Megawati: Kalau Cinta Rakyat, Harus Berani Teguh dan Melindungi

10 Januari 2024 17:08 WIB
Megawati: Kalau Cinta Rakyat, Harus Berani Teguh dan Melindungi
Megawati: Kalau Cinta Rakyat, Harus Berani Teguh dan Melindungi ( Media Center PDIP)
Sonora.ID – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri menggelorakan kebenaran dalam politik di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yaitu dengan mengangkat tema Satyam Eva Jayate. ‘Satyam Eva Jayate’ artinya Kebenaran Pasti Menang.
 
“Guna menggelorakan pentingnya kebenaran dalam politik, saya secara sadar, dan juga penuh keteguhan hati memilih Tema HUT PDI Perjuangan ke 51, ‘Satyam Eva Jayate’ yang artinya Kebenaran Pasti Menang,” kata Megawati dalam pidato politiknya di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (10/1/2024).
 
Megawati pun menceritakan, pemilihan kata Satyam Eva Jayate. Ia mengaku hal ini berawal dari kegemarannya membaca buku yang telah berlangsung sejak lama.
 
Ia membaca buku di mana seorang profesor asal Perancis yang membaca aksara di Candi Borobudur, sekitar abad 13.
 
“Jadi, itu saya pegang terus untuk rohani saya. Kalau saya cinta rakyat, apapun kejadiannya itu harus berani teguh, harus melindungi rakyat,” ungkap Megawati.
 
Menurutnya, Kebenaran pasti menang, merupakan falsafah yang hidup dalam cerita-cerita rakyat. Kebenaran versus keangkara-murkaan telah menjadi tema abadi kehidupan. 
 
“Kalau lihat cerita wayang, tentang Pandawa dan Kurawa misalnya, mengajarkan pentingnya laku Pandawa. Lima sosok kesatria tersebut dengan bimbingan Ibu Kunthi dan Kresna sebagai ahli strategi, memperoleh kemenangan karena selalu bertindak atas tuntunan moral, etika, dan kesatupaduan dengan Punokawan, sosok yang mewakili rakyat kecil,” ungkap Megawati.
 
Pesan politik kebenaran ini, menurut Megawati, juga dapat diambil dari keteladanan Nabi Muhammad SAW.
 
“Seorang sahabat nabi yang katanya hidup paling miskin namun sangat berbahagia, yakni Abu Dzar al-Ghifari, Rasulullah itu berpesan: Qulil Haqq Walau kanna Muraan, yang artinya, sampaikan kebenaran meskipun itu pahit,” tutur Megawati.
 
Hal yang sama juga, disampaikan Siddhartha Gautama bahwa ada 3 hal yang tidak bisa disembunyikan, yakni matahari, bulan, dan kebenaran. 
 
“Jadi Insyaallah kita akan menang satu putaran, siap? Siap? Siap? Kalian siap apa tidak?,” kata Megawati yang disahut dengan kata siap oleh para kadernya.
 
Megawati pun mengingatkan bagaimana pengorbanan para pejuang dan pendiri bangsa.
 
“Mereka berjuang bermodalkan semangat, keberanian, visi masa depan, dan kesatupaduan dengan rakyat. Hasilnya, bukan hanya Indonesia merdeka, namun benih-benih semangat anti imperialisme dan kolonialisme berkumandang jauh, hingga menyatukan negara-negara terjajah dalam Konferensi Asia Afrika yang gaungnya sampai hari ini ada dan Gerakan NonBlok. Inilah tinta emas sejarah kepemimpinan Indonesia bagi dunia,” pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Megawati: Pemilu Bukan Alat Elite Politik Lambungkan Kekuasaan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm