidak ada perdamaian abadi atau pembangunan berkelanjutan tanpa menghormati hak asasi manusia dan supremasi hukum.
  35. Hukum harus ditegakkan, HAM jangan dilupakan, Selamat Hari Hak Asasi Manusia!
  36. It means a great deal to those who are oppressed to know that they are not alone. Never let anyone tell you that what you are doing is insignificant. - Desmond Tutu
  37. Let us remember: one book, one pen, one child, and one teacher can change the world.- Malala Yousafzai.
  38. Activism works. So what I’m telling you to do now is to act. Because no one is too small to make a difference. -Greta Thunberg.
  39. Aku dilahirkan bebas dan setara. Aku berhak hidup dengan bebas dan aman. Aku berhak menginginkan orang lain memandangku tanpa mempedulikan ras, warna kulit, suku, atau pilihan politik. Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.
  40. Peringatan Hari HAM mengingatkan kita akan kekuatan kita untuk menghentikan ketidakadilan atau penyalahgunaan apapun oleh otoritas negara.

Itulah kumpulan kata-kata atau ucapan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia tahun 2023 yang dapat kamu bagikan ke media sosial.

Baca Juga: 50 Ucapan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 yang Sesuai Tema

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm