HUT ke-63 Kabupaten Mempawah, Junjung Kebersamaan Wujudkan Daerah Berdaya Saing

4 Juli 2022 20:10 WIB
Bupati Mempawah Erlina upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke- 63 digelar meriah di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Senin pagi (04/07/2022).
Bupati Mempawah Erlina upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke- 63 digelar meriah di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Senin pagi (04/07/2022). ( Dok. Prokopim Mempawah)

Sonora.ID - Mengusung Tema "Semangat Kebersamaan Mewujudkan Kabupaten Mempawah Berdaya Saing, Cerdas, Mandiri dan Terdepan”, upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke- 63 digelar meriah di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Senin Pagi (04/07/2022).

Dihadapan seluruh peserta, Bupati Mempawah Erlina yang bertindak selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya menceritakan perjalanan lahirnya pemerintahan di Kabupaten Mempawah telah mencapai usia ke- 63 tahun.

Hal tersebut berdasarkan penetapan Peraturan Daerah Kabupaten Mempawah Nomor 8 tahun 2017 tentang Hari Jadi Kabupaten Mempawah yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang penetapan Undang-Undang darurat, Nomor 3 Tahun 1953 tentang Perpanjangan Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan, yang diundangkan pada tanggal 4 Juli tahun 1959.

Terkait tema yang diusung dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke- 63 tahun tersebut, Erlina memyampaikan pesan yang terkandung dan harus dimaknai sebagai sarana saling mengingatkan antar pemerintah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan.

Baca Juga: Tak Hanya Bupati Mempawah yang Beri Apresiasi, Gubernur Juga Berikan Bonus Terkait Atlet Mempawah karena Taat Prokes

"Perlunya kebersamaan, bersinergi dan bersatu padu sebagai masyarakat Kabupaten Mempawah agar mampu membawa nama Kabupaten Mempawah menjadi kabupaten yang diperhitungkan dan memiliki daya saing dalam segala hal," tegasnya memberi semangat.

"Selamat hari jadi Kabupaten Mempawah yang ke-63 dengan harapan dan doa, mari bersama-sama kita berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik. Saya yakin dan percaya dengan kerja keras dan upaya kita untuk memberikan yang terbaik, maka untuk menjadikan Kabupaten Mempawah yang cerdas, mandiri dan terdepan akan segera terwujud," tutupnya mengakhiri.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir  Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Sekretaris Daerah Mempawah Ismail, Forkopimda, para kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Erlina juga mengatakan setelah beberapa waktu terakhir berdampingan dengan pandemi Covid-19, memang menjadi momen yang tidak menguntungkan bagi semua dalam berbagai hal, pertumbuhan ekonomi yang stagnan, masyarakat yang hidup dalam kekhawatiran, dan banyak orang yang kehilangan pekerjaan.

Namun Alhamdulillah pada tahun 2022 kita berhasil sedikit demi sedikit keluar dari kondisi tersebut berkat kerja keras semua.

Tak lupa Erlina menghaturkan ribuan terimakasih kepada seluruh anggota forkopimda, alim ulama, tokoh masyarakat, budayawan, aktifis lembaga sosial, organisasi kepemudaan, dan organisasi profesi serta seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Mempawah atas keterlibatan di dalam ikhtiar untuk menjaga kesehatan masyarakat dan meningkatkan perekonomian.

"Terimakasih yang mendalam atas kerjasama semua pihak dalam menjaga kesehatan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid 19," katanya.

Baca Juga: Hadiri HKG PKK ke- 50, Wabup Harap Dapat Kembali Berdayakan Masyarakat

Dengan segera beroperasinya Pelabuhan Internasional Terminal-Kijing dan kawasan ekonomi khusus di Kabupaten Mempawah, Erlina menjelaskan bahwa sejatinya menjadi pintu gerbang bagi semua untuk memiliki masa depan baru bagi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Mempawah dalam seluruh aspek.

Selain itu dengan hadirnya proyek strategis nasional di Kabupaten Mempawah tidak serta merta menjadi kabupaten yang kaya raya dengan masyarakat yang sejahtera, namun perlu pengorbanan dan usaha serta upaya untuk meraihnya.

"Akan menjadi sangat penting bagaimana kita mengambil sikap dan tanggung jawab ini untuk memanfaatkan seluruh potensi besar yang ada di hadapan kita, jangan sampai kita tidak mengambil langkah apapun dan hanya menjadi penonton saja," harapnya menjelaskan.

Mengakhiri sambutannya, Erlina berharap peringatan hari bersejarah bagi Kabupaten Mempawah pada hari ini menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang telah disumbangkan untuk Kabupaten Mempawah, khususnya bagaimana usaha bersama untuk berupaya mendorong Kabupaten Mempawah menjadi daerah yang maju dan berkembang sehingga memiliki daya saing daerah.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm