Pentingnya Keberadaan Bunda PAUD di Tiap Tingkatan

19 Juli 2022 13:15 WIB
Bunda PAUD Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda
Bunda PAUD Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda ( Pokja Bunda PAUD)

Pontianak, Sonora.ID - Bunda PAUD Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda menegaskan pentingnya keberadaan Bunda PAUD di semua tingkatan. Mulai dari kabupaten, kecamatan, hingga desa dan kelurahan. 

Menurutnya, keberadaan Bunda PAUD sangat penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya. 

“Peran Bunda PAUD di seluruh Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi. Bunda PAUD merupakan sebuah kedudukan sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat,” tutur Rosalina, Selasa (19/7).

Ia mengharapkan Bunda PAUD dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing. Khususnya yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD. 

“Dalam mendorong penyelenggaraan PAUD yang berkualitas dengan layanan holistik integratif, Bunda PAUD diharapkan dapat bekerja sama dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal,” terangnya.

Baca Juga: Soal Pendidikan, Bobby Nasution: Belajar Tak Harus di Dalam Kelas

Rosalina melanjutkan, Bunda PAUD juga berperan menjadi fasilitator dan motivator bagi peran serta seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif. 

Di samping itu, secara khusus untuk Bunda PAUD Desa diharapkan mampu mendorong pemanfaatan dana desa dalam rangka pembinaan dan pengembangan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif di wilayah desanya.

“Peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat,” harapnya.

Rosalina menegaskan urgensi jaminan penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Hal itu guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan dukungan berbagai pihak. 

“Salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki berperan strategis dalam mendorong upaya menciptakan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif adalah Bunda PAUD,” jelasnya.

Terkait hal itu, dirinya mendorong pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD di tingkat kecamatan dan desa. Ia menerangkan Pokja adalah orang-orang yang membantu kegiatan Bunda PAUD. 

“Pembentukan Pokja Bunda PAUD kecamatan dan desa nanti SK-nya dibuat oleh kepala desa dan camat,” tukasnya. 

Baca Juga: IKAWATI Kementerian ATR/BPN Gagas Pembinaan PAUD dan Parenting Berbasis Pendidikan Karakter

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm