cara mudah mengganti foto KTP elektronik.
cara mudah mengganti foto KTP elektronik. ( Tribunnews.com)

Sabtu dan Minggu Dukcapil Makassar Tetap Layani Warga

22 Mei 2022 10:11 WIB

Makassar, Sonora.ID - Pemerintah kini membuka layanan kependudukan saat hari libur akhir pekan, yaitu sabtu dan minggu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Muh Hatim mengatakan, ini merupakan inovasi yang dinamai weekend service.

Salah satu upaya percepatan untuk melayani kebutuhan tertentu dan membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu pada hari kerja.

"Jadi, weekend service ini adalah layanan yang nantinya tetap memberikan layanan kemudahan kepada masyarakat kota Makasar pada saat hari libur, bisa mengurus semua jenis keperluan," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Dia menambahkan, program tersebut mulai diberlakukan akhir pekan ini dan seterusnya. Hanya dibuka di kantor Dukcapil Makassar, jalan teduh bersinar.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bentuk Satgas Khusus Guna Cegah PMK Hewan Ternak

Layanan di kantor Kecamatan akan di alihkan di sini dengan catatan kantor Kecamatan tertutup untuk layanan Sabtu-Minggu.

Layanan dibuka mulai pagi hingga siang hari. Harapannya, mampu untuk melayani kebutuhan warga di saat membutuhkan keperluan dadakan.

"Tentu, kita alihkan semua layanan ke dinas kependudukan dan catatan Sipil, dengan membuka segala jenis layanan dokumen kependudukan," jelasnya.

Surat tugasnya tim siap belerja sudah di tandatangani. Jadi bagi masyarakat Makassar yang membutuhkan layanan khususnya di akhir pekan dapat langsung ke kantor Dukcapil kota Makasar ataupun dapat melalui website yang sudah tersedia agar lebih nyaman.

Salah satu alasan dibuka layanan Sabtu-Minggu karena terkadang ada juga masyarakat yang berhalangan ketika hari kerja, utamanya mereka yang kerja kantoran.

Lanjut dia, mereka (masyarakat) tidak memiliki waktu untuk mengurus layanan dokumennya pada saat jam kerja karena kesibukan mereka di kantor, oleh karena itu kami buka layanan pada hari Sabtu-Minggu.

"Dan juga terkadang pada hari Sabtu-Minggu itu juga BPJS buka. kadang ada urusan urgen yang sifatnya penting terkait pelayanan di rumah sakit, atau layanan kesehatan lainnya yang sifatnya urgen sehingga dia membutuhkan layanan kependudukan padahal hari Sabtu atau Minggu. Atas dasar inilah kami meluncurkan program yaitu layanan weekend service," terangnya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Aktifkan Mobil Mikcare, Cegah Penyebaran PMK

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm