3 Khutbah Jumat tentang Nuzulul Quran, Singkat Tapi Menggetarkan Hati

28 Maret 2024 10:09 WIB
Ilustrasi Khutbah Jumat tentang Nuzulul Quran
Ilustrasi Khutbah Jumat tentang Nuzulul Quran ( )

Sonora.ID – Berikut beberapa teks khutbah Jumat tentang Nuzulul Quran, singkat tapi menggetarkan hati yang bisa dijadikan referensi bagi yang membutuhkan.

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah pada bulan mulia ini diturunkan Al-Qur'an atau Nuzulul Qur'an.

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya kitab suci Al Quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril yang terjadi pada malam 17 Ramadan.

Dalam rangka memperingati malam nuzulul quran, biasanya umat Islam akan memperbanyak melaksanakan amalan sholeh seperti membaca Al Quran dan melaksanakan ibadah malam.

Maka dari itu, memasuki pertengahan Ramadhan, tema khutbah tentang Nuzulul Quran cocok untuk disampaikan khatib saat sholat Jumat.

Nah, berikut 3 khutbah Jumat tentang Nuzulul Quran, singkat tapi menggetarkan hati yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga: 3 Khutbah Jumat tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah yang Menyentuh Hati

1. Khutbah Jumat tentang Nuzulul Quran

Assalamu'alaikum Wr Wb,

Segala puji bagi Allah Swt, yang telah menurunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia, memberikan solusi atas setiap permasalahan dan sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad Saw, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, mari kita bersama-sama merenungi dan mengambil hikmah dari peristiwa Nuzulul Quran, momen turunnya Al Quran ke dunia, yang merupakan salah satu kejadian paling monumental dalam sejarah Islam.

Peristiwa ini tidak hanya mengubah jalannya sejarah, tetapi juga membawa cahaya petunjuk bagi umat manusia hingga akhir zaman.

Nuzulul Quran terjadi di bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan berkah dan keagungan. Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw di Gua Hira melalui Malaikat Jibril.

Ini menandai dimulainya wahyu dan risalah Muhammad Saw yang akan mengubah wajah dunia.

Al Quran, sebagai mukjizat terbesar dan petunjuk hidup ini, memandu kita dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari ibadah, muamalah, hingga akhlak.

Pertama, Al Quran sebagai pedoman hidup. Allah Swt berfirman dalam Al Quran yakni surat Al Baqarah: 185, yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ۝١٨٥

Syahru ramadlânalladzî unzila fîhil-qur'ânu hudal lin-nâsi wa bayyinâtim minal-hudâ wal-furqân, fa man syahida mingkumusy-syahra falyashum-h, wa mang kâna marîdlan au 'alâ safarin fa 'iddatum min ayyâmin ukhar, yurîdullâhu bikumul-yusra wa lâ yurîdu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullâha 'alâ mâ hadâkum wa la'allakum tasykurûn.

Bahwa Al Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Ini menegaskan fungsi Al Quran sebagai pedoman hidup yang menyeluruh.

Kedua, Al Quran dan keutamaan mempelajarinya. Nabi Muhammad Saw bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).

Ini menunjukkan betapa pentingnya mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, Al-Quran sebagai sumber motivasi dan ketenangan. Allah Swt berfirman dalam surat Ar Ra'd: 28, yang berbunyi:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُۗ ۝٢٨

Alladzîna âmanû wa tathma'innu qulûbuhum bidzikrillâh, alâ bidzikrillâhi tathma'innul-qulûb.

Artinya: "...Sesungguhnya, dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang."

Al-Quran membawa pesan kedamaian, kebahagiaan, dan ketenangan bagi yang membacanya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah pada momen peringatan Nuzulul Quran ini, kita meningkatkan kecintaan kita terhadap Al Quran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm