Wajib Dikunjungi, Ini Dia 20 Wisata Alam dan Sejarah di Solo dan Sekitarnya

17 Mei 2022 11:30 WIB
Museum Lokananta di Laweyan, Solo.
Museum Lokananta di Laweyan, Solo. ( Dok. Kompas.com)

 

Solo, Sonora.ID - Jawa Tengah termasuk provinsi yang memiliki destinasi wisata yang banyak, mulai dari wisata alam mau pun sejarah.

Solo sendiri memiliki banyak wisata yang wajib dikunjungi untuk liburan bersama keluarga maupun teman.

Berikut ini adalah 20 rekomendasi wisata alam dan sejarah yang dapat dijadikan referensi untuk liburan panjang.

  1. Museum Batik Danar Hadi

Museum ini didirikan tahun 2008 oleh perusahaan Batik Danar Hadi. Di museum ini, para pengunjung dapat menikmati koleksi batik dan dapat belajar untuk membuat batik. Museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Laweyan ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp. 35.000,- dan pelajar mulai dari Rp. 8.000,-.

Baca Juga: Cocok Untuk Sarapan, Ini Resep Pecel Ndeso Bumbu Terasi Khas Solo

  1. Bendungan Tirtonadi

Bendungan yang satu ini dapat menjadi referensi liburan murah meriah. Bendungan yang terletak di Gilingan, Banjarsari ini dibangun di pertemuan antara Sungai Gajah Putih dan Sungai Pape. Bendungan ini dibangun pada tahun 2019 lalu ini biasanya dikunjungi untuk berfoto atau pun memancing.

  1. Museum Keris Nusantara

Muesum yang beralamat di Jalan Bhayangkara Nomor 2, Sriwedari, Laweyan ini mengoleksi keris dari berbagai usia dan bentuk. Museum yang terdiri dari 4 lantai ini juga dilengkapi eskalator yang akan memudahkan pengunjung untuk berkeliling.

  1. Museum Lokananta

Museum Lokananta dulunya adalah perusahaan rekaman namun sekarang dialihfungsikan menjadi museum meskipun sekarang pun masih ada yang rekaman. Di museum ini terdapat koleksi alat-alat rekaman kuno dan piringan hitam. Museum yang terletak di Jalan A. Yani Nomor 379 A, Kerten, Laweyan ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

  1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat tentu menjadi destinasi sejarah yang harus dikunjungi. Tempat yang dulu menjadi kediaman Raja ini kemudian dialihfungsikan menjadi museum yang menyimpan benda-benda milik keraton.

  1. Museum Radya Pusaka

Museum Radya Pusaka ini sudah ada sejak tahun 1890 ini menyimpan berbagai pusaka kuno seperti keris, tombak, wayang kulit, gamelan dan naskah kuno. Berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Nomor 275, Sriwedari, Laweyan buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

  1. Taman Satwa Jurug

Taman wisata yang akan direvitalisasi pada bulan Juli ini sudah ada dari jaman keraton. Ada banyak koleksi hewan seperti gajah, harimau, burung-burung dan lainnya. Berlokasi di Jalan Ir. Sutami Nomor 109, Jebres, Kecamatan Jebres ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

  1. Taman Jayawijaya Mojosongo

Taman area terbuka ini cocok dikunjungi jika ingin menikmati alam, disini juga terdapat kawasan bermain untuk anak-anak.

  1. Alun-alun Kidul

Kawasan Alun-laun Kidul atau yang biasa disebut alkid ini menawarkan wisata murah, mulai dari kuliner hingga hiburan. Biasanya jika malam, warga Solo akan berbondong-bondong ke Alkid untuk jajan atau pun sekedar jalan-jalan.

  1. Stadion Manahan

Jika ingin menikmati rasanya olahraga sambil mencari hiburan, dapat mengunjungi stadion Manahan. Disini terdapat fasilitas olahraga yang dapat dicoba.

  1. Bandara Adisumarmo

Bandara Adi Sumarmo dapat dikunjungi sebagai wisata murah jika ingin melihat pesawat lepas landas, selain itu juga dapat menikmati kuliner yang tersedia di sekitar bandara.

Baca Juga: Nikmatnya Tongseng Bekicot, Kuliner Unik yang Wajib Dicoba Ketika ke Tawangmangu

  1. Taman Balekambang

Taman yang memadukan infrastruktur Jawa dan Eropa ini berlokasi di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari. Banyak aktivitas seru yang dapat dicoba, mulai dari perahu bebek, memancing, hingga melihat berbagai jenis hewan.

  1. Waduk Cengklik

Di wisata ini pengunjung dapat menikmati hamparan air, wisatawan juga bisa mengunjungi tempat menarik di sekitar waduk bernama Waduk Cengklik Park. Waduk Cengklik Park menyediakan aneka wahana, seperti bioskop virtual reality (VR), monorail, bom-bom car, dan kereta mini. Wisata ini dapat dinikmati dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 sampai Rp 20.000. 

  1. Candi Cetho

candi yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dengan corak bangunan Hindu ini terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

  1. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning terletak di Jalan, Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata ini dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit dari Kota Solo dengan jarak 42 km. Selain kebun teh, tersedia juga tempat untuk outbound dan river tubing.

  1. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog dapat menempuh perjalanan kira-kira 1 jam 27 menit sejauh 39 km dari Kota Solo. Lokasinya berada di Jalan Berjo, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air Terjun Jumog memiliki aliran yang cukup deras, serta di kanan kirinya ada tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman.

  1. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia adalah salah satu wisata edukasi dan alam yang wajib dikunjungi untuk belajar cara membuat minyak atsiri.

Baca Juga: Wajib Dijadikan Oleh-oleh, 5 Jajanan Khas Solo Yang Patut Dicoba

  1. Grojogan Sewu

Wisata yang memiliki air terjun setinggi 81 meter ini juga memiliki wisata trekking yang cocok bagi pecinta wisata alam.

  1. Bukit Mongkrang

Wisata bukit Mongkrang ini berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dengan jarak tempuh kira-kira 1 jam 8 menit dari Kota Solo. Wisata ini sangat instagramable sehingga cocok untuk dikunjungi.

  1. Tanah Sumilir

Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Lawu, Dusun Milir Rt. 001/Rw. 014, Desa Kemuning, Ngargoyoso. Salah satu daya tarik di tanah sumilir ini ada bangunan Rumah Hobbit yang bisa digunakan untuk berfoto.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm