Pemkab PPU dan Bank Indonesia Sepakat Kembangkan Ekonomi dan Keuangan

23 Februari 2024 11:00 WIB
Penandatanganan kesepakatan kerja sama oleh Pj. Bupati PPU yang diwakili sekertaris daerah PPU, Tohar dan Kepala Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R. Bambang Setyo Pambudi, di Aula Pertemuan Pantai Amal Penajam, Kamis (22/2/2024) siang.
Penandatanganan kesepakatan kerja sama oleh Pj. Bupati PPU yang diwakili sekertaris daerah PPU, Tohar dan Kepala Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R. Bambang Setyo Pambudi, di Aula Pertemuan Pantai Amal Penajam, Kamis (22/2/2024) siang. ( )

Penajam, Sonora.ID – Dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan di Kabupaten PPU, Pemkab PPU dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan sepakat menjalin kerja sama dalam rangka pengembangan ekonomi dan keuangan

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama oleh Pj. Bupati PPU yang diwakili sekertaris daerah PPU, Tohar dan Kepala Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R. Bambang Setyo Pambudi.

Kegiatan berlangsung di Aula Pertemuan Pantai Amal Penajam, Kamis (22/2/2024) siang.

Sekretaris Daerah PPU, Tohar menyampaikan ruang lingkup kesepakatan yakni sistem perbankan, seperti pembayaran non tunai maupun layanan bank lainnya, sampai dengan persoalan yang berkaitan dengan perekonomian daerah.

"Tanggung jawab besar kaitannya dengan penjagaan inflasi di daerah, khususnya yang berpengaruh besar terhadap timbulnya inflasi yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masayarakat," ungkapnya.

Baca Juga: Harga Beras Melonjak, Sujiati Senang Petani Kena Imbas Positif

Sekda PPU menambahkan pemerintah daerah kabupaten PPU sudah banyak melakukan hal melalui kerja sama ini seperti digitalisasi pembayaran yang sudah tuntas di tingkat badan publik.

Namun kenyataannya untuk di tingkat masyarakat masih belum selesai, karena ada budaya dan tradisi masyarakat.

Butuh sosialisasi yang masif serta masih perlu adanya pendampingan di masyarakat secara terus menerus baik dari sektor pertanian maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan R. Bambang Setyo Pambudi dalam kesempatan yang sama menyampaikan kerja sama yang dibangun melalui nota kesepahaman ini sudah berjalan lama.

Penandatanganan kali ini bersifat pembaharuan setiap lima tahun untuk meningkatkan kerja sama.

Dia menyebut melakukan sinergi dalam pengendalian inflasi baik dalam menjaga stabilitas maupun mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Pj Bupati PPU Tinjau Pembangunan Bandara VVIP

“Adapun ruang lingkup yang dikerjasamakan yaitu pengendalian inflasi baik melalui pasar murah, klaster pangan, dan lainnya. Kita juga melakukan pengembangan sektor riil baik itu pengembangan UMKM, pertukaran data, informasi, dan hasil kajian/penelitian perekonomian dan keuangan dalam rangka pengembangan ekonomi yang lebih baik lagi di daerah Kabupaten penajam paser utara," pungkasnya. (Adv/Diskominfo PPU)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm