Resep Getuk Singkong yang Mudah: Lembut, Lezat, Enak, dan Gurih

25 Mei 2024 18:50 WIB
Resep getuk lindri atau getuk singkong yang enak, lezat, dan gurih.
Resep getuk lindri atau getuk singkong yang enak, lezat, dan gurih. ( Buku/PUIR: Variasi Getuk)

Sonora.ID - Getuk merupakan salah satu camilan atau penganan khas tradisional nusantara yang terbuat dari singkong. 

Panganan ini kerap disajikan sebagai teman minum teh atau kopi. Selain itu, getuk juga telah menjadi penganan nasional yang sudah menjadi sajian, seperti untuk acara pesta, antaran, dan buah tangan atau bingkisan.

Menurut berbagai sumber, konon getuk berawal pada zaman penjajahan Jepang di mana pada masa itu beras merupakan makanan pokok penduduk, namun sulit ditemukan. 

Oleh karena itu, penduduk lokal mencoba mengganti beras dengan ketela yang saat itu banyak terdapat di daerah sekitarnya maupun di pasar-pasar. 

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh penduduk adalah membuat getuk yang sangat sederhana yakni, singkong yang dikukus diambil serat tengahnya lalu ditumbuk halus di lesung kemudian diberi rasa manis atau asin. 

Terakhir dibentuk bulat pipih. Getuk ini di kemudian hari berkembang menjadi memiliki cita rasa, aroma, dan warna yang sangat digemari oleh masyarakat.

Dalam artikel ini pun kami sajikan resep getuk singkong atau getuk lindri yang mudah dibuat di rumah, dikutip dari buku PUIR: Variasi Getuk.

Resep Getuk Singkong yang Mudah: Lembut, Lezat, serta Gurih

Bahan:

  • 1 kg singkong kualitas baik, kupas, potong-potong
  • 1 sdt garam, larutkan dengan 100 ml air
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 200 gram gula pasir
  • 50 ml santan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • pewarna hijau secukupnya
  • pewarna merah muda secukupnya
  • 1 sdm cokelat pasta
  • 1½ butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang, kukus dengan sedikit garam

Cara membuat getuk singkong:

  1. Kukus singkong ke dalam panci pengukus hingga merekah, perciki dengan air larutan garam hingga rata. Kukus kembali hingga matang dan lunak. Angkat.
  2. Rebus santan bersama gula pasir dan daun pandan sambil terus diaduk hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan biarkan agak dingin.
  3. Tumbuk singkong selagi panas hingga halus. Masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan vanili bubuk, aduk.
  4. Bagi adonan menjadi 4 bagian, masing-masing beri warna hijau, merah muda, cokelat dan satu lagi biarkan tetap putih.
  5. Giling masing-masing adonan ke dalam cetakan getuk lindri yang telah diolesi dengan sedikit minyak hingga berbentuk seperti mi, potong sesuai selera.
  6. Sajikan dengan ditaburi kelapa parut.

Demikianlah paparan mengenai resep getuk singkong yang enak, lembut, dan gurih. Untuk resep masakan lainnya, kamu bisa klik tautan di bawah ini.

Baca Juga: Resep Chicken Steak Crispy yang Mudah: Enak, Lezat, dan Sederhana

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm