Efektif Tekan Inflasi, Bapanas Minta Provinsi Lain Contoh GPM Serentak di Sulsel

7 Maret 2024 18:25 WIB
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda Sulsel dan Bapanas meninjau kios sembako pada peluncuran GPM Serentak Pemprov Sulsel
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda Sulsel dan Bapanas meninjau kios sembako pada peluncuran GPM Serentak Pemprov Sulsel ( Dok Sonora.id)

Makassar, Sonora.ID - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengapresiasi langkah Pemprov Sulsel mengatasi inflasi di daerahnya melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar serentak di 24 Kabupaten/Kota.

Itu disampaikan Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Bapanas, Maino Dwi Hartono saat hadir langsung pada peluncuran GPM Pemprov Sulsel yang berlangsung di Gedung PKK Sulsel, Jalan Masjid Raya Makassar, Rabu (6/3/2024).

Maino menuturkan, berdasarkan pantauannya pada kegiatan tersebut, harga bahan pokok mulai dari minyak goreng, gula pasir, bawang merah, cabai hingga beras dijual sangat terjangkau. 

Hal itu menurutnya akan menenangkan masyarakat, terlebih menjelang Ramadan. "Dan betul kami lihat harga-harga sangat terjangkau. Tentunya ini bisa menenangkan masyarakat," ujarnya kepada awak media.

Baca Juga: Stok Beras Cukup, Bulog Makassar Imbau Masyarakat Tidak Panic Buying 

Dirinya pun meminta masyarakat tidak panik karena pemerintah senantiasa hadir memastikan pangan aman, cukup dan terjangkau.

Secara khusus, dirinya menyebut, langkah Pemprov Sulsel mengendalikan inflasi melalui GPM serentak ini dapat menjadi contoh Provinsi lain. 

Menurutnya, Pemprov Sulsel berhasil menggerakkan seluruh stakeholder bidang pangan termasuk pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersatu menahan laju inflasi. Terlebih dalam menghadapi momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Ramadan dan Idul Fitri.

"Sekali lagi, menghadapi puasa lebaran kami juga mohon seluruh pemerintah daerah, ini bisa menjadi pilot project untuk provinsi lainnya. Bisa belajar dari Sulawesi Selatan bagaimana menggerakkan seluruh stakeholder pangan termasuk pemerintah daerah," sebutnya.

Senada, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sulsel, Rizki Ernadi Ermanda juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel atas kerja keras serta koordinasi yang baik dalam melakukan gerakan pangan murah secara serentak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm