Standar Pendidikan Sulsel Masih Rendah, JK: Harus Bikin Sekolah Unggulan

23 Desember 2023 11:32 WIB
Mantan Wakil Presiden RI,Jusuf Kalla saat memberi keterangan kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel
Mantan Wakil Presiden RI,Jusuf Kalla saat memberi keterangan kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Standar pendidikan di Sulsel masih rendah dibanding daerah lain di Indonesia.

Salah satu indikatornya, tak satupun SMA di Sulsel masuk dalam 100 sekolah terbaik nasional. Semua sekolah terbaik sebagian besar ada di Jakarta dan Pulau Jawa.

Hal itu disampaikan Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) saat hadir dalam Tudang Sipulung Pendidikan di Sulsel yang digelar di Kantor Gubernur Sulsel, belum lama ini.

Ketua PMI pusat itu menyebut, perlu dibuat sekolah unggulan untuk mendapatkan standar pendidikan yang sama di seluruh Indonesia.

"Sekolah yang masuk dalam 100 SMA terbaik kebanyakan di Jakarta dan Pulau Jawa. Kenapa harus bikin sekolah unggulan, supaya mendapatkan standar pendidikan yang sama di seluruh Indonesia," kata JK dalam pidatonya.

Ia mengatakan, Pemerintah perlu menyontoh sistem pendidikan di India. Pasalnya, pejabat maupun CEO perusahaan besar dunia sebagian besar merupakan keturunan India. Padahal mereka tidak sekolah di luar negeri, tetapi di negara sendiri.

"Kenapa kita tidak mencontoh India. Tidak ada daerah yang bisa maju tanpa sumber daya pendidikan. Saat ini, terjadi degradasi dunia pendidikan, jadi mari kita buka mata kita semua melihat pendidikan di Sulsel," pungkasnya.

Baca Juga: JK Dorong Pemprov Sulsel Serius Jalankan Program Budidaya Hortikultura

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin pada momentum tersebut menyampaikan rencananya membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hortikultura pertama di Sulsel.

Tak tanggung-tanggung, ia mengalokasikan anggaran sangat besar tahun depan untuk membangun sekolah tersebut.

"Pembangunan SMK Hortikultura kami sudah siapkan anggarannya Rp17 miliar," ungkap Bahtiar.

Tujuannya agar Sulsel memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam hal pengembangan bisnis hortikultura.

Secara khusus, Bahtiar mengapresiasi peran JK dalam dunia pendidikan. Termasuk menghadirkan Sekolah Islam Athirah di beberapa daerah di Sulsel, bahkan di DKI Jakarta.

"Luar biasa beliau sudah bikin Sekolah Islam Athirah di Bone, semua gratis. Dan Sekolah IsIam Athirah Bone masuk lima besar sekolah terbaik di Sulsel," terang Bahtiar.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm