Gramedia, Popomangun, KAI dan KAI Commuter Luncurkan Kegiatan ‘Baca Buku di KRL’

23 Februari 2024 11:35 WIB
Gramedia berkolaborasi dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter meluncurkan kegiatan “Baca Buku di KRL", di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (23/02/2024).
Gramedia berkolaborasi dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter meluncurkan kegiatan “Baca Buku di KRL", di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (23/02/2024). ( Dok. Sonora/Stefani Windi)

Sonora.ID - Gramedia berkolaborasi dengan Popomangun, KAI dan KAI Commuter meluncurkan kegiatan “Baca Buku di KRL", di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (23/02/2024).

Para pengguna commuter line, khususnya yang melalui Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bogor, kini bisa menikmati perjalanan atau waktu menunggu mereka dengan membaca buku cetak maupun digital pilihan terbitan Gramedia secara gratis.

Tahap selanjutnya, fasilitas baca gratis tersebut direncanakan akan tersedia di seluruh jaringan stasiun Commuterline se-Jabodetabek.

Di dua stasiun utama tersebut mulai hari ini telah disediakan instalasi berupa rak buku dengan bentuk dan warna mencolok yang didesain khusus oleh seniman muda berbakat, Popomangun.

Warga pengguna kereta komuter bebas mengambil buku yang tersedia di rak “Baca Buku di KRL”, membacanya selama di stasiun ataupun di dalam kereta, untuk kemudian mengembalikan ke rak yang sama ketika sampai stasiun tujuan.

Baca Juga: Uus Kuswanto Berterima Kasih kepada Radio Sonora yang Ikut Andil dalam Penanganan Stunting

Fasilitas mirip “perpustakaan mini” tersebut seperti mulai banyak dijumpai di berbagai taman dan area publik lainnya memang ditujukan untuk dimanfaatkan seluruh warga, namun mesti dirawat secara bersama.

“Dengan makin banyak dan makin mudah cara mengakses fasilitas baca gratis di ruang publik tinggal ambil, baca, dan kembalikan. Kami berharap kegemaran membaca masyarakat makin tumbuh berkembang,” ujar V. Sugiarto, Digital, Marketing, & Merchandising Director Gramedia.

Senada dengan yang disampaikan V. Sugiarto, Asdo Artriviyanto selaku President Director PT Kereta Commuter Indonesia berharap dengan kehadiran fasilitas layanan ini pengguna Commuter Line dapat memanfaatkan waktu selama di perjalanan maupun saat menunggu perjalanannya di area stasiun dengan membangun kebiasaan positif, yaitu membaca.

”Khusus pengguna Commuter Line Bogor, buku dapat dibawa dari rak buku yang disediakan Gramedia di Stasiun Jakarta Kota, untuk kemudian dikembalikan lagi ke rak buku di stasiun tempat tujuan yaitu Stasiun Bogor maupun sebaliknya.” ujar Asdo.

Kegiatan ‘Baca Buku di KRL’ merupakan bagian dari gerakan Nusa Membaca yang dicanangkan sejak awal 2024, bertepatan dengan momen perayaan limapuluh tahun Gramedia berkiprah.

Terinspirasi cita-cita para pendiri KG, Jakob Oetama dan PK Ojong, gerakan ini membawa harapan untuk mewujudkan masyarakat yang tercerahkan melalui akses yang lebih luas terhadap informasi, cerita, dan pengetahuan dari berbagai jenis bacaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm