5 Contoh Khutbah Idul Fitri Singkat dengan Beragam Tema Menarik

8 April 2024 17:49 WIB
Ilustrasi khutbah Idul Fitri.
Ilustrasi khutbah Idul Fitri. ( )

Sonora.ID - Setelah salat Id, jemaah dianjurkan mendengarkan khutbah Idul Fitri agar rangkaian salat ID menjadi lebih sempurna.

Lewat khutbah Idul Fitri, jemaah dapat memperoleh hidayah dan hikmah. Karena itu, jemaah sebaiknya tidak melewarkan khutbah setelah selesai salat Id.

Sonora telah merangkum 5 contoh khutbah Idul Fitri singkat dikutip dari berbagai sumber.

1. Contoh khutbah Idul Fitri tentang penyucian diri di hari yang fitri

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Mari kita bersama-sama panjatkan segala puji dan syukur pada Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya, serta selawat dan salam pada Rasulullah SAW.

Hari Raya Idul Fitri bukanlah sekadar pesta kemenangan atau ajang bersenang-senang semata, tetapi juga merupakan momen refleksi dan introspeksi diri untuk melakukan perubahan yang lebih baik ke depannya.

Penyucian diri di hari yang fitri mengajarkan kita untuk membersihkan hati dan jiwa dari segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat selama bulan Ramadhan dan sebelumnya. Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk meninggalkan segala bentuk maksiat, sehingga kita dapat kembali berjalan di jalan ya diridhoi-Nya.

Allah SWT berfirman tentang betapa beruntungnya jika seseorang bertekad untuk menyucikan jiwa dari segala bentuk maksiat.

فَاَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰىهَاۖ قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ

Fa alhamahā fujūrahā wa taqwāhā. Qad aflaḥa man zakkāhā. Wa qad khāba man dassāhā.

Artinya: lalu Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu) dan sungguh rugi orang yang mengotorinya. (QS. Asy-Syams:8-10).

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (HR. al-Bukhari).

Dari hadis di atas, Rasulullah menjelaskan bagaimana penyucian dan keselamatan diri yang dilakukan tidak hanya terbatas pada perilaku baik, tetapi juga dengan menjaga lisan dari ucapan buruk yang merugikan siapapun orangnya.

Selain itu, penyucian diri juga mengajarkan kita untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia. Oleh sebab itu, mari kita sesama Muslim yang beriman untuk saling memaafkan atas kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya, baik yang tak disengaja maupun yang disengaja. Dengan saling memaafkan dan menyucikan hati dari rasa kesal dan dendam, insha Allah kita akan mencapai kehidupan yang harmonis dan penuh kedamaian.

Maka dari itu, di hari yang suci dan penuh kemuliaan ini, bersama-sama kita saling rangkul untuk menyucikan diri dari segala perasaan buruk. Perbaiki juga hubungan kita dengan Allah SWT, dengan diri sendiri, dan dengan sesama Muslim yang mengasihi. Jalani hari ini sebagai permulaan baru untuk merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dan taat akan perintah Allah SWT dan dicintai oleh lingkungan sekitar.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan kemudahan pada tiap langkah kita untuk menyucikan diri dari hari yang fitri ini. Semoga kita semua dapat memulai perjalanan kehidupan dengan rasa sadar akan ketakwaan pada Allah SWT.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: 3 Khutbah Idul Fitri Sedih tentang Orang Tua yang Menyayat Hati

2. Contoh khutbah Idul Fitri singkat tentang menjadi hamba yang bersyukur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm