Sholat Sambil Membuka Al-Qur’an, Bolehkah?

26 Agustus 2022 15:35 WIB
Sholat Sambil Membuka Al-Qur’an, Bolehkah?
Sholat Sambil Membuka Al-Qur’an, Bolehkah? ( Kompas.com)
Sonora.ID - Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. 

Ketika dilaksanakan, sholat haruslah dilakukan dengan khusyuk agar diterima dan mendapat pahala dari Allah SWT.

Bahkan, sholat akan batal jika melakukan gerakan secara berlebihan atau diluar gerakan sholat. Hal ini berdasarkan madzhab Syafi'i.

Lantas, pernahkah Anda melihat seseorang yang sholat dengan memegang Al-Qur'an dan membacanya saat sholat.

Hal ini tentunya berpotensi membuat seseorang yang sholat akan menggerakan tubuhnya ketika banyak membolak-balikan Al-Qur'an ketika sholat.

Lalu bagaimana Islam memandang hal ini? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Astaghfirullah, Ternyata Salat Isya Malah Bisa Jadi Dosa Besar Jika Dilaksanakan di Waktu Ini Kata Ustadz Adi Hidayat, Jangan Diulangi Lagi!

Dilansir dari Kompas.com, Dosen Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta Dr Syamsul Bakri menyebut bahwa membawa atau membaca Al Quran ketika shalat tidak membatalkan shalat, dengan catatan tak melakukan banyak gerakan.

Menurutnya kalau hanya membawa Al Quran kecil dan membaliknya ketika shalat tak akan membatalkan shalat, sebagaimana hukum menggaruk tubuh ketika shalat.

Hal itu juga dikaitkan dengan riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menggendong Umamah binti Abi al-'Ash di atas pundaknya ketika sedang shalat.

Ketika sujud, Rasulullah menurunkan Umamah dari gendongannya dan kembali menggendongnya ketika berdiri.

Pendapat serupa juga dikatakan oleh Imam Nawawi dalam al-Majmu'. Menurutnya, membaca Al Quran secara langsung tidak membatalkan shalat.

"Jika seseorang membaca Mushaf (Al Quran), maka shalatnya tidak batal, sama halnya dengan menghafalnya. Tapi membaca Al Quran menjadi wajib dalam shalat ketika ia tak hafal surat al-Fatihah," kata Imam Nawawi.

"Meski terkadang ia harus membalik halaman Al Quran, shalatnya tetap tidak batal," sambungnya.

Baca Juga: Batas Waktu Sholat Subuh, Apakah Boleh Sholat Jam 6 Pagi?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm