Ketua DWP Kominfo RI : Perempuan Perlu Menyiapkan Diri dari Ancaman Digital!

15 Desember 2023 14:00 WIB
Siaran pers dan foto : Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo
Siaran pers dan foto : Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo ( )

Sonora.ID - Ketua Dharma Wanita Persatuan Kominfo, Ilma Nugrahani Ismail  menegaskan perempuan Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam keluarga, maka sudah sepatutnya untuk menyiapkan diri dari ancaman digital.
 
Kita saling belajar edukasi, mengingatkan, dan memahami tentang literasi digital.
 
“Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan di indonesia, DWP memiliki standing position dan mengambil peran strategis untuk pembangunan nasional,” ujar Ilma di kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan ‘Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital’ yang berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023).
 
 
Ilma menambahkan hubungan interpersonal yang terbangun dalam Dharma Wanita Persatuan memudahkan pertukaran informasi dan mempererat hubungan di antara wanita.
 
Sehingga kegiatan talk show menjadi cara efektif untuk membuat informasi literasi digital tersebar dengan baik.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi S.Sos.,M.Si membawakan materi yang berkenaan dengan urgensi kaum perempuan dalam dunia digital.
 
Ia mengatakan sudah saat perempuan Indonesia memaksimalkan potensi penggunaan teknologi digital. 
 
“Sudah selayaknya kita jadikan momentum untuk perempuan indonesia merapatkan barisan
untuk mampu menginspirasi kaum perempuan agar pandai dan cakap untuk memaksimalkan potensi penggunaan teknologi digital,” ujar Menteri Budi.
 
Potensi penggunaan teknologi digital ini meliputi pengamanan data diri pribadi, kritis dalam menerima informasi, serta bijak dalam pemanfaatan teknologi.
 
 
Menteri Budi menjelaskan kemampuan literasi digital yang baik bagi wanita termasuk memahami dan menciptakan informasi yang bermanfaat melalui teknologi digital.
 
Hal ini dapat dimaksimalkan pula dengan pemahaman yang menyeluruh terhadap gadget yang dimiliki, serta
risiko dari keteledoran dan pengendalian diri yang buruk.
 
Menanggapi hal tersebut, Yosi Mokalu, figur publik pegiat literasi digital mengemas singkat.
 
Menurutnya, masyarakat umum harus belajar pengendalian terhadap gadget, tapi pengendalian diri juga sangat penting.
 
Yosi berharap dengan adanya kegiatan ini khususnya untuk perempuan dapat mengurangi risiko terhadap pencurian data pribadi dengan meningkatkan pengamanan mulai dari gadget sendiri.
 
Dilakukan penyuluhan terhadap pengaplikasian double authentication, pembuatan password yang kuat, dan edukasi pembudayaan check dan recheck informasi yang diterima. 
 
"Karena sejatinya, wanita sebagai makhluk pathos walaupun yang rentan juga merupakan figur pengawas dan pengayom yang sesungguhnya," ungkapnya
 
 
Sebagai informasi, Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan “Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital” merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).
 
Kegiatan ini dihadiri sebanyak kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari anggota OASE Kabinet Maju Indonesia, DWP
Kominfo, DWP Pusat, DWP K/L, dan DWP Dinas Kominfo dan karyawan perempuan di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm