5 Cerita Pendek (Cerpen) tentang Menabung: Menarik dan Menginspiratif

13 Februari 2024 20:05 WIB
Kumpulan cerita pendek tentang menabung yang menarik, kaya pesan moral, dan menginspiratif.
Kumpulan cerita pendek tentang menabung yang menarik, kaya pesan moral, dan menginspiratif. ( Freepik)

Sonora.ID - Menabung adalah perilaku menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang kita miliki. Menabung sebaiknya dilakukan secara rutin.

Uang tabungan dapat disimpan di celengan, bank, maupun di sekolah. Di sekolah biasanya ada koperasi sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa untuk menabung.

Menabung memiliki banyak manfaat, misalnya, melatih kesabaran serta kedisiplinan. Selain itu, dengan menabung kita bisa memiliki dana cadangan untuk bisa digunakan saat dibutuhkan.

Nah, dengan penjelasan di atas kita bisa sedikit mengetahui mengenai manfaat menabung. Untuk memahami dengan lebih baik mengenai pentingnya menabung sejak dini, yuk kita simak kumpulan cerita pendek tentang menabung di bawah ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Struktur Teks Cerita Inspiratif Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Contohnya

Cerita Pendek (Cerpen) tentang Menabung: Menarik dan Menginspiratif

Cerita 1

Celengan yang Tertawa

(Luh Gede Kusuma Dewi, S.E., M.Si.)

"Ini untuk Hita," kata Oma simbal tersenyum menyerahkan sebuah kado berwarna biru muda dengan corak Princess Elsa, kartun kesukaan Hita.

"Waaaahhh apa ini Oma?" Hita tidak sabar mau membuka bingkisan kado itu.

"Buka saja," kata Oma.

Pelan-pelan Hita membuka kado itu, agar tidak merusak gambar Princess Elsa Kesukaannya. Kertas kado itu akan dia gunakan untuk mainan nanti.

"Apa ini yaa?"

Wajah Hita berubah bingung. Ini pertama kalinya Hita melihat mainan yang aneh seperti ini. Sebuah kotak seukuran kotak bekal dengan layar digital di atasnya. Lalu ada lubang kecil di bagian depan kotak itu.

"Oma, ini apa ya?"

Hita masih bingung sembari membolak-balikkan kotak itu. Oma tertawa kecil, mengangkat tubuh kecil cucunya yang baru berusia lima tahun itu dan mendudukkan di pangkuannya.

"Ini namanya celengan, tempat menabung," jelas Oma sambil menyusuri setiap detail dari sisi celengan itu.

"Apa itu menabung?" tanya Hita lagi yang semakin penasaran.

"Menabung itu menyisihkan uang saku yang kamu punya, untuk dikumpulkan sampai banyak. Kalau sudah banyak, kamu boleh menggunakannya untuk membeli hal yang berguna." jelas Oma.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm