Berikut 7 Gejala Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

23 Februari 2021 14:10 WIB
ilustarsi penyakit autoimun
ilustarsi penyakit autoimun ( freepik)

Sonora.ID -Penyakit autoimun menjadi jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi. Penyakit autoimun sendiri merupakan kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Padahal, pada dasarnya sistem kekebalan tubuh seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bakteri maupun virus.

Salah satu jenis penyakit autoimun yang sering didengar yaitu lupus. Meskipun bisa menyerang siapa saja, diketahui wanita memiliki risiko dua kali lebih tinggi dibandingkan pria.

Sebab. Hal ini terjadi karena faktor seperti hormon seksual dimana wanita mempunyai hormon esterogen lebih tinggi sehingga rentan mengidap penyakit ini.  Selanjutnya bisa disebabkan karena genetik perempuan lebih rentan terserang penyakit autoimun.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala penyakit autoimun beserta penyebabnya. Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini gejala penyakit autoimun yang penting untuk diketahui.

Baca Juga: Sakit Pinggang: Penyebab dan Cara Mengatasinya, dari Kompres hingga Operasi

Berat Badan Naik Turun Secara Drastis

Gejala penyakitg autoimun yang pertama yaitu berat badan mengalami naik dan turun secara drastis. Padahal, Anda tidak merasakan mengonsumsi makanan dan aktivitas fisik yang berbeda. Namun, jika berat badan Anda berubah secara drastis, Anda bisa berkonsultasi secepatnya dengan tenaga medis.

Ruam Pada Kulit

Selanjutnya, gejala yang terjadi pada seseorang yang mengidap penyakit ini yaitu adanya ruam pada kulit. Setiap ruam yang tidak biasa, kemerahan, gatal atau daerah kulit menjadi sensitif, bahkan jerawat bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres dengan sistem pertahanan tubuh. Meskipun tidak dikaitkan secara langsung, namun Anda tetap harus memperhatikan terlebih jika memiliki keluarga yang menderita penyakit ini.

Baca Juga: 3 Ciri-ciri Penyakit Jantung di Usia Muda, Kenali Penyebabnya!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.