50 Contoh Soal UTBK-SNBT 2024 Lengkap dengan Kunci Jawabannya

6 Januari 2024 15:25 WIB
Ilustrasi ujian
Ilustrasi ujian ( Pexels)

Sonora.ID - Simak 50 contoh soal UTBK-SNBT 2024 lengkap dengan kunci jawaban.

Kemdikbud telah mengumumkan jadwal pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, baik SNBP dan SNBT.

Adapun SNBT merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru 2024 berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilaksanakan dalam dua gelombang.

Jadwal SNBT 2024

  • Registrasi akun SNPMB siswa: 8 Januari-15 Februari 2024
  • Pendaftaran UTBK dan SNBT: 21 Maret-5 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK gelombang 1: 30 April-2 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK gelombang 2: 14-20 Mei 2024
  • Pengumuman hasil seleksi SNBT: 13 Juni 2024
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 17 Juni-31 Juli 2024

Secara garis besar, materi UTBK-SNBT 2023 terbagi menjadi dua komponen besar, yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Tes Potensi Skolastik terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, serta Pengetahuan Kuantitatif.

Tes Literasi mencakup literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris hingga Penalaran Matematika.

Berikut ini rincian subtes UTBK-SNBT 2024.

  • Literasi dalam Bahasa Indonesia: 30 soal (45 menit)
  • Literasi dalam Bahasa Inggris: 20 soal (30 menit)
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis: 20 soal (25 menit)
  • Penalaran Matematika: 20 soal (30 menit)
  • Penalaran Umum: 10 soal (30 menit)
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 20 soal (15 menit)
  • Pengetahuan Kuantitatif: 15 soal (20 menit)

Peserta akan mengerjakan 135 soal UTBK-SNBT 2024 selama 195 menit.

Meski pelaksanaan SNBT 2024 masih 3 bulan lagi, para peserta harus mempersiapkan diri dari sekarang agar bisa lolos seleksi dengan mengerjakan banyak contoh soal UTBK-SNBT 2024.

Berikut ini 50 contoh soal UTBK-SNBT 2024 lengkap dengan kunci jawaban yang dapat menjadi referensi siswa.

Baca Juga: Jadwal Lengkap SNPMB 2024 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

  • Literasi dalam Bahasa Indonesia

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1-3.

(1) Sebuah penelitian dari University of Manchester mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi terhadap kesehatan mental yang buruk di Indonesia. (2) Para peneliti menyurvei 22.423 individu berusia 20 tahun ke atas yang menggunakan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial membahayakan kesehatan mental orang dewasa. (4) Peningkatan satu standar deviasi dalam penggunaan media sosial oleh orang dewasa setara dengan peningkatan 9 persen dalam skor CES-D (Center for Epidemiologic Studies Depression Scale) yang merupakan alat ukur untuk gejala depresi.

    (5) Berdasarkan survei Riset Kesehatan Dasar Indonesia terbaru, prevalensi individu dengan gangguan jiwa karena media sosial di tanah air diperkirakan 11,8 juta orang. (6) Hal ini menunjukkan bahwa teknologi dapat memiliki sisi negatif. (7) Oleh karena itu, pejabat kesehatan masyarakat harus berpikir kreatif untuk menemukan cara agar masyarakat menyadari konsekuensi negatif dari media sosial. (8) Pengguna media sosial daring juga harus bijak dalam menggunakan media sosial untuk mencegah peningkatan penyakit mental. 

1. Bacaan tersebut tersusun atas beberapa kalimat yang membahas kontribusi media sosial terhadap kesehatan mental masyarakat Indonesia. Informasi-informasi dalam bacaan itu saling berkaitan, termasuk pada kalimat (2) dan (3). Jika kamu membaca dengan saksama, hubungan apa yang terdapat di antara kalimat (2) dan kalimat (3)?  

A. Hubungan pemerincian dari penelitian terkait penggunaan media sosial yang membahayakan kesehatan mental individu yang berusia 20 tahun ke atas di Indonesia.
B. Hubungan pembuktian terkait hasil survei yang dilakukan University of Manchester tentang media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya terhadap kesehatan mental masyarakat Indonesia.
C. Hubungan penambahan informasi yang berkaitan dengan penggunaan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya dan dampaknya terhadap kesehatan mental.
D. Hubungan penegasan dari informasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni mengenai survei dampak penggunaan media sosial terhadap kesehatan mental masyarakat Indonesia.
E. Hubungan penjelasan dari informasi yang memuat survei terhadap 22.423 individu berusia 20 tahun ke atas yang menggunakan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya.

Jawaban: E

2. Bagaimana sikap penulis dalam bacaan tersebut?

A. Prihatin karena penggunaan media sosial yang berlebihan berdampak bagi kesehatan mental.
B. Menentang penggunaan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lain-lain yang menyebabkan gangguan mental.
C. Meyakinkan dampak penggunaan media sosial daring yang berbahaya bagi kesehatan mental.
D. Cemas karena penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental.
E. Resah terhadap hasil penelitian dari University of Manchester bahwa media sosial berdampak pada kesehatan mental.

Jawaban: D

3. Berdasarkan teks tersebut, dampak yang sangat mungkin muncul apabila penggunaan media sosial semakin meningkat adalah?

A. Kesehatan mental seseorang yang berusia kurang dari 20 tahun makin buruk.
B. Makin banyaknya individu berusia 20 tahun ke atas dengan gangguan jiwa di dunia.
C. Media sosial makin berisiko terhadap peningkatan gangguan mental masyarakat.
D. Pejabat kesehatan masyarakat melarang penggunaan media sosial.
E. Masyarakat makin tidak menyadari konsekuensi negatif media sosial.

Jawaban: C

Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 4-5.

     (1) Para peneliti dari Jepang menemukan bahwa dalam skala waktu geologis, satu spesies pohon hutan hujan tropis telah mengalami banyak perubahan. (2) Dalam sebuah laporan penelitian terbaru, para peneliti dari University of Tsukuba mengungkapkan bahwa Shorea parvifolia, spesies pohon hutan hujan tropis, telah mengalami ekspansi populasi yang cepat di Borneo. (3) Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang masa lalu spesies menjadi kunci untuk memastikan keberadaannya pada masa depan.

    (4) Profesor Yoshihiko Tsumura, sebagaimana dilansir EurekAlert, mengatakan bahwa Shorea parvifolia tersebar luas di Asia Tenggara. (5) Struktur genetik Shorea parvifolia dipengaruhi oleh fluktuasi glasial dan interglasial yang berulang. (6) Perubahan genetik ini memberikan pengetahuan untuk memastikan keberadaannya pada masa depan. (7) Untuk memeriksa genetiknya, para peneliti mengambil sampel daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia. (8) Tim menggunakan penanda DNA nukleus dan data pengurutan DNA dari kloroplas (struktur sel tumbuhan yang melakukan fotosintesis) untuk memeriksa struktur genetik spesies tersebut. (9) Analisis DNA tersebut menunjukkan bahwa S. parvifolia telah mengalami ekspansi populasi baru-baru ini di Borneo. (10) Spesies ini kemungkinan besar bermigrasi dari Semenanjung Malaya ke Borneo dan kemudian mengalami peningkatan populasi besar sehingga menghasilkan keragaman genetik yang cukup besar.

4. Topik yang dibahas pada bacaan tersebut adalah?

A. Beberapa perubahan yang terjadi pada Shorea parvifolia.
B. Shorea parvifolia baru-baru ini mengalami ekspansi populasi.
C. Penelitian tentang Shorea parvifolia oleh para peneliti dari Jepang.
D. Penggunaan DNA untuk meneliti genetika Shorea parvifolia.
E. Pentingnya penelitian tentang Shorea parvifolia untuk masa depan.

Jawaban: B

5. Kalimat yang dicetak miring pada paragraf 2 memiliki makna yang sama dengan?

A. Para peneliti mengambil contoh daun dari pohon dalam populasi yang mencakup semua batas jangkauan geografis S. parvifolia untuk memeriksa genetiknya.
B. Untuk memeriksa genetiknya, sampel daun yang berasal dari pohon dalam populasi alami diambil oleh peneliti yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia.
C. Para peneliti mengambil sampel daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup seluruh rentang geografis S. parvifolia untuk diperiksa genetiknya.
D. Contoh daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir semua batas jangkauan S. parvifolia diambil oleh para peneliti untuk diperiksa genetiknya.
E. Untuk memeriksa genetiknya, sampel daun dari pohon dalam populasi yang mencakup seluruh batas jangkauan geografis S. parvifolia diambil oleh para peneliti.

Jawaban: D

  • Literasi dalam Bahasa Inggris

Read the text and answer the question number 6-8.

Earthquake is any sudden shaking of the ground caused by the passage of seismic waves through Earth’s rocks. Seismic waves are produced when some form of energy stored in Earth’s crust is suddenly released, usually when masses of rock straining against one another suddenly fracture and “slip.” Earthquakes occur most often along geologic faults, narrow zones where rock masses move in relation to one another. The major fault lines of the world are located at the fringes of the huge tectonic plates that make up Earth’s crust.

Ilustrasi ujian
 

Little was understood about earthquakes until the emergence of seismology at the beginning of the 20th century. Seismology, which involves the scientific study of all aspects of earthquakes, has yielded answers to such long-standing questions as why and how earthquakes occur. About 50,000 earthquakes large enough to be noticed without the aid of instruments occur annually over the entire Earth. Of these, approximately 100 are of sufficient size to produce substantial damage if their centers are near areas of habitation. Very great earthquakes occur on average about once per year. Over the centuries they have been responsible for millions of deaths and an incalculable amount of damage to property.

Ilustrasi ujian
 

6. The paragraph following the passage most likely discusses?

A. Suggestions to emerge the seismology to detect the earthquake
B. Examples of the substantial damage that caused by the earthquake
C. The development of seismology to identify the earthquake earlier
D. Factors that cause the earthquake and seismic wave
E. The reason why we need the seismology

Jawaban: B

7. What is the author’s attitude towards the topic of the passage?

A. Concerned
B. Critical
C. Informative
D. Satisfied
E. Optimistic

Jawaban: C

8. What will happen when seismic waves pass through Earth’s rocks?

A. It will answer why and how earthquakes occur.
B. It may cause an earthquake.
C. It will store some form of energy in Earth’s crust.
D. The masses of rock will slip.
E. It may produce seismic waves.

Jawaban: B

Read the text and answer the question number 9-10.

TikTok is often applauded for its recommendation system; once it’s finely tuned, the app becomes one of the best scrolling experiences. My personal theory is that’s why TikTok is so addicting—everything is so perfectly curated to your specific interests, it’s hard to put the phone down once you’re sucked in. However, TikTok’s recommendation algorithm still has its own flaws that the company brings up in its new blog post.

“One of the inherent challenges with recommendation engines is that they can inadvertently limit user experience–what is sometimes referred to as a ‘filter bubble’,” the post reads. It states that by optimizing for personalization and relevance, there is a risk of presenting an increasingly homogenous stream of videos.

Another issue that TikTok takes seriously is not surfacing dangerous content. This is an issue that YouTube in particular has faced criticism over for many years. According to TikTok, content that has graphic material like medical procedures or “legal consumption of regulated goods,” like alcohol, may not be eligible for recommendation because it could come across as “shocking if surfaced as a recommended video to a general audience”. That’s why many creators on TikTok will upload a video more than once or talk openly about feeling shadow banned over particular content.

9. The writer of the passage intends to?

A. Illustrate TikTok users’ concerns about the app’s recommendation system
B. Oppose the idea that TikTok has a sophisticated recommendation system
C. Warn the readers about TikTok’s poor recommendation system
D. Inform about the downsides of TikTok’s recommendation system
E. Explain how TikTok resolves the recommendation system issue

Jawaban: D

10. On the basis of the passage, it can be predicted that?

A. Video creators on TikTok will avoid creating dangerous content.
B. TikTok will be considered a safer social media platform compared to YouTube.
C. Videos with sensitive content can only be recommended for a specific scope of viewers.
D. Other social media platforms will look up to TikTok for its good recommendation system.
E. Users will be exposed to topics outside their preferences in their recommendation feeds.

Jawaban: A

  • Pemahaman Bacaan dan Menulis

Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11-17.

(1) Utang negara seringkali menjadi permasalahan pelik dalam lingkup nasional. (2) Hal ini disebabkan karena telah tertanamnya suatu doktrin general dalam benak mayoritas masyarakat Indonesia yang memberikan pandangan buruk terhadap utang, khususnya utang negara. (3) Namun, ternyata utang merupakan salah satu bagian penting dalam tahap menetapkan kebijakan fiskal (APBN) dimana utang juga merupakan suatu bagian dari sistem besar yang disebut pengelolaan ekonomi. (4) Dalam usaha untuk menciptakan kemakmuran rakyat, pengelolaan memiliki tujuan utama sebagai penggerak kegiatan ekonomi yang berfokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. (5) [....] kesempatan kerja merupakan salah satu hal yang ada dalam proses pengelolaan ekonomi negara.

(6) Indonesia termasuk negara yang mendapat bonus demografi, yang berarti Indonesia memiliki sejumlah sumber daya manusia yang masuk dalam kategori angkatan kerja. (7) Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang berada di fase produktif, penciptaan lapangan kerja haruslah dilakukan agar pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin maju. (8) Pengelolaan ekonomi dengan jalan utang negara juga bertujuan untuk mengurangi kemiskinan yang marak terjadi di Indonesia. (9) Dalam sejarahnya, Indonesia termasuk dalam kategori negara yang masih berkembang. (10) Pendidikan yang rendah, mutu kesehatan yang buruk, dan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi faktor yang memperpanjang sirkulasi kemiskinan di Indonesia. (11) Dengan penggunaan utang negara sebagai sarana pengelolaan ekonomi, diharapkan penekanan pada kemiskinan dapat dilakukan.

11. Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah?

A. Masalah Pelik di Balik Utang Negara
B. Pentingnya Utang Negara
C. Pengelolaan Ekonomi dengan Jalan Utang Negara
D. Hubungan Utang Negara dengan Kemakmuran
E. Langkah Mengatasi Kemiskinan dengan Utang Negara

Jawaban: B

12. Gagasan utama paragraf yang dapat ditambahkan di antara kalimat 3 dan 4 adalah?

A. Faktor-faktor penyebab pentingnya dilakukan utang negara
B. Tujuan dilaksanakannya utang negara
C. Hakikat pengelolaan ekonomi
D. Dampak utang negara bagi masyarakat
E. Tanggapan masyarakat terhadap utang negara

Jawaban: C

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm