Wonogiri Jadi Tujuan Utama Pemudik, Pemerintah Sebut Syaratnya Sudah Vaksin Booster

25 Maret 2022 15:20 WIB
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo ( Tribun Solo)

Solo, Sonora.ID - Mudik menjadi salah satu budaya yang dilakukan masyarakat Indonesia kebanyakan pada momentum lebaran. Di tahun ini, Pemerintah Pusat memberi sinyal adanya lampu hijau bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dari perantauan di hari raya nanti.

Diketahui, Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu tujuan utama pemudik pada momentum lebaran, mengingat banyak warga Wonogiri yang mengadu nasib di kota besar. Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menuturkan pihaknya siap untuk menyambut program pusat soal lampu hijau mudik pada lebaran tahun ini.

Syarat wajib bagi pemudik yakni sudah mendapatkan vaksinasi booster. Pihaknya pun juga berupaya mempercepat capaian vaksinasi booster di Wonogiri.  "Vaksinasi booster terus berjalan. Seluruh faskes dan vaksinator kami ready untuk melakukan vaksinasi booster," kata Bupati, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga: Pembelian Minyak Goreng Curah di Pasar Legi Harus Menggunakan Syarat, Gibran akan Lakukan Pengecekan

Sebelumnya, sudah dua kali lebaran masyarakat di perantauan dilarang untuk mudik ke kampung halaman. Menurut Jekek, sapaan akrab Bupati, mudik merupakan bagian dari budaya masyarakat Wonogiri. Saat adanya sinyal lampu hijau mudik, dia memprediksi mudik di tahun ini ramai.

"Saya meyakini, tanggapan atau animo warga kami yang boro akan luar biasa," ujar Jekek.

Bupati Jekek meyakini warganya yang merantau di Jakarta bakal mudik ke Wonogiri. Karena sudah 2 tahun warga belum bisa mudik karena adanya pembatasan dari pemerintah. Warga diyakini semuanya yang merantau bakalan mudik ke Wonogiri.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, memastikan kondisi infrastruktur penunjang jalan seperti rambu-rambu baik. "Termasuk lampu lalu lintas, kami rutin melakukan pengecekan rambu dan lampu Apil," jelasnya.

Di momentum lebaran yang diprediksi bakal ramai nanti, apakah akan ada rekayasa lalu lintas di jalanan Wonogiri? Waluyo mengatakan bahwa ada kemungkinan rekayasa lalu lintas.  "Nanti akan dibahas pada rapat lintas sektoral, termasuk dengan Satlantas Polres Wonogiri, juga akan dibahas soal itu. Kita lihat hasilnya, apa akan ada pengalihan jalan," tandas dia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm